Logo Sulselsatu

Juarai MotoGP Ceko, Marquez Tak Beri Kesempatan Lawan Mendekat

Asrul
Asrul

Senin, 05 Agustus 2019 00:15

Rider Repsol Honda Marc Marquez. (Int)
Rider Repsol Honda Marc Marquez. (Int)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pebalap Repsol Honda Marc Marquez berhasil menjuarai MotoGP Ceko di Sirkuit Brno 2019, Minggu (4/8/2019).

Sepanjang lap, pebalap berkebangsaan Spanyol ini tanpa memberi kesempatan lawan-lawannya untuk mendekat. Sejak di garis start, Marquez tak pernah digantikan di posisi satu hingga finish.

Posisi ini dalam perjalanannya tak berubah hingga balapan tuntas. Sementara di perebutan posisi tiga, Rins yang sempat menguasai sejak putaran ketiga kehilangan podium setelah disalip Jack Miller di lap ke-19.

Baca Juga : Marquez Menangi MotoGP San Marino 2019

Sementara itu balapan buruk dijalani Maverick Vinales, yang sebelumnya juara di Belanda dan jadi runner-up di Jerman. Rider Monster Energy Yamaha ini harus puas finis di posisi 10, setelah sempat tercecer ke posisi 15.

Tiga pebalap gagal finis di seri ini: Hafizh Syahrin, Franco Morbidelli, dan Joan Mir.

Marc Marquez mempertahankan posisi terdepan selepas start, dengan Andrea Dovizioso melesat ke posisi dua. Jack Miller, Alex Rins, Pol Espargaro, dan Valentino Rossi di posisi 3-6.

Baca Juga : Marquez dan Rins Ribut Jelang MotoGP Ceko

Joan Mir dan Franco Morbidelli sudah terjatuh sebelum putaran pertama tuntas. Sementara Maverick Vinales tercecer di urutan 15.

Memasuki putaran ketiga, empat pebalap terdepan yakni Marquez, Dovizioso, Miller, dan Rins memecah dari kerumunan pebalap di belakang. Rins pada prosesnya berhasil menyalip Miller untuk posisi tiga, sementara Cal Crutchlow melewati Danilo Petrucci dan merebut posisi tujuh.

Rossi berhasil melewati Pol Espargaro di putaran kelima. Langkahnya diikuti Crutchlow tak lama berselang. Quartararo ada di urutan delapan, disusul Petrucci dan Takaaki Nakagami.

Baca Juga : Marquez Diramal Jadi Kampiun MotoGP 2019

Di putaran kedelapan, Crutchlow merebut posisi lima dari Rossi di tikungan ketiga. Sementara Marquez masih memimpin dengan tangguh, disusul Dovizioso, Rins, dan Miller.

Marquez terus membuka jarak dengan Dovizioso, unggul hingga 0,7 di putaran ke-12. Tapi kemudian pebalap Repsol Honda itu nyaris terjatuh di tikungan sembilan!

Nyaris jatuh tak membuat Marquez mengendurkan lajunya. Ia terus tancap gas hingga unggul 2,2 detik atas Dovizioso di putaran ke-14. Kecuali terjadi insiden, sulit buat Marquez untuk tak memenangi seri ini.

Baca Juga : Live Streaming MotoGP Catalunya

Lima putaran tersisa, Marquez memimpin atas Dovizioso, Rins, Miller, dan Crutchlow. Rossi di urutan enam, diikuti Quartararo, Petrucci, Pol Espargaro, dan Nakagami. Vinales masih di posisi 12.

Posisi tak mengalami perubahan hingga memasuki putaran 18. Rins membuat kesalahan yang membuatnya ditempel oleh Miller. Di putaran berikutnya, Miller mencoba menyalip tapi kemudian melebar, sehingga kembali dilewati Rins.

Miller akhirnya benar-benar menyalip Rins tak lama kemudian dan membuka jarak cukup untuk mengamankan posisi. Marquez tak melakukan kesalahan sampai melintasi gairs finis, disusul Dovizioso.

Miller melengkapi podium. Rins, Crutchlow, Rossi, dan Quartararo di posisi 4-7. Petrucci, Nakagami, dan Vinales ada di 10 besar.

Editor: Hendra Wijaya

 

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video28 Maret 2024 23:58
VIDEO: Banjir di Sejumlah Titik di Kota Palopo
SULSELSATU.com – Situasi banjir di beberapa titik di Kota Palopo, Sulawesi Selatan, Kamis (28/3/2024). Dalam video tampak sejumlah ruas jalan te...
OPD28 Maret 2024 23:38
Berkah Ramadan, Tenaga Kontrak Dinkes Makassar Bagi-bagi Takjil Buka Puasa untuk Pengendara
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Tenaga Kontrak Dinas Kesehatan Kota Makassar (Laskar Pelangi) membagikan takjil berbuka puasa kepada pengguna jalan y...
Bisnis28 Maret 2024 23:05
Showroom Kalla Kars Tetap Buka di Hari Libur Nasional
Showroom dan bengkel resmi Kalla Kars tetap buka di hari libur nasional yang jatuh pada 29 Maret 2024 besok....
Teknologi28 Maret 2024 23:03
XL Axiata Tingkatkan Kualitas Layanan di Sulawesi dengan Jaringan Backbone Gorontalo – Palu
PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) meresmikan jaringan backbone fiber optic jalur Gorontalo – Palu untuk melayani lonjakan trafik layanan seluler di selur...