Logo Sulselsatu

Cuaca Panas, Dinkes Makassar Imbau Warga Waspadai ISPA

Asrul
Asrul

Selasa, 17 September 2019 13:56

Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar, Naisyah Tun Azikin (Asrhawi Muin)
Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar, Naisyah Tun Azikin (Asrhawi Muin)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar Naisyah Tun Azikin mengimbau masyarakat untuk tetap menjaga kondisi kesehatan di puncak musim kemarau ini.

Pasalnya, cuaca yang panas bisa menimbulkan dampak berupa penyakit. Salah satu penyakit yang rentan menyerang manusia saat musim kemarau adalah Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) dan diare.

ISPA karena kan debu di mana-mana. Itu yang paling banyak muncul di saat seperti ini. Diare juga bisa saja karena kekurangan air. Kalau air yang bersih tidak tersedia akhirnya menggunakan air yang tidak sesuai,” kata Naisyah kepada Sulselsatu di Hotel Claro, Selasa (17/9/2019).

Baca Juga : Dinkes Makassar Sidak Takjil di Pasaran: Tidak Ada Kandungan Berbahaya

Maka dari itu, dia mengimbau kepada masyarakat agar mengenakan masker saat hendak bepergian keluar rumah untuk menghindari debu.

Selain itu, masyarakat juga sebaiknya perbanyak mengonsumsi air putih untuk mencegah dehidrasi serta sayur dan buah untuk memperbaiki daya tahan tubuh.

“Karena kan banyak yang kumat asmanya karena alergi debu, infeksi batuk, pilek. Obat yang terbaik adalah memperbaiki daya tahan tubuh mengonsumsi buah dan sayur,” katanya.

Baca Juga : BPBD Makassar Pastikan Puskesmas Jadi Prioritas Penyaluran Air Bersih

Penulis: Asrhawi Muin
Editor: Awang Darmawan

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Bisnis28 Maret 2024 17:39
Pengiriman Barang Lebih Cepat dan Mudah Melalui Layanan Same Day Delivery Cahaya Bone
Cahaya Bone sebagai salah satu lini bisnis Kalla Transport & Logistcs (Translog) senantiasa memberikan layanan terbaik kepada masyarakat....
Ramadan28 Maret 2024 16:22
Pegadaian Hadirkan Panggung Emas di Puncak Festival Ramadhan
PT Pegadaian memperingati hari ulang tahun PT Pegadaian yang ke-123 dan memeriahkan bulan Ramadhan 1445 H menghadirkan kegiatan Festival Ramadhan....
Bisnis28 Maret 2024 16:01
Kalla Beton Kembangkan Produk Precast, Produksi Lebih Cepat dan Bentuk Cetakan Lebih Custom
Kalla Beton terus berinovasi untuk memenuhi kebutuhan konstruksi dari mitra atau pelanggan. Salah satu produk yang tengah dikembangkan saat ini adalah...
Aneka28 Maret 2024 13:55
Pertama di Indonesia, Pj Gubernur Sulsel Inisiasi Gerakan Sedekah Pohon
SULSELSATU.com, BONE – Penjabat Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, kembali mencetak sejarah dengan melakukan gerakan sedekah pohon untuk masya...