Logo Sulselsatu

Ini Jenis Penyakit yang Bisa Ketahui Lewat Pemeriksaan Mata

Sri Wahyu Diastuti
Sri Wahyu Diastuti

Minggu, 17 April 2022 14:33

10 penyakit yang dapat diketahui dari pemeriksaan mata (dok. Hallo sehat)
10 penyakit yang dapat diketahui dari pemeriksaan mata (dok. Hallo sehat)

SULSESATU.com – Mata bukan hanya sebagai indra penglihatan saja, tapi lewat mata, seseorang bisa membaca penyakit tertentu yang diderita.

Perubahan pada mata ternyata menandakan adanya penyakit tertentu yang diderita tubuh.

Berikut macam penyakit yang tanda-tandanya dapat ditangkap melalui pemeriksaan mata dikutip dari Kompascom, Minggu, (17/4/2022).

1. Diabetes

Mengutip All About Vision, jika dokter mata melihat bercak darah di bagian belakang mata, Anda mungkin memiliki kondisi yang disebut retinopati diabetik.

Retinopati diabetik adalah komplikasi diabetes yang memengaruhi mata dan merupakan penyebab kebutaan.

Namun, gejalanya bisa mungkin tidak terlihat sampai kondisinya sudah lanjut, sehingga semakin penting untuk mendapatkan pemeriksaan mata rutin. Pahami apa yang sebaiknya dilakukan saat mata terkena cairan hand sanitizer untuk mencegah kerusakan mata lebih lanjut.

2. Kolesterol tinggi

Mengutip All About Vision, ketika seseorang memiliki kolesterol tinggi, di mata dapat muncul cincin putih, abu-abu atau biru yang terbentuk di sekitar iris Anda.

Tanda-tanda tersebut yang muncul di mata disebut arcus senilis. Meskipun itu umumnya merupakan tanda penuaan, kondisi mata tersebut dapat mengindikasikan kolesterol dan trigliserida yang tinggi.

Lalu, risiko yang lebih besar untuk penyakit jantung dan stroke.

3. Tekanan darah tinggi

Mengutip All About Vision, selama pemeriksaan mata, tanda-tanda tekanan darah tinggi yang paling jelas adalah kerusakan pembuluh darah, seperti, bocor, menyempit, tergores, mengeras, dan bengkak.

Tanda-tanda mata tersebut bukan sesuatu yang bisa dianggap enteng karena tekanan darah tinggi juga dapat memengaruhi penglihatan Anda, selain menjadi faktor risiko stroke, serangan jantung, dan gagal jantung.

4. Stroke

Mengutip All About Vision, jika dokter mata menemukan gumpalan darah mikroskopis di belakang mata Anda atau kerusakan pembuluh darah akibat tekanan darah tinggi, Anda bisa berisiko tinggi terkena stroke.

Jika itu masalahnya, ada sejumlah tes yang dapat dilakukan lebih lanjut untuk menangani kondisi tersebut dengan lebih baik dan menempatkan Anda dapat mencegah gejala stroke semakin berkembang.

5. Radang sendi

Mengutip All About Vision, kondisi penglihatan yang paling umum terkait dengan rheumatoid arthritis adalah sindrom mata kering.

Gejala dapat berkisar dari hanya mengganggu hingga sangat serius karena mata kering lebih rentan terhadap infeksi.

7. Sklerosis multipel

Mengutip All About Vision, sklerosis multipel (multiple sclerosis/MS) adalah penyakit degeneratif yang mempengaruhi seluruh sistem saraf Anda.

Saat penyakit menyerang mata, saraf optik Anda akan membengkak dan penglihatan mulai kabur, suatu kondisi yang disebut neuritis optik. Neuritis optik belum tentu merupakan tanda bahwa Anda mungkin mengembangkan sklerosis multipel, tetapi keduanya sering dikaitkan.

Sekitar 75 persen orang dengan sklerosis multipel memiliki neuritis optik dan sering kali merupakan gejala pertama yang muncul.

8. Kanker

Mengutip All About Vision, saat kanker menyerang, mata Anda mungkin menjadi salah satu tempat pertama di tubuh Anda yang menunjukkan tanda-tanda, di mana pun kanker itu terjadi.

Dokter mata Anda mungkin bisa menemukan indikasi segalanya mulai dari kanker otak hingga kanker kulit selama pemeriksaan mata rutin Anda.

Tumor dapat menyebabkan saraf optik membengkak dan mata berubah bentuk (yang dapat memengaruhi bidang penglihatan), sementara retina berdarah dapat menandakan leukemia.

Jika warna mata Anda berubah, itu bisa jadi melanoma okular.

9. Penyakit kuning

Mengutip Good House Keeping, jika bagian putih mata Anda menguning, tanda peringatan penyakit kuning sedang dialami tubuh.

Penyakit kuning adalah suatu kondisi yang terjadi ketika ada terlalu banyak bilirubin dalam darah Anda. Bilirubin adalah senyawa kuning yang terbentuk dari pemecahan sel darah merah.

Jika hati Anda tidak dapat menyaring sel-sel, bilirubin menumpuk dan dapat menyebabkan mata dan kulit Anda menguning.

10. Stres

Mengutip Good House Keeping, stres dapat bermanifestasi dalam banyak hal, salah satunya adalah kedutan mata.

Dr. Natasha Herz, juru bicara klinis untuk American Academy of Ophthalmology mengatakan bahwa kedutan mata lebih menjengkelkan dari pada mengkhawatirkan, yang bisa menjadi pertanda Anda perlu lebih banyak istirahat dan mengelola tingkat stres.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video06 Februari 2023 23:13
VIDEO: Emak-emak Diduga Curi Jilbab di Tenan Mall Panakkukang Makassar
SULSELSATU.com – Aksi pencurian jilbab terjadi di salah satu tenan di Mall Panakkukang Makassar. Kejadian tersebut terjadi pada Minggu (5/2/2023...
Nasional06 Februari 2023 22:55
Diguncang Gempa, Jokowi Sampaikan Belasungkawa ke Turki
SULSELSATU.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan belasungkawa kepada seluruh rakyat Turki dan Suriah, korban gempa bumi berk...
Entertainment06 Februari 2023 22:18
Akhir Pekan Ini Before Falling In Love with Mario G Klau Hadir di Makassar, Catat Tanggalnya
Penyanyi nasional sekaligus pencipta lagu, Mario G Klau bakal menghibur masyarakat Makassar pada 11 Februari 2023 mendatang. Konser Mario bakal digela...
Hukum06 Februari 2023 21:29
Kasus Honorium Fiktif Satpol PP Makassar, Saksi Mengaku Disuruh Buat Dua Rekening
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Sidang lanjutan Kasus Korupsi Honorium Satpol PP makassar yang merugikan negara Rp 4,8 miliar kembali digelar, kali ini m...