Logo Sulselsatu

Gubernur Bakal Jadi Pimpin Upacara Pemakaman Ichsan Yasin Limpo

Asrul
Asrul

Kamis, 01 Agustus 2019 01:31

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah bakal memimpin upacara pemakaman jenazah almarhum Ichsan Yasin Limpo atau IYL di Pemakaman Islam Panaikang, Kamis (1/8/2019) pagi.

“Insya Allah untuk upacara pemakaman besok pak Gubernur sudah menyatakan kesediaan beliau untuk menjadi Irup pemakaman besok (hari ini),” kata Kabiro Humas Pemprov Sulsel sekaligus keponakan almarhum, Devo Khaddafi saat ditemui di kediaman ibunda IYL, Nurhayati Yasin Limpo, Jalan Haji Bau Makassar, Kamis (1/8/2019) dini hari.

Menurut Devo, prosesi pemakaman almarhum IYL bakal diawali dengan penyerahan secara resmi dari pihak keluarga yang diwakili Syahrul Yasin Limpo kepada pihak pemerintah sekira pukul 11.00 Wita.

Baca Juga : Iksan Iskandar Bersama Warga Jeneponto Terharu Saat Bertemu Nurdin Abdullah

“Selanjutnya (jenazah) dibawa ke Masjid Agung Syekh Yusuf, disalatkan kemudian setelah salat jenazah di Syekh Yusuf, jenazah akan dibawa ke Pemakaman Islam Panaikang,” kata Devo.

Menurut Devo, diperkirakan jenazah almarhum IYL dimakamkan antara sekira pukul 13.00 hingga pukul 13.30 Wita.

“Besok kita perkirakan setelah salat Dhuhur, jadi kira-kira jam 1 atau setengah dua,” kata dia.

Baca Juga : Taufan Pawe Temui Nurdin Abdullah, Begini Reaksi Relawan

Diberitakan sebelumnya, jenazah IYL tiba di kediamannya di Jalan Haji Bau Makassar pada Rabu (31/7/2019) malam.

Saat tiba sekira pukul 23.04 Wita, jenazah IYL yang ditempatkan ke dalam peti mati berbalut bendera merah putih langsung dibawa menuju ruang tamu. Di sanalah jenazah eks Bupati Gowa dua periode itu disemayamkan dan dihampiri para pelayat yang membludak.

Adalah istri IYL, Novita Madonza Amu yang pertama kali tampak dari rombongan yang mengantar jenazah suaminya. Novita yang menggunakan pakaian serba hitam tampak dipeluk oleh sejumlah tamu yang hendak menyampaikan rasa turut berduka cita yang mendalam.

Baca Juga : Dapat Remisi Kemerdekaan, Nurdin Abdullah Bebas Dari Lapas Sukamiskin

Setelah istri almarhum, tampak pula Bupati Gowa yang juga putra IYL, Adnan Purichta Ichsan. Ia berada di bagian belakang rombongan yang mengiringi jenazah ayahnya dibawa masuk ke dalam rumah. Ia tampak berusaha tegar meski tak jarang menyeka air mata di pipinya.

Demikian pula dengan saudara IYL, Syahrul Yasin Limpo atau SYL dan Irman Yasin Limpo atau None juga tampak berusaha tegar. Dalam rombongan yang membawa jenazah almarhum, tampak pula sejumlah anggota keluarga besar IYL lainnya.

Tak hanya kerabat dekat, sebelumnya sejumlah tokoh Sulsel telah lebih dulu tiba di rumah kediaman almarhum. Sebut saja Kapolda Sulsel Irjen Pol Hamidin, PJ Walikota Iqbal Suhaeb serta eks Wakil Gubernur Sulsel Agus Arifin Nu’mang.

Baca Juga : Masjid Raudhatul Ichsan Resmi Digunakan, Harap Ramai Setiap Hari

Ada pula politisi Nasdem Akbar Faisal, Bupati Jeneponto Iksan Iskandar, Wakil Wali Kota Parepare Pangerang Rahim, Ketua DPRD Sulsel Moh Roem, Wakil Ketua DPRD Sulsel Yusran Sofyan. Di lokasi, masih terdapat sejumlah tokoh Sulsel lainnya.

Sementara pasangan IYL saat Pilkada 2018 lalu, Andi Mudzakkar atau Cakka bersamaan tiba dengan datangnya jenazah almarhum. Ia tampaknya menjemput langsung jenazah almarhum di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar.

Penulis: Hermawan Mappiwali
Editor: Awang Darmawan

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video04 Mei 2024 23:15
VIDEO: Penyanyi Dangdut Evi Masamba Ngaku Terlantar di Malili, EO Beri Klarifikasi
SULSELSATU.com – Penyanyi dangdut Evi Masamba mengaku terlantar di Malili, Luwu Timur, pada Kamis (4/5/2024). Jebolan D’Academy ini mengat...
Bisnis04 Mei 2024 20:48
RUPS XL Axiata Bagi Dividen 50 Persen dari Keuntungan atau Sebesar Rp635,5 Miliar
PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan 2024 (Rapat) pada Jumat (3/5/2024). Rapat yang berlangsung secara daring ters...
Hukum04 Mei 2024 20:41
Kanwil Kemenkumham Sulsel Persiapkan Lapas Makassar Ikuti Akreditasi Klinik Pratama
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Kanwil Kemenkumham Sulsel melalui sub Bidang Pelayanan Tahanan, Kesehatan, Rehabilitasi Divisi Pemasyarakatan lakukan...
Video04 Mei 2024 20:33
VIDEO: Kecelakaan Truk Kontainer vs Truk Pengangkut Gabah di Sidrap
SULSELSATU.com – Kecelakaan antara truk kontainer dan truk pengangkut gabah terjadi di Kanyuara, Sidrap, pada Sabtu (4/5/2024). Hingga saat ini,...