Logo Sulselsatu

China Airlines Siap Garap Rute Jakarta-Makassar

Asrul
Asrul

Kamis, 13 Juni 2019 23:16

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com – Maskapai asing ternyata telah ada yang mulai menggarap penerbangan domestik, salah satunya adalah maskapai China Airlines.

Di laman perusahaan maskapai asal negeri Tirai Bambu itu terlihat sudah menyediakan tiket pesawat rute Jakarta – Makassar.

Namun, informasi rute tersebut tak dioperasikan oleh China Airlines, tetapi maskapai Garuda Indonesia.

Baca Juga : VIDEO: Pesawat Garuda Indonesia Pakai Masker

Pengamat Penerbangan Alvin Lie menilai praktik itu dinamakan berbagi kode nomor penerbangan alias code share. Menurutnya praktik tersebut sah-sah saja dalam dunia penerbangan.

“Benar ada penerbangan CI9798 CGK-UPG. Namun tidak benar bahwa airlines Taiwan tersebut melakukan pelayanan penerbangan domestik CGK-UPG. Penerbangan CI9798 merupakan kerja sama code share dengan Garuda,” ujar Alvin dalam keterangan tertulis, Kamis (13/6/2019) dilansir Suaracom.

Alvin kembali menerangkan, penumpang dari Taiwan membeli tiket China Airlines. Kemudian China Airlines mengalihkannya kepada Garuda Indonesia untuk melaksanakan pengangkutan.

Baca Juga : Pemprov Sulsel dan Garuda Indonesia Bersinergi Dukung Pemulihan Ekonomi

Demikian juga penumpang di Indonesia, bisa membeli tiket Garuda Indonesia untuk terbang di berbagai negara, di mana sebenarnya maskapai tersebut tidak mengoperasikan penerbangan.

“Untuk penerbangan-penerbangan code share memang airlines penerbit tiket berhak mencantumkan nomer penerbangan sendiri, walau yang mengangkut adalah airlines mitranya,” tutur dia.

“Pada papan keberangkatan, mudah dilihat penerbangan code share menampilkan beberapa nomor penerbangan untum penerbangan yang sama.”

Baca Juga : Setelah Lion Grup, Kini Pemprov Sulsel Juga Gratiskan Rapid Test Penumpang Garuda

Sebelumnya, Vice President Corporate Secretary Garuda Indonesia Ikhsan Rosan tak menampik maskapainya mengoperasikan penerbangan China Airlines.

Dia menjelaskan, Garuda Indonesia selama ini bekerja sama dengan China Airlines terkait berbagi kode penerbangan.

“Istilahnya code share, jadi itu kerja sama Garuda Indonesia dengan China Airlines. Kayak code share biasa antara dua maskapai biasa melakukan code share,” ujar Ikhsan dilansir Suaracom.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video15 Juni 2024 18:39
VIDEO: Syaharuddin Alrif Turun Langsung Perbaiki Jalan Rusak di Poros Sidrap-Soppeng
SULSELSATU.com – Wakil Ketua DPRD Sulsel, Syaharuddin Alrif, turun langsung untuk memperbaiki sejumlah jalan rusak di Poros Sidrap-Soppeng. Sepa...
Politik15 Juni 2024 17:12
Ini Alasan PKB Usung Andi Ina Pilkada Barru
SULSELSATU.com, BARRU – DPC Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Barru mengusung Andi Ina Kartika Sari sebagai Bakal Calon Bupati Barru pada Pemiliha...
Video15 Juni 2024 16:15
VIDEO: Driver Ojol Antar Jenazah dari Makassar ke Pangkep
SULSELSATU.com – Seorang pria yang bekerja sebagai driver online mendapat orderan untuk mengantar jenazah dari Makassar ke Kabupaten Pangkep. Da...
Makassar15 Juni 2024 11:11
Danny Pomanto Kukuhkan Dewan Lorong se-Kota Makassar
Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto mengukuhkan Forum Dewan Lorong baik di tingkat Kelurahan, Kecamatan, dan Kota Makassar....