iklan Kareba Parlementa

25 Pejabat Pemkab Gowa Ikut Diklat RPJMD

Iklan Humas SulSel

SULSELSATU.com, GOWA – Sebanyak 25 pejabat perencanaan lingkup Pemerintah Kabupaten Gowa mengikuti Pendidikan dan Pelatihan Perencanaan Pembangunan Daerah (PPD) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), di Gedung P2KP Lantai 2 Universitas Hasanuddin Makassar, Senin (4/11/2019).

Diklat ini merupakan kerjasama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa dengan Pusat Pembinaan, Pendidikan, dan Pelatihan Pljerencana (Pusbm5jindiklatren) Bappenas dan Pusat Pengembangan Kebijakan Pembangunan (P2KP) Universitas Hasanuddin.

Dokumen Rancangan Pembangunan Jangka Mendengah Daerah (RPJMD) merupakan dokumen penting yang selayaknya menjadi acuan penyelarasan pembangunan di pusat dan daerah.

“Menyusun dokumen RPJMD menjadi hal krusial sebagai acuan dalam pelaksanaan pembangunan di daerah. Dibutuhkan kompetensi perencana yang mumpuni dalam penyusunan. Sehingga dipandang perlu untuk meningkatkan SDM terkhusus perencana,” jelas Sekda Gowa, Muchlis.

Setelah mendapatkan pendidikan pejabat perencanaan diharapkan mampu membuat perencanaan yang sistematis dan bersinergi antara perencanaan daerah dan pusat.

“Keberhasilan perencanaan nasional sangat ditentukan kesuksesan perencanaan daerah. Permasalahan sering ditemui ketidaksesuaian antara visi, misi serta program kegiatan dipusat dan daerah. Disebabkan dokumen perencanaan didaerah tidak mengacu kepada dokumen perencanaan di pusa. Begitupun sebaliknya dokumen perencanaan di pusat tidak mengakomodasi aspirasi dari daerah,” tambahnya.

Draft RPJMD tahun depan menjadi draft yang sifatnya penting dan krusial. Menyongsong Pilkada Gowa tahun 2020, KPU Gowa dalam waktu dekat akan menunggu draft untuk kemudian menjadi isu penting bagi bakal calon Bupati dan Wabup Gowa.

“Draft ini yang akan dipaparkan dan dijadikan acuan bakal calon dalam menyusun visi dan misi kepala daerah. Sehingga kita perlu benar-benar memikirkan program-program yang sangat strategis untuk kemajuan Kabupaten Gowa kedepan,” kata Muchlis.

Sekretaris P2KP, Sultan Suhab menyampaikan bahwa diklat akan berlangsung selama dua pekan dan outputnya akan dimonitoring langsung oleh Bappenas.

“Pelatihan pejabat perencana diarahkan menghasilkan satu output riil yang bisa dimonitoring pada tahun 2020. Apalagi Gowa akan melakukan Pilkada tahun depan sehingga sangat membutuhkan satu dokumen perencanaan yang,” ujar dia.

Tak hanya itu, peserta akan dilatih khusus sehingga mampu menghasilkan rancangan RPJMD.

“Jadi peserta akan dipaksa dan betul-betul serius untuk menghasilkan draft rancangan awal RPJMD. Draft dipakai pada periode kepemimpinan berikutnya yang akan dimonitoring dan di monev oleh Pusbindiklatrans Bappenas secara langsung di tahun 2020,” jelas Sultan.

Bappenas sendiri mensyaratkan output yang dihasilkan berupa draft RPJMD. Kedua, harus ada kegiatan yang bisa dimonitoring hasilnya di tahun 2021. Draft awal disusun secara berkelanjutan, bisa dijabarkan, ditirunkan dan bisa terdelevansi ke dokumen-dokumen perencan di level SKPD.

Di sela kegiatan pembukaan diklat, dilakukan pemasangan atribut peserta oleh Sekkab Gowa bersama Sekretaris P2KP Unhas kepada dua orang perwakilan pejabat perencanaan Pemkab Gowa.

Editor: Awang Darmawan

Iklan PDAM
...

Populer

SMRC Rilis Survei Pilwali Makassar 2020, Ini Hasilnya

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) merilis hasil survei untuk Pilwali Makassar tahun 2020. Survei dilakukan dari 21 sampai 25 September 2020,...

