Logo Sulselsatu

PPDB 2019, Pendaftar Jalur Prestasi Lesu

Asrul
Asrul

Jumat, 21 Juni 2019 22:42

Kepala Dinas Pendidikan Sulsel, Irman Yasin Limpo
Kepala Dinas Pendidikan Sulsel, Irman Yasin Limpo

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) berbasis online tingkat SMA/SMK tahun ajaran 2019-2020 telah berlangsung sejak sepekan. Hanya saja yang dibuka baru jalur Prestasi dan Perpindahan Domisili Orang Tua.

Kepala Bidang Pendidikan SMA, Sabri mengatakan, untuk jalur prestasi tersebut mendapat kuota sebesar 5 persen atau sebesar 6.126 siswa di Sulsel.

“Kita sebenarnya sudah dapat info kalau ada penambahan kuota sebesar 15 persen, hanya saja belum ada petunjuk teknis sehingga kami belum menerapkan,” kata Sabri, Jumat (21/6/2019).

Baca Juga : Rakor Pendidikan Tingkat Sulsel, Jumlah SMK dan SLB Perlu Ditingkatkan

Lebih jauh, Sabri menyebutkan jika sore kemarin menuju detik-detik terakhir pendaftaran jalur prestasi, jumlah pendaftar hanya sedikit.

“Saat ini baru sekitar 2.800 orang yang mendaftar di jalur prestasi. Sementara untuk Perpindahan Domisili Orang Tua sebanyak 400 orang pendaftar,” paparnya.

Diketahui jalur prestasi ini meliputi sejumlah prestasi siswa baik di tingkat Kabupaten/Kota, Provinsi, Nasional, Internasional hingga prestasi penghafal Alquran 10 juz.

Baca Juga : Balai Bahasa Sulsel Gelar FTBI Diikuti Siswa SMP 2 Provinsi

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan, Irman Yasin Limpo mengatakan untuk persyataran sistem online aplikasi PPBD, peserta melakukan login pada website pendaftaran PPDB online 2019 (ppdbsulsel.epanrita.net) dengan menggunakan Nomor Ujian Nasional lebih dahulu.

Kemudian peserta memilih jenjang sekolah SMA Negeri atau SMK Negeri yang diminati dan memilih jalur pendaftarannya, apakah jalur zonasi, prestasi dan perpindahan orang tua yang dipilih.

“Setelah itu, calon peserta didik mengisi kolom formulir pendaftaran.secara lengkap dan benar, lalu mencetak tanda pendaftaran yang memuat nomor pendaftaran. Hasil cetak nomor pendaftaran inilah yang kemudian dibawah ke sekolah untuk dilakukan verifikasi,”terang None, sapaan akrab Irman.

Baca Juga : Sempat Terjadi Kesalahan Sistem Penginputan, Disdik Sulsel Telah Resmi Umumkan Hasil PPDB

Lebih jauh, kata dia, untuk sisa kuota jalur prestasi yang tidak terpakai akan secara otomatis beralih ke jalur sistem domisili yang dibuka pada Senin (24/6/2019) nanti.

“Adapun masalah yang terjadi di sistem domisili ini Disdik tidak bertanggungjawab, lantaran kami hanya berpatokan pada data dukcapil,” tegasnya.

Penulis: Jahir Majid
Editor: Awang Darmawan

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Politik15 Juni 2024 17:12
Ini Alasan PKB Usung Andi Ina Pilkada Barru
SULSELSATU.com, BARRU – DPC Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Barru mengusung Andi Ina Kartika Sari sebagai Bakal Calon Bupati Barru pada Pemiliha...
Video15 Juni 2024 16:15
VIDEO: Driver Ojol Antar Jenazah dari Makassar ke Pangkep
SULSELSATU.com – Seorang pria yang bekerja sebagai driver online mendapat orderan untuk mengantar jenazah dari Makassar ke Kabupaten Pangkep. Da...
Makassar15 Juni 2024 11:11
Danny Pomanto Kukuhkan Dewan Lorong se-Kota Makassar
Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto mengukuhkan Forum Dewan Lorong baik di tingkat Kelurahan, Kecamatan, dan Kota Makassar....
Video14 Juni 2024 23:30
VIDEO: Viral, Sapi Qurban Lepas di Jalan Poros AP Pettarani Makassar
SULSELSATU.com – Sebuah video viral memperlihatkan seekor sapi qurban lepas dan berlarian di tengah jalan. Peristiwa ini terjadi di Jalan Poros ...