Logo Sulselsatu

Dinas Kesehatan Kota Makassar Kejar Target Eliminasi TBC, Dorong Penggunaan Sobat TB

Muh Jahir Majid
Muh Jahir Majid

Minggu, 28 Agustus 2022 19:01

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Dinas Kesehatan Kota Makassar melakukan pertemuan Monthly Cohort Analisis (MICA) di Hotel Best Western Plus Makassar Beach, Rabu (24/8/2022).

Hal ini dilakukan sebagai bagian dari upaya mengejar ketertinggalan pencapaian target eliminasi TB maka penting untuk memperkuat layanan TB .

Kepala Dinas Kesehatan Makassar, Nursaidah Sirajuddin mengatakan, kegiatan ini bertujuan melakukan pemantauan kohort pasien TBC.

Pertemuan ini melibatkan seluruh layanan kesehatan yang ada di Makassar.

Terkait pencegahan TB, Ida-sapaannya menyampaikan diperlukan upaya inovatif khususnya untuk meningkatkan penemuan kasus TB.

“Untuk mencapai tujuan tersebut Dinkes Makassar melaksanakan pertemuan MICA,” ucapnya.

Melalui pertemuan ini diharapkan dapat meningkatkan penemuan kasus sehingga dapat mendukung percepatan eliminasi TBC di 2030.

Ida sekaligus menyampaikan pentingnya menggunakan aplikasi Aplikasi Sobat TB.

Melalui Aplikasi Sobat TB, Nursaidah berharap penyakit TB yang diderita masyarakat Makassar bisa dideteksi dan segera diobati.

“Aplikasi ini untuk menjaring atau menskrining pasien kemungkinan terpapar TB yang kita tidak temukan,” ungkapnya.

Dia menjelaskan Aplikasi Sobat TB merupakan skrining awal yang dilakukan secara mandiri oleh masyarakat sebelum ditindaklanjuti di puskesmas.

Karena itu, Ida-sapaannya meminta seluruh puskesmas, camat, lurah, hingga RT/RW untuk mengajak masyarakat khususnya pengguna android untuk menggunakan Aplikasi Sobat TB.

“Melalui Forum Multi Sektor skrining yang dilakukan lewat Aplikasi Sobat TB itu betul-betul maksimal. Setelah skrining kita dapat yang terduga terpapar TB, dan itu yang kita tindak lanjuti sampai sembuh,” tutupnya.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Otomotif04 Maret 2024 17:02
Asmo Sulsel Kembali Hadirkan Sepeda Motor Special Edition Livery PSM Makassar
Astra Motor Sulawesi Selatan (Asmo Sulsel) selaku main dealer sepeda motor Honda untuk wilayah Sulawesi Selatan, Barat, Tenggara, dan Ambon kembali me...
Internasional04 Maret 2024 16:31
Program Edukasi Safety Riding Astra Honda Nomor Satu di Asia-Oceania
Komitmen PT Astra Honda Motor (AHM) dalam edukasi keselamatan berkendara semakin terpercaya dan diakui eksistensinya....
Video04 Maret 2024 16:20
VIDEO: Anggota Polres Luwu Timur Aiptu Hardi Tewas dalam Kecelakaan Tunggal di Belopa
SULSELSATU.com – Seorang anggota Polres Luwu Timur, Aiptu Hardi meninggal dunia dalam kecelakaan di Belopa, Kabupaten Luwu. Mobil yang dikemudik...
Berita Utama04 Maret 2024 15:15
Kuasa Hukum Tersangka Pembobolan Kotak Suara di Jeneponto Ajukan Praperadilan
SULSELSATU.com,JENEPONTO – Saiful yang merupakan Kuasa Hukum tersangka dugaan Pembobolan Kotak Suara, AA dan FB di Gedung PPK Bangkala Barat, re...