Logo Sulselsatu

Peluang Bisnis di Sektor Transportasi Jadi Pembahasan Menarik di KALLA Startup Hunt Seri ke-3

Sri Wahyu Diastuti
Sri Wahyu Diastuti

Sabtu, 30 Juli 2022 19:28

Workshop seri ketiga dengan tema 'Kolaborasi Ekosistem Transportasi & Logistik Aktif Bersama Maju Bersama' di Bikin-Bikin Creative Hub NIPAH Park (dokumen: Kalla Group).
Workshop seri ketiga dengan tema 'Kolaborasi Ekosistem Transportasi & Logistik Aktif Bersama Maju Bersama' di Bikin-Bikin Creative Hub NIPAH Park (dokumen: Kalla Group).

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Peluang bisnis di sektor tranportasi menjadi pembahasan menarik di Startup Hunt 7 Mega Ecosystem of KALLA Group seri ketiga. Workshop tersebut mengusung tema ‘Kolaborasi Ekosistem Transportasi & Logistik Aktif Bersama Maju Bersama’ di Bikin-Bikin Creative Hub NIPAH Park.

CEO Kalla Transport & Logistics, Andi Muhammad Gunawan mengatakan, startup menjadi bagian penting dalam pengembangan bisnis saat ini. Tiga hal yang dibutuhkan pelaku startup ialah diferensiasi produk baru, membuka area baru dan tentunya memiliki database customer yang kuat.

“Pada Kalla Transport & Logsitcis, ada banyak bagian yang dapat kita kolaborasikan. Di logistik laut, saat ini kita punya kapal RoRo dan tugboat. Kita memang kuatnya di sini dengan layanan integrated logistics,” ungkapnya dalam workhsop yang berlangsung pada Kamis, (28/7/2022).

Baca Juga : CSR Kalla Group Tawarkan Revitalisasi Taman Hasanuddin, Indira Tekankan Sarana Edukasi

Ia menjelaskan, hampir seluruh brand kendaraan roda empat yang dikirim dari Jakarta ke Sulawesi dan Kalimantan didistribusikan oleh Kalla Transport & Logistics. Pada storage logistic, customer juga tak perlu memikirkan stock yard karena pada layanan Kalla Transport & Logistics juga sudah tersedia. Selain itu, ada pula fasilitas warehouse hingga cold storage.

Kemudian, pada land losgitic, layanan yang tersedia mulai dari car carrier, towing, self drive hingga racking container. Selain itu, ada pula layanan trucking hingga travel logistic.

“Kalau melihat City of Kalla Transport & Logistics memang ramai banget. Pada bisnis transport, ada fleet rent, retail rent, fleet management system dan used car. Khusus rental, kita memang lebih banyak ke model B2C sampai 80%,” sebut Gunawan.

Baca Juga : Menuju Dunia Kerja Profesional, Kalla Institute Bekali Assessment Kompetensi Standar Kalla Group Bagi Mahasiswa

Chief Strategy & Technology Officer Kalla Group, Achmad Soegiarto mengatakan, ekosistem transportasi dan logistik memang sangat menarik untuk dilirik. Namun, tantangan terbesar saat ini adalah budaya digital pada bisnis tersebut ternyata masih minim.

“Berdasarkan riset yang kami dapatkan ialah sebesar 38 persen tantangan bisnis transportasi dan logistik masih terkendala modal untuk beralih ke digital. Logistik ini memang merupakan peluang dan tantangan. Yang kita pikirkan adalah jangan sampai platform-nya yang bikin orang dari luar lagi. Jadi, kita harus cepat,” ungkap Achmad Soegiarto.

Workshop series ini, KALLA juga menghadirkan salah satu local hero startup, Founder Helper Indonesia, Abdur Razak A. Ia menjelaskan, Helper Indonesia memiliki konsep bisnis mempertemukan orang yang membutuhkan bantuan dan orang yang siap membantu. Profil mitranya berbagai macam, dari mahasiswa hingga pekerja yang memiliki jadwal shifting di kantornya.

Baca Juga : Kalla Salurkan Program CSR Pengaspalan di Mako Ditsamapta Polda Sulsel

Beragam orderan yang diperoleh Helper Indonesia, mulai dari pengiriman barang, membantu packaging hingga belanja.

“Orderan yang kami terima mencapai 150 per hari. Saat ini kita memang fokus pada model B2C, tetapi kita juga mulai merancang model B2B pada bisnis logistik,” ungkap Razak.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video27 April 2024 23:24
VIDEO: Terekam CCTV, Aksi Pencurian Pakaian Dalam Wanita di Kabupaten Bone
SULSELSATU.com – Aksi pencurian pakaian dalam di Kabupaten Bone menimbulkan kekhawatiran. Dalam rekaman CCTV, seorang pria terlihat melakukan pe...
Video27 April 2024 21:58
VIDEO: Banjir di Kabupaten Enrekang, Poros Toraja-Enrekang Lumpuh Total
SULSELSATU.com – Banjir bandang terjadi di Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan, Sabtu (27/4/2024). Hujan deras deras yang mengguyur wilayah ter...
Video27 April 2024 20:20
Video Cekcok Anggota DPRD Lutim dengan Kadis DLH
SULSELSATU.com – Anggota DPRD Luwu Timur, Wahidin Wahid terlibat cekcok dengan Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Luwu Timur, Andi Makkaraka, J...
Hukum27 April 2024 19:48
Kakanwil Kemenkumham Sulsel Apresiasi Jajaran Pemasyarakatan dalam Menjaga Kepercayaan Masyarakat
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan, Liberti Sitinjak mengapresiasi jajaran pemasyarakat...