Logo Sulselsatu

Protes Kebijakan Pemerintah, Mahasiswa Unismuh Siapkan Aksi Besar-besaran

Asrul
Asrul

Sabtu, 21 September 2019 10:58

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Sejumlah kebijakan yang dikeluarkan pemerintah akhir-akhir ini dinilai tidak berpihak pada kepentingan rakyat dan bertentangan dengan nurani publik. Hal itu membuat mahasiswa terpanggil kembali turun ke jalan.

Hal itu ditegaskan Ketua Koordinator Komisariat Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Indra Darius Kala di Kampus Unismuh Makassar, Sabtu (21/09/2019).

Indra menyampaikan ultimatum kepada pemerintah, jika tuntutan mereka tak kunjung dipenuhi, mahasiswa sebagai penyambung lidah rakyat, akan terus menggelar aksi.

Baca Juga : BI Sulsel Bersama Unismuh Kolaborasi Hadirkan Pelatihan Sertifikasi Halal Bagi UMKM

Sehari sebelumnya, massa Aliansi Mahasiswa Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar menyeruduk kantor DPRD Sulsel, di Jalan Urip Sumoharjo. Tindakan itu dilakukan menyoal kebijakan pemerintah yang dinilai sarat kontroversi, dan melecehkan nalar publik.

Aliansi mahasiswa Unismuh terdiri dari Koordinator Komisariat Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Unismuh, Pimpinan Komisariat IMM dan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas se- Unismuh.

Ketua Korkom Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Unismuh Makassar, Indra Darius Kala menuturkan, aksi tersebut merupakan bentuk keprihatinan dan keresahan mahasiswa dalam melihat kondisi bangsa.

Baca Juga : Disbudpar Sulsel-Unismuh Teken MoU KKN Desa Wisata

Pemerintah yang notabenenya harus hadir memberikan solusi dalam setiap masalah, nyatanya malah menambah masalah.

“Dampaknya tentu kepada rakyat itu sendiri,” tuturnya, dalam keterangan tertulis, Sabtu (21/9/2019).

Lebih jauh, Indra yang juga sebagai jenderal lapangan pada aksi itu mengungkapkan, pihaknya telah melakukan pengkajian mendalam terkait beberapa kebijakan bermasalah.

Baca Juga : Prodi Sosiologi Unismuh Siapkan Beasiswa untuk 52 Mahasiswa Baru

Isu dan tuntutan yang diangkat antara lain, menolak RKUHP, menolak kenaikan tarif BPJS, menolak RUU Pertanahan serta kebakaran di TPA Antang yang memprihatinkan dan harus segera ditangani.

“Khusus UU KPK yang baru direvisi, kami akan terus menyuarakan penolakan, dan mendukung kawan-kawan elemen sipil lainnya yang akan melakukan judicial review,” tukasnya.

Indra berharap, beberapa tuntutan yang disampaikan ke DPRD Sulsel agar segera ditindaklanjuti serta pemerintah tidak lagi semena mena dalam mengeluarkan kebijakan.

Baca Juga : Jelang Ramadan, FISIP Unismuh Serahkan Bantuan Untuk Kelompok Masyarakat Rentan

Massa tersebut diterima oleh Amran Aminullah, Andi Irwandi Natsir, Andi Muhammad Irfan AB di ruang aspirasi DPRD Sulsel.

“Kami sangat mengapresiasi aspirasi dari adek-adek mahasiswa. Mengenai beberapa tuntutan, akan kami tindaklanjuti,” pungkas Amran, Anggota Komisi A DPRD Sulsel.

Aksi ini diawali di depan kampus Unismuh Makassar, Jl. Sultan Alauddin. Setelah itu dilanjutkan dengan long march ke kantor DPRD Sulsel, Jl. Urip Sumoharjo. Demonstrasi ini mulai pukul 13.00 hingga 17.30. Mereka membubarkam diri setelah pihak DPRD Sulsel menerima aspirasi mereka, yang ditindaklanjuti dengan pengiriman fax tuntutan ke pemerintah pusat.

Baca Juga : Pelantikan Pincab IMM, Taufan Pawe Minta Sinergi Bangun Parepare

“Sekali lagi kami tegaskan, segenap komponen mahasiswa Unismuh akan selalu berada bersama rakyat. Kami akan terus melawan, jika pemerintah tak kunjung waras,” tegas aktivis IMM ini.

Editor: Awang Darmawan

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Makassar28 Maret 2024 20:39
Dihadapan Menteri PPPA, PJ Sekda Sebut Longwis dan Jagai Anakta Jadi Program Keterlibatan Peran Perempuan
PJ Sekda Kota Makassar Firman Hamid Pagarra menyambut kunjungan kerja Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) RI I Gusti Ayu Binta...
Politik28 Maret 2024 20:20
Cicu Klaim Fatmawati Rusdi Bakal Diusung NasDem Maju Pilwali Makassar
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Partai NasDem menyiapkan satu nama untuk didorong maju Pilwali Makassar 2024. Dia adalah Fatmawati Rusdi. Hal itu diu...
Pendidikan28 Maret 2024 19:47
Kunker dan Safari Ramadan di Bone, Rektor UNM Resmikan Aula Baru Kampus VI Watampone
SULSELSATU.com, BONE – Rektor Universitas Negeri Makassar (UNM), Prof Husain Syam melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke kampus VI UNM Watampone ...
Video28 Maret 2024 18:42
VIDEO: Kebakaran terjadi di Tappalalo Jeneponto
SULSELSATU.com – Kebakaran terjadi di Dusun Tappalalo, Bulusuka, Jeneponto, Kamis (28/3/2024). Satu unit rumah milik warga ludes akibat insiden ...