Logo Sulselsatu

Sekda Makassar Andalkan Puskesmas Makkasau Lolos Akreditasi

Asrul
Asrul

Kamis, 19 September 2019 14:38

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Sekda Kota Makassar Muhammad Ansar menaruh harapan besar terhadap Puskesmas Makassau agar lolos akreditasi.

Ansar mengatakan, kriteria penilaian akreditasi ini dilakukan sangat ketat. Bahkan menurutnya jika petugas survei turun dan tidak menemukan petugas Puskesmas berada di tempat maka mereka langsung meninggalkan lokasi yang disurvei. Meski demikian, Ansar yakin Puskesmas Makkasau bisa lolos akreditasi.

Baca Juga : VIDEO: Pemkot Makassar Lantik 13 Pejabat Esolon III dan IV

Hal tersebut disampaikannya usai membuka survei akreditasi Puskesmas di Puskesmas Makkasau, Kompleks PDAM Makassar, Kamis (19/9/2019).

“Harapan kita memang, Puskesmas Makassau ini salah satu andalan kita yang bisa mendapatkan akreditasi,” kata Ansar.

Dalam kegiatan itu, sebanyak tiga surveyor dari Kementerian Kesehatan secara bersamaan melakukan survei selama tiga hari di tiga Puskesmas di Makassar.

Baca Juga : Lantik 13 Pejabat Jelang Pilwali, Pemkot Abaikan Surat Edaran Bawaslu

Diketahui, ada tiga tingkatan akreditasi penilaian. Pertama akreditasi tingkat dasar, ke dua tingkat madya, dan ke tiga tingkat utama.

Ansar mengatakan, selama ini peningkatan derajat kesehatan dengan berbagai upaya telah dilakukan, mulai upaya pelayanan dasar sebagai langkah awal secara tepat dan tepat agar sebagian besar masalah kesehatan masyarakat dapat diatasi.

Pemerintah Kota Makassar sendiri telah memprioritaskan akses kesehatan yang merata, memprioritaskan peningkatan jangkauan dan kualitas pelayanan pada masyarakat dan menyediakan ruang seluas-luasnya kepada masyarakat berpartisipasi dalam pembangunan di bidang kesehatan.

Baca Juga : Sekkot Makassar: Inovasi Tepat Guna Harus Murah

Selain itu, kata Ansar, dalam upaya optimalisasi peningkatan mutu dan kinerja pelayanan kesehatan sesuai Permenkes RI No. 75 tahun 2014 tentang Pusat Kesehatan Masyarakat dan Permenkes Nomor 46 Tahun 2015 tentang Akreditasi Puskesmas, Klinik Pratama, Tempat Praktik Mandiri Dokter, dan Tempat Praktik Mandiri Dokter Gigi, maka sejak tahun 2016 -2018 telah dilakukan survei akreditasi sebanyak 41 Puskesmas dengan hasil 19 Puskesmas terakreditasi dasar, 17 madya dan 5 utama.

“Pada tahun 2019 ini, akan dilakukan survei akreditasi perdana untuk 5 Puskesmas dan 21 Puskesmas (4 diantaranya sudah disurvei dengan hasil 3 terakreditasi utama dan 1 terakrediatasi madya) dan pada hari ini sampai tanggal 22 September 2019 Puskesmas Makkasau akan disurvei,” kata Ansar.

Penulis: Asrhawi Muin
Editor: Awang Darmawan

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video18 Mei 2024 22:20
VIDEO: Anak Hilang Misterius Dijembatan Merah Makassar Ditemukan Meninggal Dunia di TPA Antang
SULSELSATU.com – Media sosial dihebohkan dengan anak hilang di jembatan merah, Makassar, Sulawesi Selatan. Anak tersebut berhasil ditemukan dala...
Kesehatan18 Mei 2024 21:35
Kupas Tuntas Penyakit Lupus, Waspada Autoimun
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Penyakit Lupus atau umum dikenal Systemic Lupus Erythematosus merupakan penyakit reumatik autoimun yang menyerang be...
Video18 Mei 2024 20:37
VIDEO: Trafo Terbakar Depan Masjid Al-Khaeriyah Palopo
SULSELSATU.com – Sebuah trafo tiang listrik terbakar di depan Masjid Al-Khaeriyah, Wecudai, Palopo tiba-tiba meledak. Kejadian tersebut terjadi ...
Makassar18 Mei 2024 19:19
Kepala Humas UNM Edukasi Warga Tentang Perda Perlindungan Guru Sebagai Profesi Mulia
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Akademisi Universitas Negeri Makassar (UNM), Dr. Burhanuddin menjadi narasumber dalam sosialisasi penyebarluasan pera...