iklan Kareba Parlementa

Awas! Ini Bahaya yang Mengintai Jika Kebanyakan Minum Kopi

Iklan Humas SulSel

SULSELSATU.com – Mengonsumsi kopi menjadi gaya hidup baru masyarakat Indonesia saat ini. Selain rasa dan aromanya yang memikat, kopi juga menawarkan banyak manfaat bagi tubuh.

Akan tetapi, terlalu banyak minum kopi juga bisa berdampak buruk untuk kesehatan. Efek buruk ini disebabkan karena tingginya kadar kafein di dalam kopi.

Studi menunjukkan konsumsi kopi dalam jumlah kecil hingga sedang, baik untuk tubuh. Sedangkan dosis kafein yang tinggi dapat memiliki efek samping yang berbahaya.

Pada setiap orang, konsumsi kopi yang aman atau toleransi terhadap kopi akan sangat berbeda-beda. Terlebih pada orang yang tak terbiasa minum kopi, sedikit saja kafein dapat menimbulkan gejala pada tubuh.

Namun mengutip Mayo Clinic, normalnya 400 mg kafein per hari dianggap aman untuk orang dewasa. Jumlah ini setara dengan empat cangkir kopi seduh, 10 kaleng cola, atau dua buah minuman energi.

Bagaimana jika minum kopi dalam jumlah yang sangat tinggi? Nyatanya, kebanyakan minum kopi akan memberikan dampak untuk kesehatan.

Berikut bahaya terlalu banyak minum kopi.

1. Gelisah
Kafein dapat meningkatkan kewaspadaan. Kadar kafein yang tinggi pada kopi dapat membawa kewaspadaan itu menjadi kegugupan dan kecemasan.

Penelitian menunjukkan asupan kafein harian yang tinggi mencapai 1.000mg atau lebih per hari dapat menyebabkan kegugupan. Dosis sedang juga menyebabkan pernapasan lebih cepat dan meningkatkan stres.

2. Insomnia
Terlalu banyak minum kopi dapat membuat seseorang mengalami insomnia. Studi menemukan asupan kafein yang tinggi meningkatkan jumlah waktu yang diperlukan untuk tertidur. Hal ini juga dapat mengurangi total waktu tidur, terutama pada orang tua.

Kafein umumnya dapat bertahan membuat tubuh terjaga rata-rata lima hingga sembilan jam. Jumlah kafein yang dapat dikonsumsi tanpa mempengaruhi tidur, akan tergantung pada genetika dan faktor lainnya yang berbeda pada setiap orang.

3. Masalah pencernaan
Kafein dapat merangsang gerakan usus dengan meningkatkan gerak peristaltik atau kontraksi. Dikutip dari situs kesehatan Health Line, dosis kafein yang tinggi dapat menyebabkan buang air besar atau bahkan diare.

Beberapa penelitian juga mendapati kopi dan minuman berkafein lainnya dapat memperburuk penyakit GERD.

4. Tekanan darah tinggi
Minum kopi terlalu banyak dapat meningkatkan tekanan darah karena adanya efek stimulasi pada sistem saraf. Tekanan darah yang meningkat merupakan faktor risiko yang dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke.

5. Detak jantung meningkat
Efek stimulasi kafein juga dapat menyebabkan jantung berdetak lebih cepat. Studi menemukan terlalu banyak minum kopi dapat menyebabkan fibrilasi atrium atau irama detak jantung yang berubah pada anak muda.

Editor: Awang Darmawan

Iklan PDAM
...

Populer

OPINI: Tantangan Pendidikan di Tengah Pandemi Covid-19

Oleh Triliana s. Utina (Mahasiswa Universitas Gorontalo) Pandemi Covid-19 memaksa masyarakat dunia mendefinisikan makna hidup, penyebaran virus corona (Covid-19) yang semakin hari semakin meningkat menjadi...

