Logo Sulselsatu

Dua Mahasiswa Universitas Haluolo Tewas, Jokowi Perintahkan Investigasi

Asrul
Asrul

Jumat, 27 September 2019 12:59

Presiden Joko Widodo. (int)
Presiden Joko Widodo. (int)

SULSELSATU.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo memerintahkan investigasi kasus tewasnya dua mahasiswa Universitas Haluoloe saat berunjuk rasa di Gedung DPRD Sulteng pada Kamis (26/9/2019) kemarin.

Dilansir CNNIndonesia, dua mahasiswa yang meninggal dunia dalam unjuk rasa itu adalah Muhammad Yusuf Qardawi dan Himawan Randi. Keduanya berstatus mahasiswa Universitas Haluoleo, Kendari, Sulawesi Tenggara.

“Saya juga sudah sejak awal ulangi ke Kapolri agar jajarannya tidak represif. Saya perintahkan dilakukan investigasi dan jajarannya, karena Kapolri bilang tidak ada apapun dalam demo ini bawa senjata. Jadi, akan ada investigasi lebih lanjut,” ujar Jokowi di Istana Kepresidenan, Jumat (27/9/2019).

Jokowi dalam kesempatan itu juga menyampaikan duka cita kepada keluarga korban Yusuf Qardawi dan Randi. Dia berdoa agar orang tua korban diberikan ketabahan dan keikhlasan atas kepergian anaknya.

“Semoga yang diperjuangkan keduanya jadi kebaikan bangsa ini dan mendapat tempat yang baik. Mulia di sisi-Nya,” ujar Jokowi.

Presiden ditanya kemungkinan polisi tidak mematuhi perintah untuk tidak melakukan tindakan represif terhadap mahasiswa yang berunjuk rasa. Dia bilang, akan menginvestigasi soal ini.

“Ini kan menyangkut ribuan personel dan ini juga sampai sekarang belum tahu, sebelum investigasi,” tuturnya.

Demonstrasi mahasiswa di Gedung DPRD Sulawesi Tenggara di Kendari mengakibatkan Randi dan Qardawi tewas. Randy korban pertama dalam aksi ini.

Berdasarkan otopsi oleh tim dokter di Rumah Sakit Umum Daerah Kota Kendari, Randy tewas tertembak peluru di bagian ketiak kiri bagian bawah menembus hingga ke kanan. Peluru menyebabkan terjadi luka di paru-paru dan kantong jantung.

Randi tewas kemarin sore. Danrem 143 Haluoleo Kolonel Inf Yustinus Nono Yulianto menyatakan Randi sudah meninggal saat dibawa ke Rumah Sakit Korem.

Sementara Qardawi yang sempat mengalami koma, tewas pagi tadi. Hasil otopsinya, Qardawi (19) tewas karena mengalami pendarahan hebat akibat benturan benda tumpul di bagian kepala.

Editor: Hendra Wijaya

 

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video28 Maret 2024 23:58
VIDEO: Banjir di Sejumlah Titik di Kota Palopo
SULSELSATU.com – Situasi banjir di beberapa titik di Kota Palopo, Sulawesi Selatan, Kamis (28/3/2024). Dalam video tampak sejumlah ruas jalan te...
OPD28 Maret 2024 23:38
Berkah Ramadan, Tenaga Kontrak Dinkes Makassar Bagi-bagi Takjil Buka Puasa untuk Pengendara
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Tenaga Kontrak Dinas Kesehatan Kota Makassar (Laskar Pelangi) membagikan takjil berbuka puasa kepada pengguna jalan y...
Bisnis28 Maret 2024 23:05
Showroom Kalla Kars Tetap Buka di Hari Libur Nasional
Showroom dan bengkel resmi Kalla Kars tetap buka di hari libur nasional yang jatuh pada 29 Maret 2024 besok....
Teknologi28 Maret 2024 23:03
XL Axiata Tingkatkan Kualitas Layanan di Sulawesi dengan Jaringan Backbone Gorontalo – Palu
PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) meresmikan jaringan backbone fiber optic jalur Gorontalo – Palu untuk melayani lonjakan trafik layanan seluler di selur...