Logo Sulselsatu

Ops Ketupat 2019: Angka Kecelakaan Turun Drastis, Tapi Jumlah Korban Tewas Meningkat

Asrul
Asrul

Rabu, 12 Juni 2019 08:08

Ilustrasi. (Int)
Ilustrasi. (Int)

SULSELSATU.com, MAKASSAROperasi Ketupat 2019 kepolisian di seluruh Indonesia saat arus mudik dan arus balik masa lebaran telah usai. Di Sulsel, operasi ini menyisakan sejumlah catatan tersendiri.

Hasilnya, angka kecelakaan tahun ini menurun drastis. Namun, jumlah korban tewas justru sebaliknya, meningkat dari tahun sebelumnya.

Baca Juga : 1551 Personel Polda Sulsel Alami Kenaikan Pangkat

Berdasarkan laporan Anev Ops Ketupat 2019 Polda Sulsel, angka kecelakaan lalulintas alias lakalantas 44 kasus, turun drastis jika dibandingkan 156 kasus pada tahun 2018 lalu. Angka penurunan ini tercatat sebesar 72 persen.

Meski demikian, jumlah korban meninggal dunia justru meningkat dari angka kecelakaan yang menurun tersebut. Tahun 2019 ini, ada 26 orang yang meregang nyawa, sedang korban luka berat sebanyak 13 orang.

Apabila dibandingkan dengan tahun sebelumnya, korban meninggal duni berjumlah 24 orang serta luka berat terdapat 12 orang.

Baca Juga : Pemprov, Kejati, Polda, dan Bawaslu Sulsel Komitmen Tegakkan Gakkumdu di Pemilu 2024

Terkait pelaksanaan Ops Ketupat 2019 yang berlangsung 13 hari, Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Pol Dicky Sondani menilai operasi yang melibatkan sejumlah instansi terkait itu berjalan dengan lancar secara umum. Hal itu dimaksud Dicky berdasarkan angka kecelakaan yang memang mengalami penurunan.

“Pada tahun ini mengalami trend penurunan angka kecelakaan lalulintas yang sangat signifikan,” kata Dicky, Rabu (12/6/2019).

Perwira menengah polisi itu juga menjelaskan bahwa dibalik Ops ketupat 2019, terdapat 5.035 personel gabungan dari TNI-Polri yang diterjunkan untuk bertugas. Rinciannya adalah 2.662 personel kepolisian serta ditambah 2.373 personel dari instansi terkait seperti TNI, Jasa Raharja, Basarnas, Damkar, serta petugas dari instansi lainnya.

Baca Juga : Jangan Sembarangan Ajukan Kredit Pakai Data Pribadi Pihak Lain, Bisa Dipidana!

“Selama ops ketupat 2019 berlangsung, ribuan personel ini ditempatkan dibeberapa titik di wilayah Sulsel. Sedikitnya terdapat 119 pos yang disiapkan, terdiri dari pos pengamanan 67 titik, pos pelayanan 42 titik, dan pos terpadu 10 titik,” ujar Polisi tiga melati tersebut.

Penulis: Hermawan Mappiwali
Editor: Awang Darmawan

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

News16 April 2024 10:34
Pelindo Jasa Maritim Sediakan Bus Bagi Pemudik Gratis Kembali Ke Makassar
PT Pelindo Jasa Maritim (SPJM) salah satu subholding dari PT Pelabuhan Indonesia (Persero) menyediakan bus untuk 300 pemudik gratis balik ke Makassar ...
Politik15 April 2024 23:23
Rusdi Masse Gagas NasDem Mendengar, Minta Wejangan Lintas Akademisi
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Ketua DPW NasDem Sulsel Rusdi Masse (RMS) kembali menginisiasi sebuah gerakan baru sebagai partai politik modern, set...
Video15 April 2024 22:23
VIDEO: Khotib Sholat Ied yang Khutbah soal Kecurangan Pemilu 2024 minta Maaf
SULSELSATU.com – Khatib Salat Idul Fitri di Bantul, DIY, viral usai membawakan ceramah bernuansa politik. Usai kejadiannya viral, Khatib Untung ...
Bisnis15 April 2024 21:02
Kallafriends Hadirkan Program K-ollaborative yang Bertabur Keuntungan untuk Merchant
Bagi merchant yang bergabung dengan Kallafriends pun akan mendapat banyak benefit berupa support promosi produk yang intens secara online hingga kesem...