VIDEO: Pemotor Trail Lakukan Pelecehan, Sentuh Area Sensitif Wanita Berkemben di Sungai

SULSELSATU.com - Seorang pengendara motor trail tega melakukan pelecehan terhadap seorang wanita di sebuah sungai. Dalam video terlihat wanita seksi berkemben atau memakai kain jarik. Kejadian...

6 Kerajaan Tertua di Indonesia

SULSELSATU.com - Negara Indonesia adalah negara yang mempunyai banyak kerajaan pada jaman dahulu. Kerajaan-kerajaan tersebut pernah jaya pada masanya dan kini kita hanya bisa...

Catat! Berikut Menu Diet Seminggu yang Ampuh

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Baik Diet OCD maupun Diet Mayo, Bagi Sahabat Sehat yang sedang berniat untuk diet, tak ada salahnya untuk mengadopsi gaya hidup...

7 Jurus Menghadapi Orang yang Benci Sama Kita

SULSELSATU.com, Setiap orang yang membenci kita memiliki alasannya masing-masing. Bisa jadi karena kita terlalu berlebihan, kita memiliki sikap dan sifat yang tidak disukai oleh...

VIDEO: Inalillahi, Pasar Tradisional Karisa Jeneponto Terbakar

SULSELSATU.com, JENEPONTO – Pasar Tradisional Karisa Jeneponto di Jl. Pahlawan, Kelurahan Empoang, terbakar. Dari pantauan sulselsatu.com, kebakaran terjadi sekitar pukul 10.20 Wita, Kamis malam (24/9/2020). Video...

Ujian SKB CPNS Parepare Selesai, 5 Peserta Gugur

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Ujian Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) formasi 2019 Pemkot Parepare di BKN Kantor Regional IV Makassar, selesai. Selama...

Polres Jeneponto Ungkap Motif Tewasnya Pemuda Asal Bantaeng

SULSELSATU.com, JENEPONTO - Pihak kepolisian Polres Jeneponto berhasil mengungkap motif tewasnya Rendy Sacada (23) pemuda asal Jl, Raya Lanto nomor 21, Tappanjeng, Kabupaten Bantaeng...

Berikut Bocoroan Pedoman Pencegahan Covid-19 Berbasis Masyarakat di Sulsel

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Upaya menekan penyebaran Virus Corona,Tim Konsultan Gugus Tugas...

Artikel Lainnya

Sulsel Diprediksi Hujan Lebat pada 10 Januari, Adnan Imbau Masyarakat Gowa Siaga

SULSELSATU.com, GOWA - Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan mengimbau kepada masyarakat...

Jokowi Hapus Insentif untuk Direksi BPJS

SULSELSATU.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo menghapus insentif untuk direksi dan...

Timses Jokowi Tak Khawatir dengan Seruan Rizieq di Reuni 212

SULSELSATU.com, JAKARTA - Direktur Relawan Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Amin,...

Facebook Luncurkan Logo Baru

SULSELSATU.com - Raksasa media sosial, Facebook meluncurkan logo baru perusahaan. Rancangan...

Parepare Juara III Stand Terbaik Humas Sulsel Expo 2019

SULSELSATU.com, PAREPARE - Bagian Humas dan Protokoler Setdako Parepare berhasil meraih...

Terkini

Pembangunan Stadion Mattoanging, Kontrak DED dan MK Akhirnya Diteken

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Pemerintah Provinsi Sulsel, melalui Dinas Pemuda Dan Olahraga...

Ratusan Komunitas Bersatu Dukung ADAMA

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Pasangan calon nomor urut 1 Pilkada Makassar 2020,...

Kerap Absen Paripurna, PJ Walikota Dinilai Remehkan Peran Legislator

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Pj Walikota Makassar, Rudy Djamaluddin dinilai meremehkan peran...

Mahasiswa PGSD UNM Lolos PKM 2020 Kemendikbud

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Ilmu...

Temui Warga Tanete Riaja, Suardi Saleh Komitmen akan Bangun Rumah Tahfidz Quran Tiap Kecamatan

SULSELSATU.com, BARRU- Calon Bupati Barru Suardi Saleh lakukan sosialisasi di Kecamatan...