Logo Sulselsatu

Sekilas Profil Sofyan Jacob, Mantan Kapolda Sulsel yang Jadi Tersangka Makar

Asrul
Asrul

Senin, 10 Juni 2019 18:11

Muhammad Sofyan Jacob. (Viva)
Muhammad Sofyan Jacob. (Viva)

SULSELSATU.com, JAKARTAMantan Kapolda Sulsel Komjen (Purn) Muhammad Sofyan Jacob ditetapkan tersangka kasus dugaan makar oleh Polda Metro Jaya.

Penetapan Sofyan sebagai tersangka bermula dari laporan seseorang di Bareskrim Mabes Polri. Saat itu, Sofyan adalah satu terlapor bersama Eggi Sudjana.

Lantas siapa Sofyan Jacob?

Baca Juga : Polda Metro Jaya Tetapkan Mantan Kapolda Sulsel Tersangka Kasus Makar

Melansir Detik, Senin (10/6/2019), dalam buku 100 Tokoh Terkemuka Lampung, 100 Tahun Kebangkitan Nasional yang ditulis oleh Heri Wardoyo dkk, dijelaskan bahwa Sofyan Jacob lahir di Tanjungkarang, Lampung pada 31 Mei 1947. Sofyan Jacob merupakan alumni SMAN Tanjungkarang angkatan 1967 dan alumni Akademi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (Akabri) Kepolisian tahun 1970.

Baca juga: Mantan Kapolda Sulsel Tersangka Kasus Makar” (Edit)">Polda Metro Jaya Tetapkan Mantan Kapolda Sulsel Tersangka Kasus Makar

Jacob mengawali karir kepolisiannya sebagai Polisi Perairan dan Udara. Kemudian jabatan-jabatan Kapolres pun sempat dipegangnya, seperti Kapolres Tapanuli Selatan, Kapolres Asahan, Kapolres Simalungun, Kapolres Deli Serdang dan Kapoltabes Medan.

Baca Juga : Polda Metro Jaya Tetapkan Mantan Kapolda Sulsel Tersangka Kasus Makar

Lantas, pada tahun 2001, Sofyan menjabat sebagai Kapolda Metro Jaya. Saat itu dia menggantikan Inspektur Jenderal Mulyono Sulaeman. Diketahui, sebelumnya Sofyan menjabat sebagai Kapolda Sulawesi Selatan.

Namun, jabatan Sofyan itu berumur pendek. Dilantik pada 8 Mei 2001, lantas berhenti pada 18 Desember 2001. Pada masa itu pula, dia pernah diduga melakukan insubordinasi atau pemberontakan terhadap perintah atasan.

Selain itu, pada tahun 2011 Sofyan juga pernah terjerat kasus. Dia dilaporkan lantaran mengancam satpam Perum Taman Resort Mediterania, Jakarta Utara bernama Sugeng Joko Sabiran.

Baca Juga : Polda Metro Jaya Tetapkan Mantan Kapolda Sulsel Tersangka Kasus Makar

Lantas, pada tahun 2019 Sofyan bersama para purnawirawan Polri dan TNI, masuk dalam kubu pendukung Prabowo. Bahkan, Sofyan beberapa kali hadir dalam rapat tim Prabowo-Sandi yang digelar di Kertanegara 4. Salah satunya, dia hadir dalam rapat yang diselenggarakan pada 22 Mei 2019.

Editor: Hendra Wijaya

 

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

 Komentar

 Terbaru

OPD04 Desember 2022 20:25
Hari Pertama Reses, Rudianto Lallo Terima Keluhan Drainase dan Jalan Rusak
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Ketua DPRD Kota Makassar, Rudianto Lallo kembali menyapa warga Kelurahan Kaluku Bodoa dan Pannampu Kecamatan Tallo, K...
Ekonomi04 Desember 2022 19:22
BRI Raih Penghargaan Bank Teraktif dalam Meningkatkan Literasi Keuangan Pada LPS Banking Awards 2022
SULSELSATU.com – Literasi keuangan harus terus didorong untuk meningkatkan akses masyarakat terhadap layanan keuangan formal. Konsisten melakukan ed...
Ekonomi04 Desember 2022 18:21
Wapres Ma’ruf Amin Dorong Percepatan Konversi Bank Sulselbar ke Syariah
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Wakil Presiden RI, KH Ma’ruf Amin mengapresiasi dan mendorong percepatan konversi bank Sulselbar menjadi bank s...
Otomotif04 Desember 2022 17:13
Bukti Pelayanan Prima, Asmo Sulsel Buka Parkiran Khusus Motor Matik Premium di Mall Phinisi Point
Asmo Sulsel beri pelayanan prima bagi konsumen dengan menghadirkan parkir khusus motor matik premium Honda di Mall Phinisi Point Makassar...