Logo Sulselsatu

Otoritas Prancis Tangkap Michel Platini terkait Dugaan Korupsi Piala Dunia 2022

Asrul
Asrul

Rabu, 19 Juni 2019 09:56

Michel Platini. (Int)
Michel Platini. (Int)

SULSELSATU.com, PARIS – Manta Presiden UEFA, Michel Platini ditangkap otoritas Prancis. Ia ditahan terkait kasus korupsi penunjukan Qatar sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022.

Dilansir AP, Platini ditangkap terkait kasus pemberian status tuan rumah Piala Dunia 2022 ke Qatar. Hal itu dikonfirmasi oleh petugas pengadilan, yang mengatakan legenda sepakbola Prancis itu ditangkap pada Selasa (18/6) waktu setempat.

Platini ditahan di Kantor Kepolisian Yudisial Anti-Korupsi di luar kawasan Paris. Selain Platini, Claude Gueant, mantan penasehat mantan presiden Nicolas Sarkozy juga diperiksa, namun tidak ditahan.

Baca Juga : Timnas Jerman Lakukan Aksi Tutup Mulut Saat Lawan Jepang, Kenapa?

Sejauh ini, pihak Platini belum memberikan respons terkait kabar penangkapan ini.

Platini dicurigai ‘bermain’ dalam pemilihan Qatar sebagai tuan rumah, yang diputuskan sejak 2010. Mantan gelandang Juventus itu kemudian disanksi Komite Etik FIFA larangan beraktivitas di sepakbola selama 6 tahun, sebelum bandingnya diterima dan sanksinya direduksi menjadi 4 tahun.

Penunjukkan Qatar, yang mengalahkan Amerika Serikat sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022, menimbulkan kontroversi. Banyak pejabat FIFA ditangkap terkait penunjukkan Negara Teluk itu menggelar pesta sepakbola empat tahunan tersebut.

Baca Juga : Hotel di Makassar Ini Siapkan Nonton Bareng Piala Dunia Qatar 2022

Di antaranya mereka yang ditahan adalah Jeffrey Webb, Eduardo Li, Julio Rocha, Costas Takkas, Jack Warner, dan Eugenio Figueredo. Platini, andai terbukti bersalah, bisa terancam hukuman penjara, kendati sanksi larangan beraktivitasnya akan gugur pada Oktober mendatang.

Editor: Hendra Wijaya

 

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

 Komentar

 Terbaru

News26 November 2022 16:14
Lewat Global IT Challengen (GITC) 2022, LG Berdayakan Generasi Muda Disabilitas
LG berdayakan anak muda disablitas...
Video26 November 2022 15:58
VIDEO: Gerombolan Monyet Liar ‘Serang’ Pemukiman Warga di Bandung
SULSELSATU.com – Sebuah video memperlihatkan gerombolan monyet menyerang pemukiman Warga Kota Bandung, Jawa Barat. Dalam video terlihat sekita...
Pendidikan26 November 2022 12:25
Undang Reviewer Nasional, LP2M UNM Ajak Dosen Kembangkan Kualitas Penelitian
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Universitas Negeri Makassar (UNM) mengadakan kegiatan seminar has...
Makassar26 November 2022 11:43
PHRI Bike Tour 2022 Lewati Destinasi Wisata, Kesempatan Perkenalkan Pariwisata Makassar
PHRI Bike Tour hadir di Makassar, momen perkenalkan pariwisata Makassar...