Logo Sulselsatu

Kanwil Kemenkumham Sulsel Persiapkan Lapas Makassar Ikuti Akreditasi Klinik Pratama

Asrul
Asrul

Sabtu, 04 Mei 2024 20:41

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, MAKASSARKanwil Kemenkumham Sulsel melalui sub Bidang Pelayanan Tahanan, Kesehatan, Rehabilitasi Divisi Pemasyarakatan lakukan monitoring persiapan akreditasi klinik pada Lapas Kelas I Makassar, Jumat (3/5/2024).

Kepala Bidang Yantah, Kesrehab, Badan, Baran dan Keamanan, Surianto selaku ketua tim didampingi JFT Perawat, A. Hafsawati dan JFU, Imam Fatchurozi tinjau langsung seluruh layanan kesehatan yang telah tersedia pada Lapas mulai dari ruang pendaftaran melalui rekam medik elektronik serta ruang tindakan umum dan gigi, pengecekan ruang dokter, obat, rawat inap dan ruang isolasi.

Surianto dalam kesempatan ini mengingatkan kepada Sub Bidang Perawatan Lapas Makassar untuk segera menginventerisasi ruangan dan barang yang ada dan memprioritaskan sarana dan prasarana yang harus dipenuhi agar Klinik Lapas Makassar dapat mengikuti akreditasi Klinik Pratama.

Baca Juga : Kakanwil Kemenkumham Sulsel Tekankan Pentingnya Kerjasama dalam Sebuah Organisasi

“Tentunya dengan akreditasi Sebagai Klinik Pratama, Maka secara tidak langsung akan meningkatkan layanan keperawatan bagi Warga Binaan di Klinik Lapas Makassar,” ujar Surianto

Sebagaimana diketahui Akreditasi klinik pratama adalah bentuk pengakuan bahwa klinik tersebut telah memenuhi standar pelayanan dan keselamatan pasien yang ditetapkan oleh otoritas kesehatan. Akreditasi ini mencakup berbagai aspek, termasuk administrasi, manajemen, dan aspek klinis

Lebih lanjut beliau meminta untuk dilakukan Koordinasi dengan Dinas kesehatan Untuk Pelaksanaan akreditasi tersebut.

Baca Juga : Biro SDM Setjen dan Kanwil Kemenkumham Sulsel Gelar Pemantauan Kinerja dan Sosialsiasi e-Kinerja

Berdasarkan Permenkes No. 27 Tahun 2019 tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 46 Tahun 2015 Tentang Akreditasi Puskesmas, Klinik Pratama, Tempat Praktik Mandiri Dokter, dan Tempat Praktik Mandiri Dokter Gigi. diperbarui menjadi Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 34 Tahun 2022 tentang Akreditasi Pusat Kesehatan Masyarakat, Klinik, Laboratorium Kesehatan, Unit Transfusi Darah, Tempat Praktik Mandiri Dokter, dan Tempat Praktik Mandiri Dokter Gigi merupakan Mekanisme ataupun Regulasi yang dijadikan pedoman untuk Akreditasi Klinik Pratama untuk memenuhi standar pelayanan kesehatan dan tingkah kualitas pelayanan bagi warga pemasyarakatan Lapas.

Terakhir Surianto berpesan agar Pengeluaran WBP baik sakit ataupun korvey harus sesuai SOP ataupun pengeluaran lainnya dan berikan pelayanan yang terbaik.

Kabid Pembinaan Lapas Kelas I, Kasi Perawatan dan Tim medis Makassar mengucapkan terimakasih Atas monitoring terkait Akreditasi Klinik Lapas yang dilakukan oleh Tim Kanwil Kemenkumham Sulsel. Ini dilakukan Untuk Peningkatan mutu pelayanan kesehatan Warga Binaan di Lapas Makassar.

Baca Juga : Kanwil Kemenkumham Sulsel Pantau Penyerahan Paspor Calon Jemaah Haji

Terpisah Kakanwil Liberti Sitinjak menginginkan agar seluruh Klinik Lapas dan Rutan yang ada di Sulsel menyiapkan diri Untuk mendapatkan akreditasi Pratama guna pemberian layanan kesehatan Terbaik bagi Warga Binaan.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video18 Mei 2024 18:02
VIDEO: Suami Fenny Frans Selingkuh dengan Pembantu Tua, Videonya Viral
SULSELSATU.com – Media sosial dihebohkan dengan kasus perselingkuhan yang terjadi di Kota Makassar. Kasus perselingkuhan menimpa owner skincare ...
Bisnis18 Mei 2024 17:17
FIFGROUP Siapkan Hadiah 250 Gram Emas Bagi Konsumen Pembeli Sepeda Motor Honda
Astra Motor Sulawesi Selatan (Asmo Sulsel) menggelar program Panen Emas Honda dengan total hadiah 250 gram emas....
Sulsel18 Mei 2024 16:30
Dirjen Bimas Hindu Buka Musda Peradah Sulsel: Pemuda Hindu Harus Jadi Pencerah Masyarakat
Dewan Pimpinan Provinsi Perhimpunan Pemuda Hindu (DPP Peradah) Indonesia Sulsel menggelar kegiatan Lokasabha (Musyawarah Daerah) XII dan Seminar Kepem...
Makassar18 Mei 2024 16:06
Baznas RI Nobatkan Danny Pomanto Jadi Duta Zakat Indonesia
Wali Kota Makassar Moh. Ramdhan Pomanto dinobatkan sebagai Duta Zakat Indonesia....