Logo Sulselsatu

PKK Kecamatan Parigi Hadirkan Panganan Bayam Brazil Tingkatkan Gizi Keluarga

Sri Wahyu Diastuti
Sri Wahyu Diastuti

Kamis, 04 Juli 2024 08:30

Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Gowa Mussadiyah Rauf saat mencoba panganan bayam Brazil. Foto: Istimewa.
Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Gowa Mussadiyah Rauf saat mencoba panganan bayam Brazil. Foto: Istimewa.

SULSELSATU.com, GOWA – Tim Penggerak PKK Kecamatan Parigi bersama Puskesmas Parigi menampilkan inovasi panganan yang berbahan dasar bayam Brazil.

Inovasi panganan berbahan dasar bayam Brazil tersebut diperlihatkan kepada Tim Supervisi, Monitoring, Evaluasi dan Pelaporan (SMEP) Tim Penggerak PKK Kabupaten Gowa di Panyeroang, Lingkungan Parang, Desa Lanna, Kecamatan Parigi, Selasa (2/7/2024).

Ketua Tim Penggerak PKK Desa Jonjo Irma Arifin menuturkan, salah satu upaya dari TP PKK Desa Jonjo untuk meningkatkan gizi keluarga serta upaya menurunkan angka stunting, maka memasyarakatkan bayam Brazil disetiap rumah.

Baca Juga : Wabup Gowa Kukuhkan Perpanjangan Masa Jabatan 66 Kepala Desa, Titip Tiga Pesan

“Bayam Brazil ini kami buat sedemikian rupa baik dikomsumsi sebagai sayur maupun dibuat dalam bentuk panganan berupa puding, kerupuk, abon, brownis, dan bisa berupa keripik daun bayam Brazil yang disenangi anak-anak,” tuturnya.

Saat ini, PKK dan Kader Posyandu kerap kali melakukan demo pembuatan panganan dari bahan dasar bayam Brazil sekaligus mensosialisasikan pentingnya mengkonsumsi panganan berbahan lokal dengan nilai gizi yang tinggi.

“Kami gencar melakukan demo masak pembuatan puding, maupun panganan lainnya karena bayam Brazil ini bahannya mudah didapatkan sekaligus memberikan sosialisasi pentingnya mengolah panganan bagi Balita dan ibu hamil dari bahan dasar lokal yang mudah dan murah serta bergizi tinggi,” ungkapnya.

Baca Juga : Herbathos Kenalkan Produk Herbal untuk Gaya Hidup Sehat di F8 Makassar

Diketahui, setelah memanfaatkan bayam Brazil di masyarakat, jumlah angka stunting di Desa Jonjo sudah tidak ada.

“Alhamdulillah saat ini stunting di Desa Jonjo telah berhasil kita turunkan setiap tahunnya sehingga saat ini anak stunting di Desa Jonjo tidak ada lagi,” katanya.

Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Gowa Mussadiyah Rauf terkesan dengan inovasi tersebut.

Baca Juga : Adnan Purichta Ichsan Kembali Terpilih Jadi Ketua PMI Sulsel

Ia mengatakan kandungan gizi dalam inovasi panganan bayam Brazil yang dibuat sudah sesuai, namun ada beberapa olahan yang takaran gulanya perlu dikurangi.

“Saya bersama tim SMEP sangat terkesan dengan kreasi panganan yang disuguhkan, ini membuktikan bahwa PKK Desa Jonjo bersama para Kader Posyandu mampu berkolaborasi dengan baik, apalagi tadi bu Desa mengatakan bahwa stunting di Desa Jonjo sudah tidak ada lagi,” ujarnya.

Sementara Ketua TP PKK Kecamatan Parigi, Nuraeni mengatakan bahwa rencana program kerja TP PKK Kecamatan Parigi Tahun 2024 dilingkup sekretariat yakni pembinaan adminstrasi buku 6, Pembinaan Aplikasi SIM PKK (Dasawisma), pembinaan kelompok-kelompok PKK dan pembuatan laporan kegiatan.

Baca Juga : Pemkab Gowa Target 67.827 Anak Dapat Imunisasi Polio

“Khusus Dasawisma dalam waktu dekat ini kami akan melakukan pelatihan. Alhamdulillah tahun ini ada anggaran di Kecamatan yang melekat untuk pelatihan ini,” ungkapnya.

Sebelum melakukan SMEP di Kecamatan Parigi, Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Gowa beserta jajaran TP PKK Kabupaten Gowa melakukan SMEP di Panyeroang, Lingkungan Parang, Desa Lanna Kecamatan Parangloe.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Metropolitan25 Juli 2024 14:29
Teken MoU, Groundbreaking Proyek Metro Kapsul Ditarget Tahun 2027
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pemerintah Kota Makassar menggelar Makassar Investment Forum (MIF). Perhelatan ini dilaksanakan bersamaan dengan even...
Pendidikan25 Juli 2024 14:23
Prof Karta Jayadi Kembali Kukuhkan 3 Besar FIP FT dan FBS UNM
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Universitas Negeri Makassar (UNM) menggelar sidang terbuka luar biasa dalam rangka pengukuhan tiga guru besar di Ball...
Politik25 Juli 2024 14:05
Kader Golkar Gigit Jari, Beringin Rindang Hampir Pasti Usung Andi Sudirman-Fatmawati
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Kader Partai Golkar yang ingin maju di Pilgub Sulsel harus gigit jari. Pasalnya, partai berlambang pohon beringin itu...
Video25 Juli 2024 13:24
VIDEO: Aksi Demo Depan Kantor Kompas TV Makassar
SULSELSATU.com – Aksi unjuk rasa depan kantor Kompas TV Makassar, Kamis (25/7/2024). Demo tersebut diduga terkait kasus pengrusakan kamera Kompa...