Logo Sulselsatu

Kadis Kesehatan Kota Makassar Minta Puskesmas Screening Kehamilan Demi Cegah Kematian Ibu dan Janin

Sri Wahyu Diastuti
Sri Wahyu Diastuti

Rabu, 22 Juni 2022 20:47

Pertemuan dokter membahas pencegahan kematian ibu dan janin (dokumen: ist)
Pertemuan dokter membahas pencegahan kematian ibu dan janin (dokumen: ist)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Kota Makasar, dr. Nursaidah Sirajuddin meminta seluruh Puskesmas se-Kota Makassar untuk melakukan screening kehamilan sebagai upaya mencegah kesakitan dan kematian ibu dan janin.

Hal itu disampaikannya saat menggelar pertemuan bersama dokter dan bidan Puskesmas se-Kota Makassar, di Hotel Claro Makassar, Rabu (22/6/2022). Pertemuan ini dalam rangka Peningkatan Kapasitas Screening Faktor Resiko pada Ibu Hamil, Bersalin dan Nifas.

“Screening kehamilan merupakan pemeriksaan kehamilan untuk mengenali secara dini adanya ketidaknormalan atau komplikasi yang dapat terjadi selama kehamilan, dan memastikan kesehatan ibu dan janin,” terang Kadinkes Kota Makassar yang akrab disapa dr. Ida.

Baca Juga : 3.900 Masyarakat Makassar Menderita HIV/AIDS, Minimnya Edukasi Kesehatan Reproduksi Jadi Penyebab Utama

Lebih lanjut dr. Ida menegaskan, bahwa screening sebagai upaya promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif untuk mencegah kesakitan dan kematian ibu dan janin yang diberikan tenaga kesehatan.

Dalam Kegiatan yang dihelat sebagai upaya pemerintah kota Makassar mengantisipasi resiko yang terjadi pada ibu hamil, dengan meningkatkan kualitas kompetensi pada pelayanan kesehatan ini, dr. Ida juga menjelaskan sejumlah faktor penyebab terjadinya resiko pada ibu hamil.

“Kematian ibu masih tinggi yang disebabkan beberapa faktor antara lain, faktor usia, terlambat, mengenali tanda bahaya, terlambat dalam penanganan kegawatdaruratan, terlambat mencapai fasilitas kesehatan, keterbatasan pengetahuan dan taraf pendidikan,” urainya.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Penulis : Vera Ramdhani
Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video13 Juli 2024 22:40
VIDEO: Prabowo Subianto: Untuk Apa Bangun Gedung-gedung, Kereta Cepat jika Negara Tidak Aman
SULSELSATU.com – Presiden terpilih Prabowo Subianto menyampaikan perlindungan rakyat Indonesia menjadi penting. Ia menyampaikan pembangunan insf...
Sulsel13 Juli 2024 22:02
Melalui Fashion Karnaval, Bupati Adnan Harap Malino Terus Dikenal Kota Bunga
SULSELSATU.com, GOWA – Beautiful Malino 2024 memasuki hari kedua dengan berbagai rangkaian kegiatan, salah satunya adalah Fashion Karnaval yang ...
Bisnis13 Juli 2024 20:53
All New Honda BeAT Series Terbaru Hiasi Langit dan Pantai Ambon
Balon udara besar bertuliskan Honda dan All New Honda BeAT Series terbaru menghiasi langit serta pantai Ambon. Masyarakat pun dikejutkan dengan hal te...
Video13 Juli 2024 20:45
VIDEO: Modus Baru Penipuan Paket COD di Tanjung Bunga Makassar
SULSELSATU.com – Sebuah video memperlihatkan seorang kurir yang mengantarkan paket bodong di Tanjung Bunga, Kota Makassar. Penghuni rumah yang m...