Logo Sulselsatu

Luhut Sebut Jokowi Sangat Ingin Bertemu Prabowo

Asrul
Asrul

Selasa, 25 Juni 2019 14:45

Luhut Binsar Pandjaitan (INT)
Luhut Binsar Pandjaitan (INT)

SULSELSATU.com, JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan mengungkapkan bahwa Presiden Joko Widodo sangat ingin bertemu dengan rivalnya di Pilpres 2019, pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno sebagai bentuk upaya rekonsiliasi usai Pemilu 2019 berakhir.

Ia membeberkan nantinya Jokowi akan menyampaikan pidato yang mengajak semua pihak untuk membangun Indonesia ke depan usai adanya keputusan akhir sidang Mahkamah Konstitusi (MK).

“Sangat [ingin rekonsiliasi]. Nanti dengar saja pidato presiden setelah pengumuman. Insya Allah semua baik-baik, tentu nanti presiden akan menyampaikan pidato sebagai presiden terpilih. Insya Allah akan mengajak supaya kita ramai-ramai membangun negara kita ini,” kata Luhut di Kompleks MPR/DPR, Jakarta, seperti dilansir CNNIndonesia, Selasa (25/6/2019).

Baca Juga : Mesranya Prabowo-Amran Sulaiman Saat Bahas Pangan dan Ekonomi di Jakarta

Lebih lanjut, Luhut sendiri tak menampik bila ada utusan dari Jokowi yang sedang menjajaki komunikasi untuk rekonsiliasi dengan pihak Prabowo.

Terkait utusan itu, Luhut menyatakan bisa saja nama Kepala Badan Intelijen Negara (BIN), Budi Gunawan yang sengaja diutus Jokowi untuk menjalin komunikasi dengan Prabowo.

“Ya mungkin saja. Mungkin saja [ada utusan yang bertemu Prabowo]. Bisa saja [Budi Gunawan],” kata Luhut.

Baca Juga : Prabowo Subianto Puji Setinggi Langit Kepemimpinan Andi Sudirman di Sulsel

Namun Luhut masih enggak menjelaskan bahwa BG telah diutus Jokowi dan sudah melakukan pertemuan dengan Prabowo belakangan ini.

Disisi lain, Luhut menyatakan ada kemungkinan Jokowi akan kembali bertandang ke rumah Prabowo di Hambalang, Bogor untuk bersilaturahmi seperti pasca Pilpres 2014 silam.

Ia mengatakan Jokowi merupakan sosok yang rendah hati dan sangat bersahaja bagi siapapun untuk kepentingan bangsa dan negara.

Baca Juga : Prabowo Bersama Sudirman-Amran Lepas Ratusan Ribu Peserta Jalan Sehat Anti Mager

“Ya bisa saja terjadi begitu. Tidak ada yang tak mungkin. Jokowi kan orang humble. Dia orang yang sangat bersahaja, ibunya bersahaja. Dan untuk kepentingan negara, saya kira Pak Jokowi tidak akan pernah sungkan berbuat apa saja,” kata Luhut.

Pada kesempatan yang sama, Luhut turut menyatakan tak menutup kemungkinan bila koalisi parpol pendukung Prabowo-Sandiaga Uno akan bergabung ke koalisi Jokowi usai Pilpres.

Meski begitu, ia menyarankan agar persoalan tersebut dapat ditanyakan langsung ke Jokowi sebagai pihak yang memiliki hak prerogatif untuk menentukan koalisi.

Baca Juga : Prabowo Bersama Sudirman-Amran Lepas Ratusan Ribu Peserta Jalan Sehat Anti Mager

“Kalau itu sih saya kira tanya presiden ya. Tapi pada dasarnya tak menutup kemungkinan-kemungkinan itu terjadi,” kata Luhut.

Sementara itu, Ketua Koordinator Bidang Politik dan Keamanan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) nonaktif Puan Maharani mengatakan pihaknya akan mulai menjajaki kemungkinan koalisi dengan partai politik di kubu Prabowo dengan silaturahmi.

Menurutnya, silaturahmi merupakan hal yang penting dalam rangka membangun Indonesia secara bersama-sama.

Baca Juga : Prabowo Bersama Sudirman-Amran Lepas Ratusan Ribu Peserta Jalan Sehat Anti Mager

“Saya rasa itu [koalisi dengan oposisi] harus dimulai dengan silaturahmi. Sekarang ini kami sama-sama menghormati proses-proses yang ada dan setelah ini kami akan lakukan silahturahmi-silaturahmi dalam rangka menuju bersama-sama membangun bangsa Indonesia,” ujar Puan.

Dia menambahkan niat yang baik harus lahir dalam upaya membangun Indonesia secara bersama-sama.

“Harus ada good will, niat baik dari kita bersama untuk mau membangun bangsa ini bersama dulu,” katanya.

Baca Juga : Prabowo Bersama Sudirman-Amran Lepas Ratusan Ribu Peserta Jalan Sehat Anti Mager

Editor: Awang Darmawan

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

OPD01 Oktober 2023 21:31
APBD Perubahan 2023 Kota Makassar Resmi Disepakati Rp5,2 Triliun
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar Tahun Anggaran 2023 resmi d...
Politik01 Oktober 2023 20:44
Syamsu Alam Harap Persatuan dan Kesatuan Bangsa Makin Kokoh di Hari Kesaktian Pancasila
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Sesuai Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 153/Tahun 1967, setiap tanggal 1 Oktober diperingati sebagai Hari Kesaktian...
Kesehatan01 Oktober 2023 19:07
BPBD Makassar Pastikan Puskesmas Jadi Prioritas Penyaluran Air Bersih
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pemerintah Kota Makassar masih terus berupaya menanggulangi dampak kekeringan ekstrim yang masih terus melanda. Dinas...
Makassar01 Oktober 2023 18:23
Ketua DPRD Makassar Rudianto Lallo Lepas Ribuan Peserta Jalan Sehat Komunitas Perjaka
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Komunitas Persatuan Pejalan Kaki Bukit Baruga atau Perjaka memperingati Milad ke-8 dengan menggelar jalan sehat di Ja...