Logo Sulselsatu

Program Jumat Ibadah Pemkot Makassar Mulai Diterapkan

Asrul
Asrul

Jumat, 21 Juni 2019 12:59

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Salah satu program inovasi baru Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar bertajuk Jumat Ibadah resmi diluncurkan.

Peluncuran ini dilakukan oleh Pj Wali Kota Makassar, Iqbal Suhaeb, di Masjid Sultan Alauddin Kompleks UMI, Jalan Racing Center, Kecamatan Panakkukang, Jumat (21/6/2019).

Jumat Ibadah diawali salat subuh berjemaah dengan jajaran pimpinan OPD Pemkot Makassar, pengurus masjid, dan masyarakat yang berdomisili di sekitarnya. Di antara jemaah yang hadir, tampak pula Wakil Ketua DPRD Kota Makassar Adi Rasyid Ali, yang bermukim tak jauh dari lokasi masjid Sultan Alauddin.

Baca Juga : Wali Kota Makassar Danny Pomanto Berkurban di Sejumlah Masjid dan Gelar Open House

Program yang digagas oleh Iqbal Suhaeb sendiri ini pun diharapkan dapat menjadi penguatan mental spritual melalui jalan dakwah di masjid-masjid setiap pekan di Jumat Subuh.

Iqbal Suhaeb dalam sambutannya mengajak seluruh masyarakat untuk meningkatkan kerukunan, kedamaian, dan toleransi antar umat beragama. Bersatu dalam keberagaman.

“Kerukunan menjadi amat penting, kerukunan menjadi kunci bagi kehidupan yang damai dan sejahtera. Kedamaian tidak mungkin tercipta jika kita tidak rukun dan bersatu, kesejahteraan tidak mungkin terwujud jika kita hidup dalam peselisihan,” katanya.

Baca Juga : Wali Kota Makassar Danny Pomanto Salat Id Bersama Warga Makassar di Lapangan Karebosi

“Marilah kita jadikan kerukunan, kedamaian dan kesejahteraan sebagai kunci untuk mewujudkan masyarakat kita yang majemuk menjadi masyarakat yang lebih unggul dan maju,” lanjut Iqbal.

Sementara itu, Ketua Pembina Yayasan Wakaf UMI, Mansyur Ramli yang membawakan kultum dalam kesempatan tersebut mengaku sangat mengapresiasi Pemkot Makassar yang telah meluncurkan program Jumat Ibadah.

Menurutnya, Jumat Ibadah yang dilaksanakan merupakan kebijakan yang baik dalam membangun akidah masyarakat.

Baca Juga : Perayaan Idul Adha 1445 H, Pemkot Makassar Sembelih 62 Hewan Kurban

“Kedatangan Pak Wali di samping melaksanakan ibadah juga menjadi wahana yang baik menjalin silaturahmi hablul minannas hubungan antara sesama manusia untuk menghindarkan diri kita terhadap berbagai masalah,” katanya.

Menurut mantan rektor dan guru besar UMI ini, untuk membentuk kualitas pribadi yang baik harus membentuk sistem seperti ini dengan menjalin hubungan yang baik antara sesama manusia, secara horizontal maupun secara vertikal.

“Kita tidak boleh memilih hablul minannas secara vertikal dan horizontal saja melainkan harus berjalan secara bersamaaan untuk meningkatkan kualitas dan membentuk iman kesalehan sosial kita,” katanya.

Baca Juga : Prof Zudan Apresiasi Danny Pomanto, Efektif Jaga Stabilitas Harga Pangan H-1 Idul Adha 1445 Hijriah

Adapun agenda dalam Jumat Ibadah diawali dengan salat subuh berjemaah, kultum atau ceramah yang akan disampaikan pimpinan OPD secara bergilir, pembacaan surah Al Kahfi secara bersama-sama, salat sunah syuruq, pembacaan surah Al Waqiah dan diakhiri dengan salat sunah duha.

Penulis: Asrhawi Muin
Editor: Hendra Wijaya

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Otomotif18 Juni 2024 22:43
Hanya Dalam 40 Menit, NMAX TURBO Generasi Terbaru Laris Hingga 1.000 Unit
Peluncuran NMAX "TURBO" dengan konsep Evolution: Fun Tech X Prestige X Sporty pada 12 Juni 2024 di Jakarta menjadi magnet perhatian masyarakat Indones...
Video18 Juni 2024 22:29
VIDEO: Jemaah Haji Asal Bogor Protes Tenda Lantaran Sempit
SULSELSATU.com – Sebuah video memperlihatkan aksi protes jemaah haji asal Kota Bogor, Jawa Barat. Jemaah haji tersebut protes lantaran tenda unt...
Video18 Juni 2024 19:44
VIDEO: Sejoli Diduga Mesum di Parkiran Mobil, Kabur Usai Kepergok Petugas Keamanan
SULSELSATU.com – Sebuah video memperlihatkan sejumlah petugas keamanan mengejar sebuah mobil. Aksi pengejaran tersebut diduga sejoli remaja seda...
Video18 Juni 2024 16:36
VIDEO: Rumah Panggung Milik Warga di Pinrang Ludes Dilalap Si Jago Merah
SULSELSATU.com – Kebakaran terjadi di Buttu Angin, Desa Pakeng, Kecamatan Lembang, Kabupaten Pinrang. Dalam video yang beredar, tampak api membu...