Pemkab Wajo Gelar Apel Besar Hari Pramuka ke-58

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Wajo menggelar apel besar Hari Pramuka ke-58 di Lapangan Merdeka Sengkang, Selasa 20 Agustus 2019.

Diawal acara diberikan sambutan selamat datang dari Kwartir Cabang Pramuka Kabupaten Wajo dalam hal ini Drs. Jasman Juanda kepada Bupati Wajo Dr. H. Amran Mahmud, S.Sos., M.Si . Acara kemudian dilanjutkan dengan tarian kolosal dari penggalang dan tingkat siaga.

Dalam pementasan tari kolosal ini Bupati dan Wakil Bupati Wajo secara spontan turun langsung menemani peserta tarian kolosal untuk bersama sama turut serta dalam tarian kolosal ini, sungguh suatu pemandangan yang membuat cair dan membuat para penonton untuk memberikan tepukan meriah.

Kemudian disusul juga dari Forkopimda yang hadir dan Ibu Ketua dan Wakil Ketua Tim Penggerak PKK serta Ketua Dharmawanita persatuan juga turut ambil bagian dalam tarian kolosal pada hari ini.

Acara kemudian berlanjut dengan bongkar pasang senjata dari anak anak pramuka dibawah pengawasan dan pelatihan dari Kodim 1406 Wajo.

Laporan dari Ketua Gerakan Kwartir Cabang Pramuka Kabupaten Wajo oleh Drs. Jasman Juanda sebagai rangkaian acara berikutnya dimana dalam laporannya diungkapkan beberapa hal diantaranya menyampaikan Organisasi terstruktur dari tingkat Gugus depan hingga tingkat cabang, hingga saat ini Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Wajo memiliki 14 Kwartir Ranting dengan jumlah gugusdepan sebanyak 1054 dengan kompossi peserta didik, pembina dan pelatih pembina sebagai berikut :

1. Golongan Siaga
Yaitu Peserta didik yang berusia antara 7 – 10 tahun sebanyak 8.000 orang
2. Golongan Penggalang
Yaitu Peserta didik yang berusia antara 11 – 15 tahun sebanyak 12.200 orang
3. Golongan Penegak/Pandega
Yaitu Peserta didik yang berusia antara 16 – 25 tahun sebanyak 1107 orang
4. Pembina Pramuka
Yaitu Orang Dewasa yang mengbdikan dirinya dalam proses pembinaan peserta didk sebanyak 1012 orang
5. Pelatih Pembina Pramuka
Yaitu Orang Dewasa yang mengbdikan dirinya dalam proses pembinaan Pembina Pramuka sebanyak 25 orang

Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Wajo disamping aktif melaksanakan kegiatan kegiatan pembinaan kepramukaan dalam wilayah kerja Kwarcab Wajo, juga aktif berpartisipasi dalam berbagai kegiatan dan dilanjutkan dengan curhatan terkait hal hal yang masih membutuhkan perhatian diantaranya.

Belum adanya Bumi Perkemahan yang representatif yang dikelola oleh Kwartir Cabang untuk menunjang pelaksanaan kegiatan di alam terbuka.

Belum optimalnya pelayanan administrasi kepramukaan yang diakibatkan kurang representatifnya Sekretariat Kwartir Cabang Wajo (saat ini masih menggunakan gedung pinjaman dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dengan kondisi gedung yang sangat menprihatinkan) dan belum didukung oleh fungsi staf yang memadai.

Belum tersedianya kendaraan operasional kegiatan terutama untuk mejangkau gugsdepan – gugusdepan yang berlokasi di pelosok pedesaan dan mobilisasi peralatan perkemahan.

Rangkaian acara berikutnya menyanyikan lagu nasioanl Indonesia Raya, mengheningkan cipta, pembacaan Pancasila, dan selanjutnya dari anak anak pramuka membacakan UUD 1945 , Dasa Dharma Pramuka serta Dwi Dharma Pramuka.

