Logo Sulselsatu

Perumda Target Produksi Air pada 2020 4 Ribu Liter per Detik

Asrul
Asrul

Rabu, 16 Oktober 2019 15:03

Ilustrasi PDAM
Ilustrasi PDAM

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Perumda Air Minum Kota Makassar menargetkan peningkatan produksi air baku 1.000 liter per detik pada tahun 2020 mendatang.

Dengan begitu, total produksi air baku bisa mencapai 4.000 liter per detik. Target ini tertuang dalam rencana kerja pemerintah (RKP) Perumda Air Minum-dulu PDAM.

Plt Direktur Utama Perumda Air Minum Kota Makassar, Hamzah Ahmad menyampaikan kebutuhan air baku untuk menjangkau seluruh wilayah di Kota Makassar yakni 5.000 liter per detik. Sedangkan produksi air baku saat ini hanya berkisar kurang lebih 3.000 liter per detik.

“Kita coba tingkatkan produksi air baku sampai 4.000 liter per detik di awal tahun depan,” kata Hamzah.

Kata dia, untuk meningkatkan produksi air baku dibutuhkan kajian. Salah satunya berkoordinasi dengan Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-PR) terkait penambahan kuota pengelolaan air baku.

“Untuk menambah kuota produksi air baku harus mendapat izin dan itu butuh persyaratan, nah ini yang sementara manajemen lakukan di akhir tahun 2019,” ujarnya.

Selain itu, pihaknya juga akan berkonsultasi dengan Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Sulawesi Selatan perihal layak tidaknya investasi dilakukan serta kemampuan masyarakat membeli air bersih.

Termasuk melakukan kajian kontruksi hukum. Kebijakan hukum inipun sementara berproses dan sudah mendapat restu dari Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sulawesi Selatan dan Kejaksaan Negeri (Kejari) Makassar.

Harapannya, administrasi ini sudah bisa selesai paling lambat awal tahun depan sehingga dalam pelaksanaannya tidak menimbulkan masalah hukum.

“Jadi kita berupaya bagaimana agar kita meningkatkan kapasitas air sehingga masyarakat bisa terlayani dengan baik tanpa meninggalkan persoalan hukum,” ucapnya.

Editor: Hendra Wijaya

 

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video13 Juli 2024 22:40
VIDEO: Prabowo Subianto: Untuk Apa Bangun Gedung-gedung, Kereta Cepat jika Negara Tidak Aman
SULSELSATU.com – Presiden terpilih Prabowo Subianto menyampaikan perlindungan rakyat Indonesia menjadi penting. Ia menyampaikan pembangunan insf...
Sulsel13 Juli 2024 22:02
Melalui Fashion Karnaval, Bupati Adnan Harap Malino Terus Dikenal Kota Bunga
SULSELSATU.com, GOWA – Beautiful Malino 2024 memasuki hari kedua dengan berbagai rangkaian kegiatan, salah satunya adalah Fashion Karnaval yang ...
Bisnis13 Juli 2024 20:53
All New Honda BeAT Series Terbaru Hiasi Langit dan Pantai Ambon
Balon udara besar bertuliskan Honda dan All New Honda BeAT Series terbaru menghiasi langit serta pantai Ambon. Masyarakat pun dikejutkan dengan hal te...
Video13 Juli 2024 20:45
VIDEO: Modus Baru Penipuan Paket COD di Tanjung Bunga Makassar
SULSELSATU.com – Sebuah video memperlihatkan seorang kurir yang mengantarkan paket bodong di Tanjung Bunga, Kota Makassar. Penghuni rumah yang m...