Logo Sulselsatu

Begini Tips Asmo Sulsel #Cari_Aman Meski Berkendara di Tengah Cuaca Panas

Sri Wahyu Diastuti
Sri Wahyu Diastuti

Minggu, 05 Mei 2024 13:59

Instruktur Safety Riding Wanny. Foto: Istimewa.
Instruktur Safety Riding Wanny. Foto: Istimewa.

SULSELSATU.com, KENDARI – Cuaca panas akan memengaruhi kenyamanan dan keamanan berkendara sepeda motor di jalan raya. Sebab, cuaca panas dapat menyebabkan kelelahan dan dehidrasi.

Penting bagi pengendara untuk melakukan pencegahan agar tetap aman dan nyaman saat memacu sepeda motor dalam beraktivitas.

Astra Motor Sulawesi Selatan (Asmo Sulsel) selaku main dealer sepeda motor Honda untuk wilayah Sulawesi Selatan, Barat, Tenggara, dan Ambon membagikan tips Cari_Aman saat berkendara di tengah cuaca yang panas.

Baca Juga : FIFGROUP Siapkan Hadiah 250 Gram Emas Bagi Konsumen Pembeli Sepeda Motor Honda

Instruktur Safety Riding Wanny menuturkan, pengendara disarankan menggunakan jaket berventilasi lengkap dengan sarung tangan dan sepatu saat berkendara saat cuaca panas.

Hal itu bertujuan untuk melindungi kulit dari sengatan matahari sekaligus menurunkan suhu tubuh, sehingga tidak mudah lelah dan dehidrasi karena kepanasan.

“Pengendara juga disarankan untuk menggunakan helm bervisor gelap atau kaca mata hitam agar mata tidak cepat lelah karena cahaya matahari. Lalu, selalu gunakan masker atau buff agar asap kendaraan dan debu di jalan raya tidak terhirup,” ucap Wanny.

Baca Juga : Beli Motor Honda Pakai Motorku X Bisa Dapat Potongan Harga

Wanny juga mengimbau pengendara untuk banyak minum air agar terhindar dari dehidrasi. Sebab, kekurangan cairan dalam tubuh dapat menimbulkan masalah kesehatan, seperti kelelahan, migran, dan pingsan.

“Dan tetap selalu waspada dalam kondisi apapun. Kewaspadaan ini misalnya dapat membaca situasi dan kondisi jalan yang berpotensi menyebabkan kecelakaan,” ucapnya.

Selain itu, kata Wanny, cuaca panas berpotensi menyebabkan motor mengalami overheat. Untuk itu, pengendara harus melakukan beberapa cara agar motor terhindar dari overheat di tengah cuaca panas.

Baca Juga : Simak Tips #Cari_Aman Berkendara di Jalan Raya dengan Jaga Jarak Aman

Pertama, jangan menahan gas motor saat berhenti atau melakukan pengereman. Kedua, selalu servis rutin motor dengan melakukan perawatan dan pembersihan pada radiator. Ketiga, rutin mengganti oli yang asli dari Honda.

“Semua itu dilakukan agar pengendara tetap dapat berkendara dengan aman dan nyaman meski cuaca panas sedang melanda,” ucap Wanny.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video18 Mei 2024 22:20
VIDEO: Anak Hilang Misterius Dijembatan Merah Makassar Ditemukan Meninggal Dunia di TPA Antang
SULSELSATU.com – Media sosial dihebohkan dengan anak hilang di jembatan merah, Makassar, Sulawesi Selatan. Anak tersebut berhasil ditemukan dala...
Kesehatan18 Mei 2024 21:35
Kupas Tuntas Penyakit Lupus, Waspada Autoimun
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Penyakit Lupus atau umum dikenal Systemic Lupus Erythematosus merupakan penyakit reumatik autoimun yang menyerang be...
Video18 Mei 2024 20:37
VIDEO: Trafo Terbakar Depan Masjid Al-Khaeriyah Palopo
SULSELSATU.com – Sebuah trafo tiang listrik terbakar di depan Masjid Al-Khaeriyah, Wecudai, Palopo tiba-tiba meledak. Kejadian tersebut terjadi ...
Makassar18 Mei 2024 19:19
Kepala Humas UNM Edukasi Warga Tentang Perda Perlindungan Guru Sebagai Profesi Mulia
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Akademisi Universitas Negeri Makassar (UNM), Dr. Burhanuddin menjadi narasumber dalam sosialisasi penyebarluasan pera...