Dalam sambutan Bupati Wajo Dr. H. Amran Mahmud, S.Sos., M.Si menyampaikan bahwa tentu segenap anggota Gerakan Pramuka Indonesia bersuka cita, karena organisasi saat ini genap berusia 58 Tahun. Sekalipun sesungguhnya, Gerakan Kepanduan di Indonesia berusia jauh lebih tua dari
Gerakan Pramuka, tetapi peringatan Hari Pramuka adalah wujud dari rasa syukur kita kepada Allah Tuhan Yang Maha Esa atas nikmat dan berkah persatuan dalam satu wadah tunggal.

“Tema ini hadir di tengah-tengah keprihatinan banyaknya permasalahan kekinian yang mengancam keutuhan dan keberlangsungan negara dan bangsa Indonesia. Untuk itu, dalam rangka Hari Pramuka agar kiranya Kakak-kakak dan Adik-adik dapat diperhatikan 6 hal diantaranya,” ungkap Dr. H. Amran Mahmud, S.Sos., M.Si.

Selanjutnya diuraikan 6 hal yang dimaksudkan diantaranya. :
1. Merebaknya Korupsi, Kolusi dan Nepotisme, terpaparnya Radikalisme dan Terorisme, serta maraknya Penyalahgunaan Narkoba merupakan tiga kejahatan yang menjadi tantangan terbesar bangsa Indonesia saat ini. Oleh karena itu pada kesempatan ini,mengajak segenap pengurus kwartir, para pelatih dan pembina, serta semua anggota Pramuka senantiasa menjadi pioneer dalam menanamkan nilai-nilai anti kejahatan luar biasa (extra ordinary crimes).

2. Globalisasi selain mempunyai aspek positif, tetapi tidak sedikit menimbulkan dampak negatif. Dengan globalisasi dunia seakan tanpa batas (borderless), begitu pula lalu lintas orang dan barang dapat berpindah dengan mudah. Sepintas lalu dengan globalisasi memudahkan pemenuhan berbagai kebutuhan dasar manusia, termasuk kebutuhan pangan. Namun pada sisi lain, .

3. Kerusakan dan pencemaran lingkungan
merupakan kelalaian dari semuanya akan pentingnya memikirkan warisan yang akan diberikan kepada generasi penerus pada masa mendatang. Mencintai alam merupakan wujud dari rasa kasih sayang setiap anggota Pramuka bagi diri sendiri dan bagi generasi penerusnya. Oleh karena itu, pada tataran soft skill, Kwartir Nasional mengembangkan suatu sikap hidup dan standar berperilaku baru, yang diharapkan dapat membudaya, mengakar dan terinternalisasi secara mendalam dalam lubuk hati setiap anggota Gerakan Pramuka.

4. Kegagalan umat manusia memelihara kelestarian lingkungannya, sama artinya undangan terbuka bagi timbulnya berbagai bencana, seperti: banjir, longsor, kebakaran hutan dan lahan. Penanggulangan bencana yang tidak terorganisir dengan baik,
menurunkan kepercayaan masyarakat kepada pemerintah, tentang kemampuannya menjalankan perintah aktif Konstitusi “melindungi segenap bangsa Indonesia
dan seluruh tumpah darah Indonesia”. Keutuhan NKRI tidak boleh dipertaruhkan, dengan alasan apapun. Oleh karena itu, memberikan respons.yang tepat terhadap bencana menjadi kewajiban dan tanggung jawab setiap orang.

5. Keprihatinan tentang belum terstandarnya seragam Pramuka, baik warna, desain, atribut dan tata cara penggunaannya, menunjukkan kurangnya perhatian selama ini tentang kesadaran arti penting persatuan dan kesatuan. Gerakan Pramuka akan Siap Sedia Membangun Keutuhan NKRI, jika kesadaran akan persatuan menjadi hal yang utama. Untuk itu, peninjauan dan pembaruan seragam Pramuka menjadi prioritas Kwartir Nasional dalam upaya menjadikan seragam mempunyai ciri kesamaan, mulai dari Sabang sampai Merauke dan dari Miangas sampai Pulau Rote, mulai dari Pembina sampai dengan anggota Pramuka Siaga, serta mulai dari Kwartir Nasional hingga Gugus Depan.

