Logo Sulselsatu

Menulis tentang Tuhan di Facebook Cenderung Mengidap Diabetes

Asrul
Asrul

Sabtu, 22 Juni 2019 11:34

Menulis tentang Tuhan di Facebook Cenderung Mengidap Diabetes

SULSELSATU.com – Orang-orang yang menulis tentang Tuhan dalam Facebook cenderung mengidap diabetes, sementara mereka sering menulis soal botol kerap kali bermasalah dengan minuman keras.

Kesimpulan ini adalah hasil studi terbaru yang meneliti tentang perilaku orang di media sosial dan kondisi kesehatan mereka, demikian diwartakan Newsweek, Rabu (19/6/2019).

“Postingan di media sosial sering kali berhubungan dengan gaya hidup serta pengalaman atau tentang perasaan mereka,” kata Raina Merchant, ilmuwan dari University of Pennsylvania, yang memimpin studi ini.

Baca Juga : Lebih Mudah, Kerja Sama IOH Facebook dan Telenor Linx Membuka Akses Pelanggan ke Mobile Center Tri di Facebook

Studi Merchant diterbitkan dalam jurnal PLOS One.

Dalam studinya Merchant meneliti postingan Facebook dari 999 orang dewasa. Dari pengamatan diketahui bahwa kata-kata tertentu bisa memprediksi apakah pengguna Facebook tersebut mengalami masalah kejiwaan, ketergantungan obat, atau masalah kesehatan lainnya.

Kata-kata dalam postingan Facebook bahkan diklaim bisa memprediski kondisi kesehatan seseorang lebih tepat ketimbang faktor lain semisal ras, usia, atau jenis kelamin.

Baca Juga : Facebook Blokir Informasi Sesat soal Vaksin Covid-19

Dari penelitian itu ditemukan misalnya bahwa mereka yang menulis kata “minum” atau “botol” di Facebook cenderung memiliki masalah dengan alkohol. Sementara mereka yang menulis kata-kata tak senonoh kerap bermasalah dengan narkoba.

Sementara mereka yang sering menulis kata “Tuhan” atau “berdoa” biasanya mengidap diabetes tipe 2.

Dalam studi itu Merchant dan timnya meneliti hampir 950.000 postingan di Facebook antara Maret 2009 sampai Oktober 2019. Dari 999 responden, sebanyak 76 persen perempuan. Sebanyak 70 persen responden berusia di bawah 30 tahun.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

 Komentar

 Terbaru

Otomotif04 Desember 2022 17:13
Bukti Pelayanan Prima, Asmo Sulsel Buka Parkiran Khusus Motor Matik Premium di Mall Phinisi Point
Asmo Sulsel beri pelayanan prima bagi konsumen dengan menghadirkan parkir khusus motor matik premium Honda di Mall Phinisi Point Makassar...
Makassar04 Desember 2022 16:54
SRC Gelar Pesta Retail Celebes, Hadirkan Seribu Toko Kelontong dari 4 Provinsi di Sulawesi
SULSELSATU.com, MAKASSAR – PT HM Sampoerna Tbk melalui PT SRC Indonesia Sembilan (SRCIS) secara konsisten mendukung transformasi dan digitalisas...
News04 Desember 2022 16:40
Menuju Natal dan Tahun Baru 2023, Staf Khusus Menhub Minta Pelindo Bersiap Hadapi Arus Mudik
Pelindo bersiap hadapi arus mudik natal dan tahun baru 2023...
Video04 Desember 2022 14:42
VIDEO: Bawaslu Jeneponto Gelar Rakon Dengan Panwaslu
SULSELSATU.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Jeneponto menggelar Rapat Konsolidasi (Rakon) Pengawasan Tahapan Pemilu tahun 202...