Logo Sulselsatu

Program Jumat Ibadah Pemkot Makassar Mulai Diterapkan

Asrul
Asrul

Jumat, 21 Juni 2019 12:59

Program Jumat Ibadah Pemkot Makassar Mulai Diterapkan

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Salah satu program inovasi baru Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar bertajuk Jumat Ibadah resmi diluncurkan.

Peluncuran ini dilakukan oleh Pj Wali Kota Makassar, Iqbal Suhaeb, di Masjid Sultan Alauddin Kompleks UMI, Jalan Racing Center, Kecamatan Panakkukang, Jumat (21/6/2019).

Jumat Ibadah diawali salat subuh berjemaah dengan jajaran pimpinan OPD Pemkot Makassar, pengurus masjid, dan masyarakat yang berdomisili di sekitarnya. Di antara jemaah yang hadir, tampak pula Wakil Ketua DPRD Kota Makassar Adi Rasyid Ali, yang bermukim tak jauh dari lokasi masjid Sultan Alauddin.

Baca Juga : Pemkot Makassar Kecolongan Pertahankan Fasum, Akhmad Namsum: Semua Lahan Akan Disertifikasi

Program yang digagas oleh Iqbal Suhaeb sendiri ini pun diharapkan dapat menjadi penguatan mental spritual melalui jalan dakwah di masjid-masjid setiap pekan di Jumat Subuh.

Iqbal Suhaeb dalam sambutannya mengajak seluruh masyarakat untuk meningkatkan kerukunan, kedamaian, dan toleransi antar umat beragama. Bersatu dalam keberagaman.

“Kerukunan menjadi amat penting, kerukunan menjadi kunci bagi kehidupan yang damai dan sejahtera. Kedamaian tidak mungkin tercipta jika kita tidak rukun dan bersatu, kesejahteraan tidak mungkin terwujud jika kita hidup dalam peselisihan,” katanya.

Baca Juga : Hadir di Youth Entrepreneurship, Indira Mulyasari Dorong Pemuda Buat Karya Inspiratif

“Marilah kita jadikan kerukunan, kedamaian dan kesejahteraan sebagai kunci untuk mewujudkan masyarakat kita yang majemuk menjadi masyarakat yang lebih unggul dan maju,” lanjut Iqbal.

Sementara itu, Ketua Pembina Yayasan Wakaf UMI, Mansyur Ramli yang membawakan kultum dalam kesempatan tersebut mengaku sangat mengapresiasi Pemkot Makassar yang telah meluncurkan program Jumat Ibadah.

Menurutnya, Jumat Ibadah yang dilaksanakan merupakan kebijakan yang baik dalam membangun akidah masyarakat.

Baca Juga : Pemprov Sulsel Ingin Ambil Alih Terminal Malengkeri, Danny Pomanto: Tidak Bisa, Bukan Aset Pemkot

“Kedatangan Pak Wali di samping melaksanakan ibadah juga menjadi wahana yang baik menjalin silaturahmi hablul minannas hubungan antara sesama manusia untuk menghindarkan diri kita terhadap berbagai masalah,” katanya.

Menurut mantan rektor dan guru besar UMI ini, untuk membentuk kualitas pribadi yang baik harus membentuk sistem seperti ini dengan menjalin hubungan yang baik antara sesama manusia, secara horizontal maupun secara vertikal.

“Kita tidak boleh memilih hablul minannas secara vertikal dan horizontal saja melainkan harus berjalan secara bersamaaan untuk meningkatkan kualitas dan membentuk iman kesalehan sosial kita,” katanya.

Baca Juga : Pemprov Sulsel Ingin Ambil Alih Terminal Malengkeri, Danny Pomanto: Tidak Bisa, Bukan Aset Pemkot

Adapun agenda dalam Jumat Ibadah diawali dengan salat subuh berjemaah, kultum atau ceramah yang akan disampaikan pimpinan OPD secara bergilir, pembacaan surah Al Kahfi secara bersama-sama, salat sunah syuruq, pembacaan surah Al Waqiah dan diakhiri dengan salat sunah duha.

Penulis: Asrhawi Muin
Editor: Hendra Wijaya

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

 Komentar

 Terbaru

News27 November 2022 06:06
Srikandi Ganjar Gelar Creative Competition, Geliatkan Industri Seni di Sulsel
Relawan srikandi ganjar gelar creative competition...
Video26 November 2022 23:42
VIDEO: Bantuan Kebanyakan Pakaian Wanita, Bapak-Bapak Cosplay Pakai Daster
SULSELSATU.com – Gempa yang terjadi di Cinjur, Jawa Barat menyebabkan kerusakan yang luar biasa. Data dari BNPB pada Sabtu (26/11) sebanyak 310 ...
Olahraga26 November 2022 22:19
Kejurnas Wilayah 5 Taekwondo Resmi Bergulir di Makassar
  SULSELSATU.com, MAKASSAR – Gelaran kejuaraan nasional (Kejurnas) wilayah 5 yang dipusatkan di Kota Makassar resmi bergulir pada Jumat (25...
Video26 November 2022 21:30
VIDEO: Muazin Menangis saat Kumandangkan Azan di Bencana Gempa Cianjur
SULSELSATU.com – Seorang muazin menangis saat melakukan adzan di dalam masjid yang hancur dilanda gempa pada Senin (21/11). Masjid itu terletak ...