6. Kegiatan Gerakan Pramuka merupakan bagian dari sistem pendidikan nasional, sehingga penyelarasannya dengan jenjang pendidikan formal dan pendidikan non formal lainnya menjadi sangat penting. Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), yang kini merupakan bagan dari program wajib belajar, belum sepenuhnya terakomodir dalam penjenjangan Gerakan Pramuka.

“Gerakan Pramuka terkotak-kotak dalam
kelompok-kelompok berdasarkan afiliasi politik. Gerakan Pramuka adalah wadah tunggal, dan karenanya kita semua bersatu didalamnya. Gerakan Pramuka Siap Sedia Membangun Keutuhan NKRI, dimana anggota Pramuka harus menepati janjinya Trisatya yaitu kesetiaan yang harus dimiliki para anggota Pramuka,” jelas Dr. H. Amran Mahmud, S.Sos., M Si.

Selanjutnya dikatakan bahwa Dasa darma merupakan sepuluh kebijakan yang harus menjadi pedoman bagi pramuka dalam bertingkah laku keseharian, sehingga dengan Trisatya dan Dasadarma tersebut anggota Pramuka Siap Menjaga Keutuhan NKRI melalui implementasi kehidupannya sehari-hari.
Dirgahayu Gerakan Pramuka.

Diakhir acara pemberian penganugrahan penghargaan tanda pramuka diantaranya piagam Pancawarsa 1 s.d 9 kepada mereka yang berprestasi yang ada di Kabupaten Wajo, dimana Bupati didampingi Wakil Bupati Wajo serta Porkopimda menyerahkan piagam penghargaan ini.

Juga terkait hal hal yang membutuhkan perhatian yang disampaikan diawal sambutan oleh Drs. Jasman Juanda langsung diaminkan oleh Bupati Wajo dan ini disambut tepukan dari peserta upacara dan dari kalangan Pramuka Kabupaten Wajo. (rls)

Editor: Hendra Wijaya

 

...
Sulselsatu

Sri Wulansari CPNS Asal Jeneponto Pecahkan Rekor

SULSELSATU.com, JENEPONTO -  Sri Wulansari, Guru Honorer Mata Pelajaran Matematika di SMK Negeri  4 Jeneponto sukses pecahkan rekor nilai TIU Tes CAT Seleksi CPNS...
Sulselsatu

Oknum ASN di Jeneponto Dilaporkan ke Polisi Atas Kasus Penipuan

SULSELSATU.com, JENEPONTO - Oknum Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pemkab Jeneponto berinisial H resmi dilaporkan ke Polres Jeneponto atas kasus dugaan penipuan dan penggelapan. Pelapor bernama...
Sulselsatu

Ini 10 Menteri Terbaik Jokowi Versi Indo Barometer, Ada Nama SYL

SULSELSATU.com, JAKARTA - Nama Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo masuk nominasi memiliki kinerja baik selama 100 hari pemerintahan presiden dan wakil presiden Joko Widodo-KH...
Sulselsatu

Hari Ketiga, Dokter Asal Buton Raih Nilai Tertinggi Tes CPNS di Parepare

SULSELSATU.com, PAREPARE - Arsan Rusli, dokter asal Buton, Sulawesi Tenggara, tercatat sebagai peraih nilai tertinggi pada hari ketiga seleksi kompetensi dasar (SKD) penerimaan CPNS...
Sulselsatu

Video Pelajar SMK Diduga Mesum Beredar di Parepare, Ini Kata Pihak Sekolah

SULSELSATU.com, PAREPARE - Sebuah video pelajar yang diduga mesum beredar dan viral di media sosial. Video berdurasi duabelas detik ini direkam dalam kelas, dimana...
Sulselsatu

Pelantikan Pejabat Eselon II Pemprov Sulsel Ditunda

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Pelantikan pejabat eselon II Hasil Lelang Jabatan pimpinan tinggi (JPT) pratama lingkup Pemprov Sulsel batal dari jadwal yang ditetapkan sebelumnya. Dimana sebelumnya,...
Sulselsatu

