Logo Sulselsatu

Kabupaten Gowa Raih Penghargaan Pembangunan Daerah Terbaik Pertama Tingkat Sulsel

Sri Wahyu Diastuti
Sri Wahyu Diastuti

Rabu, 01 Mei 2024 11:00

Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan terima penghargaan pembangunan daerah terbaik tahun 2024. Foto: Istimewa.
Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan terima penghargaan pembangunan daerah terbaik tahun 2024. Foto: Istimewa.

SULSELSATU.com, GOWA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa kembali berhasil menjadi terbaik pertama Penghargaan Pembangun Daerah (PPD) Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan Kategori Kabupaten.

Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Gowa Sujjadan pada pelaksanaan Musrenbang Provinsi Sulawesi Selatan di Sandeq Balroom Hotel Claro Makassar, Selasa (30/4/2024).

“Alhamdulillah hari ini kami mewakili Bapak Bupati Gowa menerima Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan 2024 sebagai terbaik pertama Kategori Kabupaten. Sebagaimana yang kita ketahui Gowa juga berhasil mewakili Sulsel di penghargaan serupa tingkat nasional,” kata Sujjadan.

Baca Juga : Pemkab Gowa dan Bulog Salurkan 54.800 Kg Beras di Kecamatan Somba Opu

Dirinya menyebut, dalam menyusun perencanaan pembangunan, Pemkab Gowa selalu mensinkronkan dengan perencanaan yang ada di tingkat provinsi hingga nasional.

Sehingga program pembangunan, indikator kinerja dan targetnya juga terkait dan mendukung tercapainya target nasional dan provinsi itu sendiri.

“Sesuai dengan petunjuk Bupati dan Wakil Bupati Gowa kita selalu menyusun perencanaan yang saling berkaitan dengan program starategis pemerintah pusat dan provinsi. Alhamdulillah penghargaan yang diperoleh hari ini adalah cerminan dari upaya Kabupaten Gowa menghadirkan perencanaan yang lebih berkualitas dengan menerapkan kaidah THIS, yaitu tematik, holistik, integratif dan spasial,” sebutnya.

Baca Juga : Pemkab Gowa Jadi Pemerintah Teraktif Penyelenggaraan Reforma Agraria 2023

Atas penghargaan ini, Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan mengungkapkan rasa syukur dan bangganya. Menurutnya capaian ini berkat kerja keras dan kolaborasi seluruh pihak sehingga Gowa mampu mendapatkan penghargaan ini dua kali berturut-turut.

“Alhamdulillah kita dua tahun berturut-turut menjadi terbaik pertama dan mewakili Provinsi Sulawesi Selatan untuk bertarung di tingkat nasional. Tentu ini merupakan sebuah capaian yang luar biasa berkat kerja keras seluruh pihak, utamanya Kepala Bappeda dan seluruh jajaran,” ungkapnya.

Keberhasilan pembangunan ini kata Adnan, dibangun melalui kolaborasi seluruh elemen di daerah termasuk masyarakat sebagai kunci utama gerak pembangunan.

Baca Juga : Pemkab Gowa Kirimkan Bantuan Bentuk Peduli Bencana di Sulsel

Melalui penghargaan ini semoga dapat memotivasi para perencana di daerah untuk menyusun perencanaan yang lebih berkualitas, terukur, dan inovatif yang berdampak baik terhadap kesejahteraan masyarakat.

“Semoga ini terus dipertahankan bahkan ditingkatkan, target kita kedepan jika tahun lalu rangking empat, maka tahun ini semoga masuk rangking tiga dari 416 kabupaten se-Indonesia,” harapnya.

Pada Penghargaan PPD ini, Pemkab Gowa menghadirkan Inovasi Proksi Rumah Produktif sebagai upaya pemulihan perekonomian untuk mencetak usahawan baru dan meningkatkan kompetensi pelaku UMKM yang telah ada.

Baca Juga : Progres Pembangunan Bendungan Jenelata Terus Berjalan, Siap Aliri 3 Daerah

Berkat inovasi tersebut mampu menghantarkan Kabupaten Gowa menjadi terbaik pertama di Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan dan bertarung di tingkat nasional mewakili Provinsi Sulawesi Selatan.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Makassar17 Mei 2024 12:50
Camat Tallo Ramli Lallo Hadiri Program “Jappa Rong” di Lorong Wisata Sunkist
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Camat Tallo, Ramli Lallo, didampingi oleh para lurah se-Kecamatan Tallo, menghadiri Program “Jappa Rong” ...
News17 Mei 2024 10:35
Pj Ketua Dekranasda Sulsel Silaturahmi Bersama Pengurus KKSS Jawa Tengah di Solo
SULSELSATU.com, SOLO – Badan Pengurus Wilayah (BPW) Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) Provinsi Jawa Tengah menyambut kunjungan Pj Ketua...
Lifestyle17 Mei 2024 09:23
#Cari_Aman Berkendara di Jalan Raya dengan Jaga Jarak Aman
Pengendara sepeda motor wajib menjaga jarak aman dengan kendaraan di depan maupun di belakang saat di jalan raya....
Ekonomi17 Mei 2024 08:21
Perkuat Kerjasama dengan Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia di Taipei, BRI Berikan Layanan Penyetoran PNBP Langsung ke Kas Negara
SULSELSATU.com, JAKARTA – Taiwan telah dikenal sejak lama sebagai salah satu tujuan utama bagi Warga Negara Indonesia untuk bekerja, berbisnis, dan ...