Logo Sulselsatu

PPDB 2019, Pendaftar Jalur Prestasi Lesu

Asrul
Asrul

Jumat, 21 Juni 2019 22:42

Kepala Dinas Pendidikan Sulsel, Irman Yasin Limpo
Kepala Dinas Pendidikan Sulsel, Irman Yasin Limpo

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) berbasis online tingkat SMA/SMK tahun ajaran 2019-2020 telah berlangsung sejak sepekan. Hanya saja yang dibuka baru jalur Prestasi dan Perpindahan Domisili Orang Tua.

Kepala Bidang Pendidikan SMA, Sabri mengatakan, untuk jalur prestasi tersebut mendapat kuota sebesar 5 persen atau sebesar 6.126 siswa di Sulsel.

“Kita sebenarnya sudah dapat info kalau ada penambahan kuota sebesar 15 persen, hanya saja belum ada petunjuk teknis sehingga kami belum menerapkan,” kata Sabri, Jumat (21/6/2019).

Baca Juga : Disdik Sulsel Pastikan Tak Ada Libur Akhir Tahun Bagi Siswa

Lebih jauh, Sabri menyebutkan jika sore kemarin menuju detik-detik terakhir pendaftaran jalur prestasi, jumlah pendaftar hanya sedikit.

“Saat ini baru sekitar 2.800 orang yang mendaftar di jalur prestasi. Sementara untuk Perpindahan Domisili Orang Tua sebanyak 400 orang pendaftar,” paparnya.

Diketahui jalur prestasi ini meliputi sejumlah prestasi siswa baik di tingkat Kabupaten/Kota, Provinsi, Nasional, Internasional hingga prestasi penghafal Alquran 10 juz.

Baca Juga : Sulsel Kebut Vaksinasi, 1.378 Pelajar Jalani Vaksinasi Sehari di SMKN 4 Makassar

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan, Irman Yasin Limpo mengatakan untuk persyataran sistem online aplikasi PPBD, peserta melakukan login pada website pendaftaran PPDB online 2019 (ppdbsulsel.epanrita.net) dengan menggunakan Nomor Ujian Nasional lebih dahulu.

Kemudian peserta memilih jenjang sekolah SMA Negeri atau SMK Negeri yang diminati dan memilih jalur pendaftarannya, apakah jalur zonasi, prestasi dan perpindahan orang tua yang dipilih.

“Setelah itu, calon peserta didik mengisi kolom formulir pendaftaran.secara lengkap dan benar, lalu mencetak tanda pendaftaran yang memuat nomor pendaftaran. Hasil cetak nomor pendaftaran inilah yang kemudian dibawah ke sekolah untuk dilakukan verifikasi,”terang None, sapaan akrab Irman.

Baca Juga : Persiapkan Pembelajaran Tatap Muka, Pemprov Sulsel Vaksin 1000 Siswa SMA

Lebih jauh, kata dia, untuk sisa kuota jalur prestasi yang tidak terpakai akan secara otomatis beralih ke jalur sistem domisili yang dibuka pada Senin (24/6/2019) nanti.

“Adapun masalah yang terjadi di sistem domisili ini Disdik tidak bertanggungjawab, lantaran kami hanya berpatokan pada data dukcapil,” tegasnya.

Penulis: Jahir Majid
Editor: Awang Darmawan

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

 Komentar

 Terbaru

Otomotif04 Desember 2022 17:13
Bukti Pelayanan Prima, Asmo Sulsel Buka Parkiran Khusus Motor Matik Premium di Mall Phinisi Point
Asmo Sulsel beri pelayanan prima bagi konsumen dengan menghadirkan parkir khusus motor matik premium Honda di Mall Phinisi Point Makassar...
Makassar04 Desember 2022 16:54
SRC Gelar Pesta Retail Celebes, Hadirkan Seribu Toko Kelontong dari 4 Provinsi di Sulawesi
SULSELSATU.com, MAKASSAR – PT HM Sampoerna Tbk melalui PT SRC Indonesia Sembilan (SRCIS) secara konsisten mendukung transformasi dan digitalisas...
News04 Desember 2022 16:40
Menuju Natal dan Tahun Baru 2023, Staf Khusus Menhub Minta Pelindo Bersiap Hadapi Arus Mudik
Pelindo bersiap hadapi arus mudik natal dan tahun baru 2023...
Video04 Desember 2022 14:42
VIDEO: Bawaslu Jeneponto Gelar Rakon Dengan Panwaslu
SULSELSATU.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Jeneponto menggelar Rapat Konsolidasi (Rakon) Pengawasan Tahapan Pemilu tahun 202...