Logo Sulselsatu

Kadis PMD Barru Minta BPD Awasi Pelaksanaan Pilkades

Asrul
Asrul

Rabu, 31 Agustus 2022 12:25

Kadis PMD Barru Minta BPD Awasi Pelaksanaan Pilkades

SULSELSATU.com, BARRU – Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Kabupaten Barru akan segera bergulir pada akhir tahun 2022.

Sebanyak 28 Desa akan mengikuti tahapan pergantian Kepala Desa. Hingga saat ini proses tahapan pendaftaran bakal calon masih berlangsung.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Barru, Jamaluddin mengatakan untuk pelaksanaan Pilkades serentak ini perlu ada pengawasan yang dilakukan oleh Badan Permusyawaratan Desa (BPD) masing-masing desa pelaksana Pilkades.

Baca Juga : Sekda Barru Sebut Festival Budaya To Berru 2022 Penuh Kolaborasi

“Untuk pengawasan Pilkades kami dorong BPD melakukan itu, mereka punya kewenangan untuk pengawasan tahapan Pilkades,” kata Jamal saat dikonfirmasi melalui via telepon, Senin (30/8/2022) malam.

Ia mengurai jika tahapan Pilkades dan Pemilihan lainnya berbeda, misalnya saja pada tahapan pendaftaran yang berlangsung ini tak ada cuti bagi pendaftar yang berstatus ASN.

“Bagi pendaftar calon Kades berstatus ASN itu hanya disyaratkan meminta izin kepada Bupati langsung. ASN baru akan diberikan cuti apabila sudah dilantik menjadi kepala desa terpilih,” urainya.

Baca Juga : Gencar Aksi Cegah Stunting, Hasnah Syam Didaulat Jadi Bunda Asuh Anak Stunting

Lanjutnya lagi, ASN akan diberikan izin untuk menjadi kepala desa oleh pejabat pembina kepegawaian. Maka jika ada hal-hal yang dianggap perlu menjadi pembenahan dalam setiap tahapan. Diharapkan BPD berperan aktif dalam pengawasan tersebut.

“BPD harus lebih aktif melakukan pengawasan setiap tahapan pilkades ini,” sebutnya lagi.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Penulis : Asriadi Rijal
Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video01 Februari 2023 23:10
VIDEO: Nanas Unik, Punya 13 Buah dalam Satu Pohon
SULSELSATU.com – Media sosial dihebohkan dengan pohon nanas unik. Video tersebut diduga terjadi di Sumatera. Dalam video terlihat pohon nanas un...
Video01 Februari 2023 22:11
VIDEO: Timsel Bawaslu Sulsel Beri Ruang Spesial Bagi Kandidat Perempuan
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Timsel Calon Bawaslu Sulsel membuka pendaftaran calon anggota Bawaslu Sulsel mulai tanggal 10-20 Februari 2023. Sekre...
Metropolitan01 Februari 2023 21:11
Bappeda Makassar Gelar Annual Meeting Bahas Pengolahan Sampah Jadi Energi
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Makassar menggelar Annual Meeting Indonesian Coalition for Waste ...
Video01 Februari 2023 21:01
VIDEO: Pare-pare Diguyur Hujan Deras, Sejumlah Titik Tergenang Banjir
SULSELSATU.com, PARE-PARE – Kota Pare-pare banjir akibat dilanda hujan dengan itensitas sedang hingga lebat, Rabu (1/2) malam. Dalam video terli...