VIDEO: Detik-detik Angin Puting Beliung di Babelan Bekasi

aSULSELSATU.com - Angin puting beliung terjadi di Kecamatan Babelan, Kabupaten Bekasi, Jumat (23/20) pukul 13.10. Angin puting beliung tersebut terjadi setelah hujan deras mengguyur Bekasi....

OPINI: Tantangan Pendidikan di Tengah Pandemi Covid-19

Oleh Triliana s. Utina (Mahasiswa Universitas Gorontalo) Pandemi Covid-19 memaksa masyarakat dunia mendefinisikan makna hidup, penyebaran virus corona (Covid-19) yang semakin hari semakin meningkat menjadi...

VIDEO: Istri dan Mertua di Makassar Jadi Korban Pembacokan

SULSELSATU.com - Satu keluarga di Jalan Barawaja, Kecamatan Panakukkang, Makassar dibacok pada Jumat (23/10). Dalam keterangan video, ada tiga korban dalam pembacokan tersebut yang merupakan...

Sejarah Singkat Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Selasa (19/11/2018) hari ini, umat Muslim di seluruh dunia memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW atau biasa dikenal dengan Maulid Nabi...

7 Jurus Menghadapi Orang yang Benci Sama Kita

SULSELSATU.com, Setiap orang yang membenci kita memiliki alasannya masing-masing. Bisa jadi karena kita terlalu berlebihan, kita memiliki sikap dan sifat yang tidak disukai oleh...

Bawa Pistol ke Sekretariat Persma UIN Makassar, Oknum Sekuriti Diamankan Polisi

  SULSELSATU.com, GOWA - Seorang pria oknum sekuriti di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan (Sulsel), ditangkap polisi karena mabuk dan membawa pistol ke sekretariat Pers Mahasiswa...

Inilah 6 Peran Ayah yang Ideal untuk Keluarga Ayah

 SULSELSATU.com - Ayah adalah bagian yang tak terpisahkan dalam keluarga. Keluarga bukan hanya urusan para Ibu, sementara urusan Ayah adalah mencari nafkah. Pembagian peran...

Gowa Raih Penghargaan Terbaik I Wajah Bahasa 2020

SULSELSATU.com, GOWA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa berhasil meraih penghargaan terbaik...

Artikel Lainnya

Film ‘Keluarga Cemara’ Tembus 1 Juta Penonton

SULSELSATU.com, JAKARTA - Film 'Keluarga Cemara' kini telah ditonton oleh satu juta...

Diprotes karena Pakai Lagu “Jogja Istimewa”, BPN Prabowo Minta Relawan Minta Maaf

SULSELSATU.com, JAKARTA - Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga...

Iqbal Suhaeb Launching Kapal Pelra Banawa Nusantara 27 

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Kapal Pelayaran Rakyat (Pelra) Banawa Nusantara 27 siap...

Panitia Hak Angket Bisa Seret Nurdin Abdullah ke Ranah Hukum

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Sejumlah fakta dalam persidangan Hak Angket mulai terungkap. Dari...

Bupati Wajo Hadiri Sosialisasi Alquran Tulis, Ini Harapannya

SULSELSATU.com, WAJO - Bupati Wajo Amran Mahmud menghadiri sosialisasi Alquran tulis...

Terkini

Tiga Pasar Tradisional di Makassar Bakal Berbenah

SULSELSATU.com, MAKASAR - Direktur Operasional (Dirops) PD Pasar Makassar Raya, Saharuddin...

MHG Peduli Bekerja Sama KNPI Sulsel Gelar Lomba Virtual Peringati Hari Santri Nasional

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Mudassir Hasri Gani (MHG) Peduli Sulawesi Selatan bersama...

Dewan Curiga Ada Pungli Lapak PKL di Jalan Adipura

SUSELSATU.com, MAKASSAR - Anggota Komisi A Bidang Hukum dan Pemerintahan DPRD...

Appi-Rahman Pimpin Makassar, Ini Sebelas Model Insentif untuk Warga

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Kesejahteraan masyarakat menjadi perhatian Calon Walikota dan Wakil...

VIDEO: Aksi Seorang Wanita Memukuli Nenek-nenek yang Sedang Berteduh

SULSELSATU.com - Sebuah video memperlihatkan seorang wanita berlaku kasar terhadap nenek-nenek...