Logo Sulselsatu

Blangko e-KTP Terbatas, Suket Jadi Pengganti Sementara

Asrul
Asrul

Sabtu, 07 September 2019 14:23

Kepala Disdukcapil Kota Makassar, Aryati Puspasari Abady (Sulselsatu/Asrhawi Muin)
Kepala Disdukcapil Kota Makassar, Aryati Puspasari Abady (Sulselsatu/Asrhawi Muin)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Makassar, Aryati Puspasari Abady, menyebutkan bahwa stok blangko e-KTP hingga kini masih terbatas.

Hal itu disebabkan jumlah ketersediaan blangko di pemerintah pusat juga terbatas sehingga tidak cukup untuk dibagi ke seluruh wilayah Indonesia.

“Khusus E-KTP kita sudah tahu ada edaran dari Ditjen Capil per tanggal 6 Agustus kemarin. Memang di situ disampaikan bahwa ketersediaan blangko untuk KTP memang sudah sangat sangat terbatas bahkan sudah hampir habis,” ujar Puspa, sapaannya, Sabtu (7/9/2019).

Baca Juga : Selama Pandemi Covid-19, Dukcapil Makassar Telah Cetak 50 Ribu KTP

Dia menjelaskan, untuk sementara pihaknya menggantikan E-KTP dengan surat keterangan (suket). Sebab, suket juga diakui oleh undang-undang sehingga masyarakat bisa menggunakan suket sebagai pengganti E-KTP untuk sementara.

Adapun untuk blangko yang masih tersedia, akan diprioritaskan bagi warga yang hendak mendaftar sebagai anggota TNI, Polri, atau yang hendak keluar negeri.

“Kalau itu juga masih ada kita berikan bagi masyarakat yang memang baru pertama punya E-KTP. Selain itu mohon maaf kita terpaksa harus memperpanjang suketnya kalau dia pegang suket,” ucap dia.

Baca Juga : WFH Diperpanjang, Dukcapil Tetap Bukan Pelayanan

Puspa menjelaskan, kekuatan suket dan E-KTP sebenarnya sama. Hanya saja masyarakat terkadang ogah untuk memilikinya dikarenakan ukurannya yang besar.

“Tetapi kalau untuk kekuatannya sama. Diterima oleh layanan publik karena di dalam suket itu juga sudah ada barcode yang keluar sebagai identitas dari pemegang suket,” tandasnya.

Penulis: Asrhawi Muin
Editor: Awang Darmawan

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Bisnis28 Maret 2024 17:39
Pengiriman Barang Lebih Cepat dan Mudah Melalui Layanan Same Day Delivery Cahaya Bone
Cahaya Bone sebagai salah satu lini bisnis Kalla Transport & Logistcs (Translog) senantiasa memberikan layanan terbaik kepada masyarakat....
Ramadan28 Maret 2024 16:22
Pegadaian Hadirkan Panggung Emas di Puncak Festival Ramadhan
PT Pegadaian memperingati hari ulang tahun PT Pegadaian yang ke-123 dan memeriahkan bulan Ramadhan 1445 H menghadirkan kegiatan Festival Ramadhan....
Bisnis28 Maret 2024 16:01
Kalla Beton Kembangkan Produk Precast, Produksi Lebih Cepat dan Bentuk Cetakan Lebih Custom
Kalla Beton terus berinovasi untuk memenuhi kebutuhan konstruksi dari mitra atau pelanggan. Salah satu produk yang tengah dikembangkan saat ini adalah...
Aneka28 Maret 2024 13:55
Pertama di Indonesia, Pj Gubernur Sulsel Inisiasi Gerakan Sedekah Pohon
SULSELSATU.com, BONE – Penjabat Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, kembali mencetak sejarah dengan melakukan gerakan sedekah pohon untuk masya...