Logo Sulselsatu

Soal 3 Capim Petahana KPK, Abraham Samad: Kualitasnya Biasa Saja

Asrul
Asrul

Senin, 08 Juli 2019 17:02

Abraham Samad (INT)
Abraham Samad (INT)

SULSELSATU.com – Eks Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Abraham Samad menilai kursi kepemimpinan komisi antirasuah harusnya diisi oleh staf internal KPK yang sudah lama bekerja.

“Saya lebih mendorong staf-staf Internal KPK yang sudah lama mengabdi dan berjuang di KPK untuk jadi Pimpinan KPK,” kata Abraham Samad dilansir CNNIndonesia.com, Senin (8/7/2019).

Abraham juga menanggapi soal Laode M. Syarif, Basaria Panjaitan, dan Alexander Marwata yang mendaftar lagi dalam proses seleksi calon pimpinan KPK jilid V (2019-2024). Saat ditanya soal kualitas ketiga pimpinan KPK itu, menurut Samad mereka biasa saja.

Baca Juga : 10 Nama Capim KPK Diserahkan ke Jokowi Pekan Depan

“Kualitasnya biasa-biasa saja,” ucap Samad.

Sponsored by MGID

Menurutnya, Basaria, Alex, dan Syarif sebaiknya memberikan kesempatan kepada para staf internal dan anak muda untuk mengisi kursi pimpinan yang akan mereka tinggalkan dalam waktu kurang dari enam bulan lagi.

“Sebaiknya kita sebagai Pimpinan dan Mantan Pimpinan KPK memberikan kesempatan ke anak-anak muda staf Internal KPK yang sudah lama mengabdi di KPK diberikan ruang bagi mereka untuk mendaftar dan jadi Pimpinan KPK,” kata Samad.

Baca Juga : Seleksi Capim KPK, Laode M Syarif Tersingkir

KPK sendiri, lanjut Samad, membutuhkan pimpinan yang berintegritas sempurna. Saat ditanya apakah Basaria, Alex, dan Syarif, sudah memenuhi kriteria tersebut, Samad enggan menjawabnya.

“Pimpinan yang berintegritas paripurna yaitu orang yang jujur dan berani,” ujar Samad.

Sebelumnya, Panitia seleksi calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (Pansel KPK) menyatakan jumlah pendaftar untuk mengikuti seleksi mencapai 384 orang sampai batas akhir pendaftaran melalui surel (e-mail) pukul 23.59 WIB, Kamis (4/7). Pansel sudah memutuskan untuk tak memperpanjang pendaftaran seleksi calon pimpinan lembaga antikorupsi itu.

Baca Juga : Seleksi Capim KPK, Laode M Syarif Tersingkir

Setidaknya tiga pimpinan KPK Alexander Marwata, Laode M. Syarif, dan Basaria Panjaitan mengkonfirmasi bahwa mereka kembali mendaftar sebagai capim KPK.

Selain mereka, ada sejumlah pegawai KPK yang ikut mendaftar. Menurut pantauan di kantor Sekretariat Negara (Setneg) di hari terakhir pendaftaran itu, terlihat penasihat KPK Tsany Annafari dan juga Direktur Pendidikan KPK Giri Supradiono ikut mendaftar.

Sponsored by ADVERTNATIVE

 Komentar

 Terbaru

Video20 Januari 2022 00:14
VIDEO: DPRD Sulsel Wacanakan Pembentukan Pansus Wakil Gubernur
SULSELSATU.com, MAKASSAR – DPRD Sulsel mewacanakan akan membentuk Panitia Khusus atau Pansus Wakil Gubernur Sulsel sisa masa jabatan 2018-2023. ...
OPD19 Januari 2022 23:01
Bertemu Mendikbudristek, Al Hidayat Minta Kuota Guru PPPK Ditambah
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Anggota DPRD Kota Makassar Al Hidayat Syamsu bertemu dengan Mendikbudristek Nadiem Makarim di Jakarta, Rabu (19/1/202...
Video19 Januari 2022 22:43
VIDEO: Momen Risma Hendak Bersimpuh ke DPR RI untuk Sampaikan Permohonan Maaf
SULSELSATU.com – Menteri Sosial, Tri Rismaharini menyampaikan permohonan maaf ke Komisi VIII DPR RI. Permohonan maaf itu dilakukan atas sikap ja...
Sponsored by MGID
Nasional19 Januari 2022 22:18
Jawab Tren Kebutuhan Masyarakat, Tahun 2022 Gojek Fokus pada Dua Hal Pengembangan
SULSELSATU.com, JAKARTA – Mewujudkan komitme terus menjadi andalan mobilitas masyarakat di tengah pandemi, Gojek melakukam berbagai inovasinya d...