Logo Sulselsatu

Menulis tentang Tuhan di Facebook Cenderung Mengidap Diabetes

Asrul
Asrul

Sabtu, 22 Juni 2019 11:34

Menulis tentang Tuhan di Facebook Cenderung Mengidap Diabetes

SULSELSATU.com – Orang-orang yang menulis tentang Tuhan dalam Facebook cenderung mengidap diabetes, sementara mereka sering menulis soal botol kerap kali bermasalah dengan minuman keras.

Kesimpulan ini adalah hasil studi terbaru yang meneliti tentang perilaku orang di media sosial dan kondisi kesehatan mereka, demikian diwartakan Newsweek, Rabu (19/6/2019).

“Postingan di media sosial sering kali berhubungan dengan gaya hidup serta pengalaman atau tentang perasaan mereka,” kata Raina Merchant, ilmuwan dari University of Pennsylvania, yang memimpin studi ini.

Baca Juga : Facebook Blokir Informasi Sesat soal Vaksin Covid-19

Studi Merchant diterbitkan dalam jurnal PLOS One.

Dalam studinya Merchant meneliti postingan Facebook dari 999 orang dewasa. Dari pengamatan diketahui bahwa kata-kata tertentu bisa memprediksi apakah pengguna Facebook tersebut mengalami masalah kejiwaan, ketergantungan obat, atau masalah kesehatan lainnya.

Kata-kata dalam postingan Facebook bahkan diklaim bisa memprediski kondisi kesehatan seseorang lebih tepat ketimbang faktor lain semisal ras, usia, atau jenis kelamin.

Baca Juga : VIDEO: Viral, Wanita Ini Berhasil Diselamatkan Setelah Live di Facebook

Dari penelitian itu ditemukan misalnya bahwa mereka yang menulis kata “minum” atau “botol” di Facebook cenderung memiliki masalah dengan alkohol. Sementara mereka yang menulis kata-kata tak senonoh kerap bermasalah dengan narkoba.

Sementara mereka yang sering menulis kata “Tuhan” atau “berdoa” biasanya mengidap diabetes tipe 2.

Dalam studi itu Merchant dan timnya meneliti hampir 950.000 postingan di Facebook antara Maret 2009 sampai Oktober 2019. Dari 999 responden, sebanyak 76 persen perempuan. Sebanyak 70 persen responden berusia di bawah 30 tahun.

 Komentar

 Terbaru

Sulsel20 Mei 2022 21:32
Gubernur Sulsel Harap Produktivitas Masyarakat Meningkat Pasca Rehab DI Cenrana
SULSELSATU.com, WAJO – Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan kembali melanjutkan penanganan pada Daerah Irigasi Cenrana di Kabupaten Wajo untuk t...
Video20 Mei 2022 21:28
VIDEO: Bikin Heboh, Fans NCT Dream Berlarian Kejar Idolanya
SULSELSATU.com – Sebuah video memperlihatkan ribuan fans NCT Dream berlarian mengejar idolannya. Aksi fans NCT Dream di bandara Soekarno-Hatta v...
OPD20 Mei 2022 21:21
Dispora Sulsel Usulkan Bonus untuk Atlet Sulsel Peraih Medali di Sea Games Vietnam
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Sulsel, mengusulkan untuk memberi ...
Berita Utama20 Mei 2022 20:49
Seorang Guru di Jeneponto Mengaku Korban Arogansi Oknum Kepsek di Jeneponto
SULSELSATU.com, Jeneponto – Seorang Guru Bantu di Kabupaten Jeneponto Sulawesi Selatan, Yulianti Yudin, mengaku menjadi korban dugaan Arogansi K...