Logo Sulselsatu

Ops Ketupat 2019: Angka Kecelakaan Turun Drastis, Tapi Jumlah Korban Tewas Meningkat

Asrul
Asrul

Rabu, 12 Juni 2019 08:08

Ilustrasi. (Int)
Ilustrasi. (Int)

SULSELSATU.com, MAKASSAROperasi Ketupat 2019 kepolisian di seluruh Indonesia saat arus mudik dan arus balik masa lebaran telah usai. Di Sulsel, operasi ini menyisakan sejumlah catatan tersendiri.

Hasilnya, angka kecelakaan tahun ini menurun drastis. Namun, jumlah korban tewas justru sebaliknya, meningkat dari tahun sebelumnya.

Baca Juga : 1551 Personel Polda Sulsel Alami Kenaikan Pangkat

Berdasarkan laporan Anev Ops Ketupat 2019 Polda Sulsel, angka kecelakaan lalulintas alias lakalantas 44 kasus, turun drastis jika dibandingkan 156 kasus pada tahun 2018 lalu. Angka penurunan ini tercatat sebesar 72 persen.

Meski demikian, jumlah korban meninggal dunia justru meningkat dari angka kecelakaan yang menurun tersebut. Tahun 2019 ini, ada 26 orang yang meregang nyawa, sedang korban luka berat sebanyak 13 orang.

Apabila dibandingkan dengan tahun sebelumnya, korban meninggal duni berjumlah 24 orang serta luka berat terdapat 12 orang.

Baca Juga : Pemprov, Kejati, Polda, dan Bawaslu Sulsel Komitmen Tegakkan Gakkumdu di Pemilu 2024

Terkait pelaksanaan Ops Ketupat 2019 yang berlangsung 13 hari, Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Pol Dicky Sondani menilai operasi yang melibatkan sejumlah instansi terkait itu berjalan dengan lancar secara umum. Hal itu dimaksud Dicky berdasarkan angka kecelakaan yang memang mengalami penurunan.

“Pada tahun ini mengalami trend penurunan angka kecelakaan lalulintas yang sangat signifikan,” kata Dicky, Rabu (12/6/2019).

Perwira menengah polisi itu juga menjelaskan bahwa dibalik Ops ketupat 2019, terdapat 5.035 personel gabungan dari TNI-Polri yang diterjunkan untuk bertugas. Rinciannya adalah 2.662 personel kepolisian serta ditambah 2.373 personel dari instansi terkait seperti TNI, Jasa Raharja, Basarnas, Damkar, serta petugas dari instansi lainnya.

Baca Juga : Jangan Sembarangan Ajukan Kredit Pakai Data Pribadi Pihak Lain, Bisa Dipidana!

“Selama ops ketupat 2019 berlangsung, ribuan personel ini ditempatkan dibeberapa titik di wilayah Sulsel. Sedikitnya terdapat 119 pos yang disiapkan, terdiri dari pos pengamanan 67 titik, pos pelayanan 42 titik, dan pos terpadu 10 titik,” ujar Polisi tiga melati tersebut.

Penulis: Hermawan Mappiwali
Editor: Awang Darmawan

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Makassar24 April 2024 13:26
Firman Pagarra Berbagi Inovasi KTR di Forum The 3rd Mayor Meeting For Eastern Indonesia
PJ Sekda Kota Makassar Firman Hamid Pagarra menyebutkan Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar memiliki komitmen yang tinggi dalam mengimplementasian Kawas...
Hukum24 April 2024 12:27
Kakanwil Kemenkumham Sulsel Lantik 5 PPNS
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan (Kanwil Kemenkumham Sulsel), Liberti Sitinjak melant...
Makassar24 April 2024 09:30
Ketua TP PKK Kota Makassar Apresiasi Pihak di Kecamatan Makassar
Ketua TP PKK Kota Makassar Indira Yusuf Ismail dengan penuh rasa bangga mengapresiasi sejumlah pihak di Kecamatan Makassar....
Video23 April 2024 23:59
VIDEO: Presiden Jokowi Beri Sepeda kepada Siswa SMK Rangas Usai Dites Hafalan Pancasila
SULSELSATU.com – Dua Siswa SMK Rangas Mamuju, Sulawesi Barat, Menerima Sepeda dari Presiden Jokowi Setelah Tes Hafalan Pancasila. Momen di mana ...