Logo Sulselsatu

LG Raih TKDN, Siap Dukung Digital Display Untuk Bisnis dan Dunia Pendidikan

Sri Wahyu Diastuti
Sri Wahyu Diastuti

Minggu, 28 April 2024 19:51

LG berhasil raih TKDN untuk dua produknya. Foto: Istimewa.
LG berhasil raih TKDN untuk dua produknya. Foto: Istimewa.

SULSELSATU.com, JAKARTA – PT LG Electronics Indonesia (LG) baru saja mengumumkan pencapaian Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) bagi dua kategori produknya.

Kategorinya dari lini bisnis Digital Display untuk menunjang kebutuhan bisnis dan pendidikan, serta Commercial Smart TV dan CreateBoard yang menjadi inovasi LG pada papan tulis digital.

“Pertama, konsistensi LG untuk terus mengembangkan solusi kebutuhan layar untuk kepentingan konsumen bisnis. Sementara di sisi lain, ini menegaskan komitmen kami dalam mengembangkan perekonomian dalam negeri lewat upaya semakin melokalkan produk melalui kebijakan TKDN,” ujar Agustian Yusetia selaku Business Head of Information Display LG Electronics Indonesia.

Baca Juga : Telin dan BW Digital Jalin Kolaborasi Percepat Konektivitas di Wilayah Indonesia dan Australia

Empat produk terbaru LG yang berhasil mendapatkan nilai TKDN besar ini di antaranya berasal dari model Commercial Smart TV terbaru LG yaitu UR801C0SB yang hadir dalam tiga pilihan bentang layar.

Untuk bentang layar 65 inci, nilai TKDN mencapai 39,62 persen dan bagi bentang layar 75 inci memiliki nilai TKDN mencapai 36,64 persen. Sementara untuk bentang layar terbesarnya yang mencapai 86 inci, memiliki total nilai TKDN mencapai 28,87 persen.

Untuk tipe UR751C0SB dengan ukuran 55 inci mendapatkan nilai TKDN tertinggi mencapai 43,45 persen. Dalam waktu dekat, LG juga akan mengumumkan untuk nilai TKDN Commercial Smart TV seri UR751C0SB ukuran 50 inci.

Baca Juga : Acer Rayakan 25 Tahun Cerita Kita di Makassar, Siapkan Banyak Hadiah Bagi Pelanggan

Mengenal lebih dalam LG Commercial Smart TV seri UR801C0SB yang tampil modern dengan desain bingkai tipis ini, merupakan salah satu ciri utama yang tak bakal dapat dilepaskan dari resolusi layar 4K UHD.

Dengan mencapai empat kali resolusi Full HD, TV LG bagi kebutuhan komersial ini memiliki kemampuan lebih tinggi dalam memberikan kualitas gambar dengan kekayaan warna dan akurasi yang membuat tayangan lebih hidup dan mendekati objek aslinya.

Sebutan TV hotel yang biasa disandangkan pada TV komersial LG ini merujuk pada fitur Hotel Mode didalamnya.

Baca Juga : Telkom Bersama F5 Bermitra Perkuat Cybersecurity Indonesia

Dengan mengaktifkan fitur ini akan membuat pengguna pelaku industri Hotel dapat melakukan berbagai pengaturan yang sama bagi seluruh TV terhubung, meski dengan berbagai penempatan berbeda. Berbagai pengaturan ini mencakup pilihan kanal siaran hingga aktivasi fitur untuk menghemat energi.

“Keberadaan fitur ini disamping memudahkan juga memberikan efektivitas tinggi dalam penyampaian informasi langsung pada seluruh pengguna TV ini pada penempatannya dalam berbagai ruang berbeda,” ujar Agustian Yusetia.

Agustian Yusetia melanjutkan, keberadaan fitur ini dapat mencegah kemungkinan penyimpangan penggunaan. Hal ini diantaranya karena pemilik dapat melakukan pengaturan batas atas kuat lantang suara hingga melakukan pengaturan ulang TV pada pengaturan yang telah ditetapkan sebelumnya.

Baca Juga : Indosat Perkuat Kolaborasi Berdayakan Indonesia dengan AI

Kelengkapan platform LG untuk TV pintar, LG ThinQ, membuat TV ini dapat pula digunakan untuk mengakses berbagai aplikasi yang memerlukan koneksi internet. Bahkan didalamnya juga terdapat LG Appstore yang menjadi rekomendasi berbagai aplikasi untuk mendukung dalam mengoptimalkan penggunaannya.