Ibu Asal Kolaka Ini Gagal Ikut Tes CPNS di Sinjai, Ini Masalahnya

SULSELSATU.com, SINJAI - Hari pertama pelaksanaan ujian Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kabupaten Sinjai digelar di Aula Kantor Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia...
Sulselsatuvideo

VIDEO: Ibu Asal Kolaka Ini Gagal Ikut Tes CPNS di Sinjai, Ini Masalahnya

SULSELSATU.com, SINJAI – Hari pertama pelaksanaan ujian Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kabupaten Sinjai digelar di Aula Kantor Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia Aparatur...
Sulselsatu

GALERI FOTO: Rehabilitasi Makam Sultan Hasanuddin

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Pekerja menyelesaikan rehabilitasi di kompleks makam Sultan Hasanuddin, Jalan Pallantikang, Somba Opu, Kabupaten Gowa, Jumat (19/10/2018). Kementerian Sosial Republik Indonesia merehabilitasi kompleks...

Baca Juga

Sulselsatu

Mendikbud Bakal Beri Mahasiswa Magang Rp1,2 Juta per Bulan

SULSELSATU.com, JAKARTA - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan dan Pendidikan Tinggi berencana membekali mahasiswa magang dengan uang Rp1,2 juta. Kebijakan ini merupakan realisasi dari program Kampus...
Sulselsatu

UIN Alauddin Makassar Gelar Sosialisasi Audit Kinerja

SULSELSATU.com, GOWA - Dalam rangka meningkatkan mutu pelayanan, UIN Alauddin Makassar menggelar sosialsiasi audit kinerja dengan menghadirkan auditor dari Inspektorat Jenderal Kementrian Agama (Itjen...
Sulselsatu

Penghijauan Pantai, Wakapolda Sulsel Tanam Bakau di Hutan Mangrove Sinjai

SULSELSATU.com, SINJAI - Wakapolda Sulsel Brigjen Pol Halim Pagarra melakukan penanaman pohon bakau di Hutan Mangrove Tongke-Tongke Sinjai. Penanaman pohon ini dalam rangka dilakukan serentak...
Sulselsatu

Awal Maret, Golkar Gelar Jago 4 di Makassar

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Jalan santai Partai Golkar (Jago) 4 bakal digelar kembali di Kota Makassar, penanggung jawabnya adalah DPD II Partai Golkar Makassar. Ketua DPD...

TERKINI

Sulselsatu

Kolaborasi Pemkot Makassar dan Pemprov Gorontalo Promosikan Destinasi Wisata Sulsel

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Pemerintah Kota Makassar memberikan apresiasinya kepada Pemerintah Provinsi...
Sulselsatuvideo

VIDEO: Pelajar di Blitar ‘Kendalikan’ Angin dan Hujan Bak Avatar

SULSELSATU.com - Seorang siswa bermain di tengah derasnya hujan layaknya tokoh...
Sulselsatu

Iqbal Ancam Pidanakan Pelanggar Tes SKD CPNS Pemkot Makassar

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Pemerintah Kota Makassar menggelar ujian Seleksi Kompetensi Dasar...
Sulselsatuvideo

VIDEO: Jokowi Tinjau Pembangunan Tol Pertama di Aceh

SULSELSATU.com -Presiden Joko Widodo meninjau pembangunan jalan tol Banda Aceh -...
Sulselsatu

Jelajah Sulawesi, Gubernur Gorontalo Kunjungi Kota Parepare

SULSELSATU.com, PAREPARE - Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie, bersama rombongan dari komunitas...
Sulselsatu

Baznas Sinjai Salurkan Bantuan kepada Korban Angin Kencang di Pulau Sembilan

SULSELSATU.com, SINJAI - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Sinjai dalam...
Sulselsatuvideo

VIDEO: KPK Diteror, Novel Baswedan Minta Presiden Bentuk TGPF

SULSELSATU.com - Penyidik senior KPK Novel Baswedan meminta pemerintah segera mengungkap pelaku teror kepada pimpinan KPK. Video Editor: Andi Hermanto Editor: Kink Kusuma Rein