Logo Sulselsatu

Pemkot Makassar Ingatkan Pengusaha dan Perusahaan Swasta Bayar THR Tepat Waktu

Sri Wahyu Diastuti
Sri Wahyu Diastuti

Selasa, 26 Maret 2024 11:01

Ilustrasi THR. Foto: Istimewa
Ilustrasi THR. Foto: Istimewa

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar melalui Dinas Ketenagakerjaan Kota Makassar ingatkan seluruh pengusaha dan perusahaan swasta untuk membayar Tunjangan Hari Raya (THR) 2024 kepada pegawai tepat waktu.

Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kota Makassar Nielma Palamba mengatakan, pemberian THR untuk pegawai atau karyawan paling lambat H-7 jelang lebaran Idulfitri.

“Pemberian THR bagi para pekerja di sektor swasta adalah wajib dibayarkan oleh pengusaha atau perusahaan,” ujarnya, Senin (25/3/2024).

Baca Juga : Konjen Filipina Terkesan dengan Makassar, Marry Jennifer: Saya Akan Kembali!

Neilma menekankan, pihaknya akan turun melakukan sosialisasi guna mengingatkan para pengusaha atau perusahaan membayar THR sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan oleh pemerintah pusat.

“Iya, kita akan turun melakukan sosialisasi terkait hak karyawan,” jelas Neilma.

Dirinya juga menjelaskan kriteria karyawan yang berhak mendapatkan THR satu bulan gaji, yaitu pekerja yang minimal 12 bulan atau satu tahun di perusahaan yang bersangkutan.

Baca Juga : Danny Pomanto Ajak Konsulat Jenderal Filipina Tampil di Festival F8 Juli Mendatang

Sementara itu, untuk perusahaan yang belum mampu memberikan THR untuk karyawan atau pekerjanya, Neilma meminta untuk menjelaskan secara detail permasalahan kepada dinas ketenagakerjaan dan kepada karyawannya.

“Harus transparan karena ada hak karyawan didalamnya,”pungkas Neilma.

Dikutip dari aturan terkait pelaksanaan THR pada Senin (25/3/2024), pemberian THR merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan oleh pengusaha kepada pekerja, sebagaimana diatur dalam PP No.36/2021 dan Peraturan Menteri Ketenagakerjaan No.6/2016.

Baca Juga : Pemkot Makassar Jadi Pemerintah Kota Pertama di Indonesia Timur Terapkan KKPD

Melalui Surat Edaran Menaker Nomor M/2/HK.04/III/2024 tentang Pelaksanaan Pemberian Tunjangan Hari Raya Keagamaan Tahun 2024 Bagi Pekerja/Buruh di Perusahaan, Ida menyebut bahwa THR diberikan kepada pekerja yang telah mempunyai masa kerja satu bulan secara terus menerus atau lebih, dan memiliki hubungan kerja dengan pengusaha berdasarkan perjanjian kerja waktu tidak tertentu (PKWTT) atau perjanjian kerja waktu tertentu (PKWT).

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Penulis : Andi Baso Mappanyompa
Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Hukum21 April 2024 01:41
Anulir Putusan Sambo dan Tak Patuh Laporkan LHKPN, Suharto Dinilai Tak Layak Jadi Wakil Ketua MA
SULSELSATU.com, JAKARTA – Pencalonan hakim agung Suharto sebagai calon Wakil Ketua Mahkamah Agung (MA) menjadi sorotan sejumlah pihak. Alasannya...
Video20 April 2024 23:32
VIDEO: Sepeda Motor Terbakar di Hertasning Makassar Usai Terjatuh
SULSELSATU.com – Sebuah motor terbakar di Jalan Hertasning, Makassar, pada Sabtu (20/4/2024). Kejadian ini dimulai ketika motor terbalik akibat ...
Video20 April 2024 22:33
VIDEO: PP Muhammadiyah Harap Putusan MK Soal Sengketa Pilpres Bebas Dari Tekanan
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Mahkamah Konstitusi (MK) akan mengumumkan hasil keputusan sengketa Pemilihan Presiden (Pilpres) yang di gugat oleh Pa...
Makassar20 April 2024 21:09
Konjen Filipina Terkesan dengan Makassar, Marry Jennifer: Saya Akan Kembali!
Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto bersama dengan jajaran pemerintah kota tak pernah gagal membuat tamu-tamu terkesan, baik tamu nasional maupun I...