Sebagai pelengkap, seri LG Commercial Smart TV terbaru ini memiliki kompatibilitas untuk tersambung dengan USB camera. Kelengkapan yang memberinya peluang kenyamanan lebih tinggi untuk penggunaan pertemuan jarak jauh.

Pada kesempatan tersebut, LG juga mengumumkan nilai TKDN untuk dua LG CreateBoard yang menjadi inovasi LG bagi papan tulis digital dengan peruntukan utama bagi fasilitas pendidikan maupun kebutuhan ruang pertemuan kantor.

Baca Juga : Indosat Catat Kinerja Cemerlang Kuartal Pertama 2024, Raih Pendapatan Rp13,83 Triliun

Tipe 65TR3DK yang memiliki bentang layar 65 inci memperoleh TKDN sebesar 37,31 persen. Sementara pilihan pada bentang layar lebih besar yaitu 86 inci dengan tipe 86TR3DK, nilai total TKDN sebesar 36,78 persen.

“Segera, kami akan memberikan pengumuman menyusul untuk nilai TKDN bagi LG CreateBoard dalam pilihan bentang layar 55 inci dan 75 inci,” ujar Agustian Yusetia lagi.

Bila Commercial Smart TV menjadi solusi media penampil bagi penyampaian informasi luas mencapai berbagai ruang, LG CreateBoard membawa visi untuk mendukung kegiatan belajar mengajar dan terciptanya pertemuan yang lebih interaktif.

Meski sekilas tak ubahnya seperti papan tulis digital dengan layar LED yang semakin kerap ditemui pada ruang pertemuan dalam sebuah kantor ataupun fasilitas Pendidikan.

“Kelengkapan berbagai fitur inovatif didalamnya, menegaskan kehadirannya yang membawa papan tulis digital pada tingkatan inovasi dan manfaat lebih tinggi,” ujar Agustian Yusetia.

Kecanggihan lebih yang terdapat didalamnya, tak saja merujuk pada kemampuan layar sentuh (touchscreen), namun lebih pada kemampuan multi-touch hingga 40 titik pada saat yang bersamaan. Kemampuan ini membuat layar mampu menerima dan merespon 40 titik sentuhan pada saat bersamaan.

“Kemampuan respon sentuhan yang luas ini, memungkinkan kolaborasi lebih baik untuk mengerjakan sebuah hal dalam layar yang sama,” ujar Agustian Yusetia.

Untuk penggunaan bagi penunjang kegiatan belajar mengajar, menurut Agustian, LG memberikan ketersediaan menu fitur khusus bertajuk Education Tools.

Dengan mengaktifkannya akan membuat pengguna mendapat pilihan untuk menggunakan perangkat pendukung kegiatan belajar dalam bentuk digital. Seperti halnya penggaris, busur dan lainnya.

“Melengkapi kecanggihannya, LG CreateBoard memiliki perangkat lunak khusus yang memudahkan seluruh pengunanya menyimpan berbagai berkas yang disimpan dalam format JPEG atau PDF untuk meningkatkan produktivitas sekaligus menghadirkan kenyamanan dalam penggunaan LG CreateBoard,” ujar Agustian Yusetia.

Memberikan keluasan pilihan sesuai kebutuhan pengguna, LG CreateBoard tersedia dalam empat pilihan bentang layar. Bentang layar 55 inci menjadi yang terkecil, berturut kemudian pilihannya termasuk pada bentang layar 65 inci, 75 inci dan 86 inci.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video24 Mei 2024 22:43
VIDEO: Pemotor Buang Surat Tilang, Klaim Punya Bekingan di Polda Metro Jaya
SULSELSATU.com – Sebuah video memperlihatkan seorang pengendara motor menolak untuk ditilang. Bahkan pengendara motor tersebut membuang surat ti...
OPD24 Mei 2024 21:51
Genjot Akses Menuju Stadion Sudiang, Dinas PU Makassar Kembali Survei dan Ukur Jalan
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Tim Survey Bidang Jalan dan Jembatan Dinas Pekerjaan Umum Kota Makassar kembali melakukan pengukuran akses jalan masu...
Politik24 Mei 2024 21:20
Muallim Tampa dan Badris Salam Berebut Rekomendasi Demokrat di Pilkada Sinjai
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Dua kandidat calon kepala daerah yang akan bertarung di Pilkada Sinjai berebut rekomendasi Partai Demokrat. Mereka ad...
Video24 Mei 2024 20:18
VIDEO: Rakernas V PDIP, Megawati Soroti Dugaan Kecurangan Pemilu 2024
SULSELSATU.com – PDI Perjuangan menggelar Rakernas V pada Jumat, 24 Mei 2024, di Beach City International Stadium, Ancol. Acara tersebut dihadir...