Logo Sulselsatu

Geliat Barista Terus Berkembang di Makassar, Archipelago Gelar Kompetisi Latte Art

Sri Wahyu Diastuti
Sri Wahyu Diastuti

Senin, 01 Agustus 2022 19:41

Kompetisi latte art bagi barista di Makassar yang diselenggarakan oleh Archipelago (dokumen: ist)
Kompetisi latte art bagi barista di Makassar yang diselenggarakan oleh Archipelago (dokumen: ist)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Melihat geliat barista di Kota Makassar yang terus berkembang, Archipelago yang merupakan hotel manajemen yang membawahi ASTON Makassar Hotel mengadakan kompetisi Latte Art.

Kompetisi ini diikuti 20 barista yang berasal dari beberapa cafe dan resto di kota Makassar. Tak hanya itu, beberapa anggota dari komunitas Barista Makassar juga hadir dalam kompetisi yang berlangsung di ON20 Hall & Dine ASTON Makassar Hotel, Senin, (1/8/2022).

“Keberadaan barista di Makassar sudah banyak dan ini yang mendorong kami untuk mengadakan kompetisi ini. Begitu juga semangat yang datang dari komunitas barista saat mendengar akan diadakannya kegiatan ini,” ungkap Muh Zubair selaku Ketua Panitia sekaligus Food & Beverage Manager, ASTON Makassar.

Baca Juga : Libur Sekolah di ASTON Makassar, Ada Promo Hingga 20 Persen

Zubair menambahkan, kompetisi ini digelar secara battle atau bersaing dua peserta di hadapan dewan juri yang berasal dari Barista Class, grup Archipelago dan IFBMA (Indonesia Food & Beverage Manager Association).

Kriteria penilaian meliputi kreatifitas seni yang ditampilkan barista, keutuhan gambar dan kontras dari gambar yang ditampilkan oleh barista.

“Peserta memiliki beberapa tahap untuk bersaing dalam kompetisi ini, dimulai dari tahap pertama yaitu tahap penyisihan, kemudian perempat final, semi final hinga terpilih sebanyak 5 peserta yang berhasil lolos mengikuti grand final,” kata Zubair.

Baca Juga : Ini Dia General Manager Baru ASTON Makassar Hotel, dari Posisi Telepon Operator Hingga Jadi Pimpinan Hotel

Lanjutnya, pemenang hanya akan dipilih menjadi 3 pemenang, yaitu juara 1 dengan hadiah Rp1 juta, juara 2 Rp700 ribu hingga juara 3 Rp500 ribu beserta merchandise dari beberapa sponsor.

Sementara itu, mewakili Archipelago I Made Sumardika selaku Coorporate Food & Beverage Manager, mengatakan bahwa kegiatan ini juga sering digelar dibeberapa kota besar, seperti area Jawa & Bali, kali ini ASTON Makassar selaku tuan rumah untuk regional Indonesia Timur.

“Kompetisi battle ini juga sering diadakan area Jawa dan Bali, yang kami harapkan dapat menjadi kegiatan rutin bagi setiap unit agar kreativitas dari teman-teman barista terus meningkat dengan adanya kompetisi bersama,” Kata Made.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Makassar02 Maret 2024 08:21
Pemkot Makassar Bersama BPKP Sulsel Komitmen Tekan Angka Kemiskinan dan Stunting
Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto bersama Kepala Perwakilan BPKP Sulsel Mohamad Risbiyantoro berkomitmen menekan angka stunting dan kemiskinan di...
Video01 Maret 2024 22:48
VIDEO: Cekcok berujung Saling Lempar Botol, ASN di Bantaeng Ini Viral
SULSELSATU.com – Sebuah video memperlihatkan keributan sesama pegawai ASN dalam sebuah rapat. Kejadian ini diduga terjadi di lingkup Pemerintah ...
Video01 Maret 2024 20:29
VIDEO: Pohon Tumbang Berukuran Besar di Samping Kanal Pampang Makassar
SULSELSATU.com – Pohon tumbang di samping kanal Pampang Makassar, Jumat (1/3/2024) malam. Insiden pohon tumbang ini menutup akses jalan. Dalam v...
Ekonomi01 Maret 2024 19:38
RUPST 2024: BRI Bagikan Dividen Rp48,10 Triliun
SULSELSATU.com, JAKARTA – PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) 2024 di Jakarta (...