Logo Sulselsatu

IE-CEPA Bantu Dorong Aktivitas Ekspor di Sulsel

Asrul
Asrul

Jumat, 27 September 2019 08:11

Kepala Dinas Perdagangan Sulsel Hadi Basalamah. (ist)
Kepala Dinas Perdagangan Sulsel Hadi Basalamah. (ist)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Kepala Dinas Perdagangan Sulsel Hadi Basalamah menilai perjanjian kerja sama Indonesia-European Free Trade Association-Comprehensive Economic Partnership Agreement (IE-CEPA) akan mendatangkan lebih banyak dampak positif di Sulsel. Salah satunya yakni aktivitas ekspor.

Hadi mengatakan, keringanan tarif atau nol persen bea masuk ke negara tujuan ekspor bakal berdampak positif bagi aktivitas ekspor di Sulsel. Untuk itu, Pemprov Sulsel bakal memaksimalkan direct eksport atau ekspor terarah.

Direct export sendiri merupakan pengiriman ekspor komoditas langsung melalui pelabuhan Makassar sehingga tidak lagi melalui Surabaya dan Jakarta. Hal ini tentu dinilai lebih efisien karena selain hemat biaya juga membuka peluang bagi para eksportir untuk membuka pasar yang lebih luas.

Baca Juga : VIDEO: Jelang Ramadhan, Dinas Perdagangan Sulsel Jamin Ketersediaan Bahan Pangan

“Kita di Sulsel sudah melakukan direct eksport. Jadi, opportunity market kita sudah bisa sampai ke negara bersangkutan. Jadi, beban biaya logistik dan shipping perdagangan antar daerah itu kita sudah minimalisasi,” tuturnya saat ditemui di sela-sela roadshow IE-CEPA di Hotel The Rinra, Kamis (26/9/2019).

Selain itu, Hadi juga menilai IE-CEPA bakal meningkatkan daya saing para eksportir. Sebab, direct export otomatis akan memangkas jarak dan durasi pengiriman yang secara otomatis juga mengurangi biaya.

“Sebagai contoh, kalau kita mau ke Eropa dan Amerika itu 56 hari. Sekarang kan kita bisa capai cuma 40 hari. Berapa murahnya itu, biaya per container kita 200 dollar. Pengusaha bisa mengirit. Ini kan memotivasi pelaku usaha yang ada di Sulsel untuk memanfaatkan fasilitas ini,” katanya.

Baca Juga : Kemendag Sosialisasikan Hasil IE-CEPA di Sulsel

Secara tidak langsung, IE-CEPA juga bakal berpengaruh dalam meningkatkan aktivitas ekspor di Sulsel. Hadi menyebutkan, pasca diterapkannya direct export maka aktivitas ekspor di Sulsel mengalami lonjakan yang sangat massif. Dalam sebulan saja, Sulsel bisa mengekspor komoditas sebanyak 1.400 kontainer ke negara di Amerika, Eropa, dan Asia seperti Jepang, Cina, dan Korea.

“Kita berharap nanti, sesuai dengan harapan Pak Gubernur, frekuensi-frekuensi inilah yang terus kita akan tingkatkan tidak saja dari Sulsel tapi bagaimana Kawasan Timur Indonesia ini bisa memanfaatkan fasilitas dan kebijakan port yang ada di sini,” pungkasnya.

Sebagai informasi, IE-CEPA merupakan hasil perjanjian dagang Indonesia dengan empat negara yang tergabung dalam European Free Trade Association (EFTA) yaitu Islandia, Liechtenstein, Norwegia, dan Swiss.

Baca Juga : Jelang Idul Adha LPG 3 Kg di Sulsel Langka

Perjanjian ini ditandangani di Jakarta pada 16 Desember 2018. Saat ini, Kemendag tengah gencar melakukan sosialisasi ke seluruh daerah di Indonesia, termasuk di Sulsel.

Penulis: Asrhawi Muin
Editor: Hendra Wijaya

 

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video01 Mei 2024 22:26
VIDEO: Plafon Masjid di Makassar Roboh Usai Salat Ashar
SULSELSATU.com – Plafon Masjid di Jalan Andalas, Kelurahan Melayo, Wajo, Makassar Roboh Kejadian ini terjadi pada Selasa (30/4/2024). Insiden te...
Turatea01 Mei 2024 22:03
Hadiri Peringatan HUT Jeneponto, Pj Ketua TP PKK Sulsel Serahkan Sejumlah Bantuan
SULSELSATU.com, JENEPONTO – Penjabat Ketua Tim Penggerak PKK Sulsel, Sofha Marwah Bahtiar, mendampingj Penjabat Gubernur Bahtiar Baharuddin, men...
OPD01 Mei 2024 21:51
Ketua DPRD Sulsel Terima Langsung Demonstran Dari Serikat Buruh
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Sejumlah organisasi serikat pekerja menggelar aksi turun ke jalan dalam memperingati Hari Buruh Internasional 1 Mei 2...
Ekonomi01 Mei 2024 21:19
Lakukan One on One Meeting, Dirut BRI Sunarso dan CEO Microsoft Bahas Akselerasi Inklusi Keuangan di Indonesia
SULSELSATU.com, JAKARTA – Direktur Utama BRI Sunarso bertemu langsung lakukan one on one meeting dengan CEO Microsoft Satya Nadella di Jakarta Conve...