Logo Sulselsatu

Peringati Hari Tembakau Sedunia 2022, Dinkes Gelar Lomba Konten: ‘Remaja Makassar Menolak Rokok’

Muh Jahir Majid
Muh Jahir Majid

Minggu, 10 April 2022 21:37

Peringati Hari Tembakau Sedunia 2022, Dinkes Kota Makassar (Ist)
Peringati Hari Tembakau Sedunia 2022, Dinkes Kota Makassar (Ist)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Dinas Kesehatan Kota Makassar yang menggandeng Hasanuddin Contact (HC) menggelar lomba pembuatan konten kreatif digital untuk mengkampanyekan di hari peringatan Tembakau Sedunia tahun 2022.

Peringatan hari tanpa tembakau sedunia yang diperingati pada tanggal 31 Mei. Tahun ini Dinkes mengusung Tema ‘Remaja Makassar Menolak Rokok’ dalam pergelaran lomba konten tersebut.

Pergelaran pembuatan konten tersebut terbuka untuk remaja yang masih duduk di bangku Sekolah, SMP, SMA, dan SMK (Pelajar) di Kota Makassar. Pembukaan pendaftaran di mulai pada, Sabtu, 9 April, sampai Minggu, 15 Mei 2022 melalui link pendaftaran, https://bit.ly/3KliHcA.

Baca Juga : BPBD Makassar Pastikan Puskesmas Jadi Prioritas Penyaluran Air Bersih

Adapun ketentuan dan syarat untuk mengikuti lomba tersebut adalah sebagai berikut.

1. Peserta wajib mengunggah pada salah satu akun media sosial pribadi (Instagram, Facebook, Tiktok, dan Youtube) video kreatif berupa ajakan berhenti merokok/jauhi rokok/dampak bahaya rokok bagi kesehatan maupun lingkungan. Catatan akun media sosial tidak diprivasi.

2. Menyertakan tagar, #tolakjaditargetrokok

Baca Juga : Sempat Terkendala Air Bersih, Dinkes dan BPBD Gerak Cepat Atasi Kekeringan di Sejumlah Puskesmas

#remajaantirokok

#kerentanparokok

3. Pendaftaran dilakukan melalui link https://bit.ly/3KliHcA

Baca Juga : Dinkes Makassar Siap Hadapi Cuaca Ekstrem, Personil Tim Gerak Cepat Disiagakan

4. Follow akun dan tag IG: @gerakan_muda_anti_rokok dan @hasanuddin.contact.

5. Pemenang diumumkan melalui akun IG :@gerakan_muda_anti_rokok dan @hasanuddin.contact.

Pengumuman pemenang lomba akan dibagi menjadi tiga besar. Total hadiah bagi para pemenang lomba ini mencapai hingga Rp 1 juta dan e-Sertivikat, untuk juara satu, Juara 2, 600 ribu, Juara 3, 300 ribu.

Baca Juga : Perda KTR Kurang Efektif, Dinkes Makassar Masifkan Sosialisasi Hingga ke Sekolah

Pengumuman pemenang konten akan diumumkan pada, Senin, 30 Mei 2022. Informasi lebih lengkap mengenai lomba kreasi konten media sosial dapat dikunjungi pada akun Instagram tersebut.

Sementara itu, Kepala Seksi Kepala Seksi Penyakit Tidak Menular dan Kesehatan Jiwa P2P, Dinas Kesehatan Kota Makassar, Adi Novrisa Perdana mengatakan Dinas Kesehatan Kota Makassar tahun ini mengusung isu soal dampak bahaya rokok pada remaja, diketahui remaja merupakan generasi yang melanjutkan perjuangan bangsa.

“Remaja merupakan generasi yang akan melanjutkan perjuangan bangsa yang diharapkan diusia yang produktif tetap sehat secara fisik maupun mental dalam menjalankan roda kehidupan bangsa dan bernegara,” ujarnya pada, Sabtu, 9 April 2022.

Baca Juga : VIDEO: Dinkes Makassar Gelar Giat BIAS dan Pendataan Lorong Sehat

Dijelaskanya, kegiatan ini merupakan upaya pemerintah mengajak para remaja kota Makassar turut mengambil peran dalam menurunkan angka perokok pada remaja.

Adi berharap terselenggaranya kegiatan tersebut akan hadir nantinya sebagai gerakan komunitas anak muda yang mempunyai ide dan kreativitas dalam menyampaikan aspirasi dalam mengambil peran untuk membantu menurunkan prevalensi perokok pada remaja anak yang menjadi target Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) di tahun 2024.

Serta daya ungkit bagi daerah dalam membantu implementasi Kawasan Tanpa Rokok (KTR) termasuk pengaturan pelarangan iklan, promosi dan sponsor rokok, maupun bahaya pada rokok.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Otomotif04 Maret 2024 17:02
Asmo Sulsel Kembali Hadirkan Sepeda Motor Special Edition Livery PSM Makassar
Astra Motor Sulawesi Selatan (Asmo Sulsel) selaku main dealer sepeda motor Honda untuk wilayah Sulawesi Selatan, Barat, Tenggara, dan Ambon kembali me...
Internasional04 Maret 2024 16:31
Program Edukasi Safety Riding Astra Honda Nomor Satu di Asia-Oceania
Komitmen PT Astra Honda Motor (AHM) dalam edukasi keselamatan berkendara semakin terpercaya dan diakui eksistensinya....
Video04 Maret 2024 16:20
VIDEO: Anggota Polres Luwu Timur Aiptu Hardi Tewas dalam Kecelakaan Tunggal di Belopa
SULSELSATU.com – Seorang anggota Polres Luwu Timur, Aiptu Hardi meninggal dunia dalam kecelakaan di Belopa, Kabupaten Luwu. Mobil yang dikemudik...
Berita Utama04 Maret 2024 15:15
Kuasa Hukum Tersangka Pembobolan Kotak Suara di Jeneponto Ajukan Praperadilan
SULSELSATU.com,JENEPONTO – Saiful yang merupakan Kuasa Hukum tersangka dugaan Pembobolan Kotak Suara, AA dan FB di Gedung PPK Bangkala Barat, re...