Logo Sulselsatu

Target Vaksinasi Lansia Kota Makassar Dianggap Tinggi, Dinkes Pertanyakan Data Pemerintah Pusat

Sri Wahyu Diastuti
Sri Wahyu Diastuti

Kamis, 14 April 2022 15:26

Vaksinasi lansia di Makassar masih dianggap terlalu tinggi (dokumen: ist).
Vaksinasi lansia di Makassar masih dianggap terlalu tinggi (dokumen: ist).

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Makassar meragukan data sasaran vaksinasi lansia yang ditetapkan pemerintah pusat untuk dipenuhi. Jumlah targetnya dianggap terlalu tinggi yang membuat realisasinya sulit dicapai, padahal berbagai cara diklaim sudah dilakukan untuk merealisasikannya.

“Itu juga artinya kita perlu mengecek sasaran lansianya, apakah tidak terlalu tinggi, karena inikan sasaran yang tentukan pusat,” ucap Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Makassar Adi Novissa, Kamis (14/4/2022).

“Jadi mungkin apakah memang ada selisih dengan jumlah yang ada di lapangan, dengan sasaran yang dia (pusat) kasih ke kita,” sambungnya.

Baca Juga : Dinkes Catat 2.535 Warga Kota Makassar Gunakan Layanan Home Care Dottoro’ta

Pasalnya dia beranggapan pihaknya sudah melakukan berbagai cara untuk merealisasikan target pusat. Namun sampai saat ini capaiannya belum bergerak signifikan.

“Mungkin ada miss data. Kenapa, karena ini sih sudah berbagai macam cara kita lakukan (untuk mendorong cakupan vaksinasi lansia), seperti door to door,” tuturnya.

Adi mengatakan layanan vaksinasi lansia masih terus dijalankan. Kendati begitu dirinya masih mempertanyakan kebenaran data sasaran lansia yang ditarget untuk Kota Makassar.

Baca Juga : VIDEO: Polisi di Makassar Hentikan Pengendara Mobil Lantaran Pakai Strobo

“Cuman persoalannya begini, apakah betul datanya Makassar untuk (sasaran vaksinasi) lansia itu sudah benar, karena sampai sekarang itu kita sudah melakukan vaksinasi menyasar RT/RW juga kita sudah lakukan,” bebernya.

Berdasarkan data Dinkes Makassar, total sasaran vaksinasi lansia yang ditetapkan pusat di Makassar sebanyak 706.781 orang. Dari total target itu, hingga per tanggal 13 April 2022 vaksinasi lansia dosis 1 sudah terealisasi 50,56 persen, dosis 2 sebesar 42,98 persen, lalu booster atau dosis ketiga 11,12 persen.

“Itu juga lansia belum mencapai target sesuai pusat 70 persen,” paparnya.

Baca Juga : VIDEO: Driver Ojol Antar Jenazah dari Makassar ke Pangkep

Sementara dalam ketentuan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) diatur vaksinasi lansia dosis 1 minimal 60 persen. Kota Makassar masih kesulitan mencapai target tersebut.

“Sudah berbagai upaya kita lakukan ini, sampai pernah kita lakukan lansia (yang divaksin) dapat beras, minyak tapi masih juga sulit,” ungkapnya.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Penulis : Vera Rhamdani
Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video13 Juli 2024 22:40
VIDEO: Prabowo Subianto: Untuk Apa Bangun Gedung-gedung, Kereta Cepat jika Negara Tidak Aman
SULSELSATU.com – Presiden terpilih Prabowo Subianto menyampaikan perlindungan rakyat Indonesia menjadi penting. Ia menyampaikan pembangunan insf...
Sulsel13 Juli 2024 22:02
Melalui Fashion Karnaval, Bupati Adnan Harap Malino Terus Dikenal Kota Bunga
SULSELSATU.com, GOWA – Beautiful Malino 2024 memasuki hari kedua dengan berbagai rangkaian kegiatan, salah satunya adalah Fashion Karnaval yang ...
Bisnis13 Juli 2024 20:53
All New Honda BeAT Series Terbaru Hiasi Langit dan Pantai Ambon
Balon udara besar bertuliskan Honda dan All New Honda BeAT Series terbaru menghiasi langit serta pantai Ambon. Masyarakat pun dikejutkan dengan hal te...
Video13 Juli 2024 20:45
VIDEO: Modus Baru Penipuan Paket COD di Tanjung Bunga Makassar
SULSELSATU.com – Sebuah video memperlihatkan seorang kurir yang mengantarkan paket bodong di Tanjung Bunga, Kota Makassar. Penghuni rumah yang m...