Logo Sulselsatu

Pemkab Gowa Bakal Tanam 1.154 Pohon di Sepanjang Sungguminasa

Asrul
Asrul

Sabtu, 09 November 2019 19:28

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, GOWAPemkab Gowa berencana menanam 1.154 pohon di sepanjang pedestrian kawasan Sungguminasa. Hal itu dilakukan sebagai upaya Pemkab Gowa menata Kota Sungguminasa agar terlihat asri dan indah.

Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan telah memulai melakukan penanaman perdana di titik Jalan Sultan Hasanuddin atau di batas kota Makassar-Gowa, Sabtu (9/11/2019). Ia didampingi Wakil Bupati Gowa H. Abd. Rauf Malaganni, Sekretaris Kabupaten Gowa H. Muchlis, Ketua DPRD Gowa Rapiuddin Rapi, Kapolres Gowa Shinto Silitonga dan Kasdim 1409 Hasanuddin Husain.

Pada ruas Jalan Hasanuddin sepanjang 2.160 meter akan ditanam 217 pohon Flamboyan dengan jarak dari pohon satu ke pohon lainnya sekitar 8 meter. Kemudian ruas Jalan Tumanurung akan ditanam 303 pohon Tabebuya sepanjang 1.560 meter dengan jarak 5 meter.

Baca Juga : Ekonomi Kabupaten Gowa Tumbuh 5,82 Persen Selama 2023

Sementara di ruas Jalan Masjid Raya akan ditanam 634 pohon Damar sepanjang 3.168 meter dengan jarak 5 meter.

Adnan mengatakan, penanaman pohon ini adalah bagian dari rangkaian penataan kota khususnya di Kota Sungguminasa. Penataan kota ini sebagai upaya pemerintah dalam mewujudkan kota ini semakin maju dan indah dalam pendataannya.

“Pohon yang kita tanam ini untuk masa depan daerah kita. Masa depan anak, cucu dan kemanakan kita, pohon yang kita tanam ini adalah pohon penganti dari pohon yang telah kita tebang sebelumnya. Bahkan pohon yang kita tanam lebih banyak dari yang telah ditebang,” katanya.

Baca Juga : Wabup Gowa Ingatkan Pembangunan 2025 Harus Tepat dan Strategis

Menurutnya, hal ini memang menjadi tanggungjawab bersama untuk menganti pohon-pohon yang telah ditebang. Terutama kepada seluruh SKPD yang telah ikut menyumbangkan 308 pohon dengan beberapa jenis.

“Semoga ini semakin mempercantik pedestrian tata kota kita. Apalagi jenis pohon yang ditanam memang sangat cantik jika berhasil tumbuh dengan baik,” ujarnya.

Ke depan, agar semakin cantik juga akan ditambah dengan tanaman-tanamam pendukung lainnya. Seperti di Jalan Sultan Hasanuddin akan ditanam tanaman lidah mertua, di Jalan Tumanurung dan Masjid Raya akan ditanam tanaman Bougenville.

Baca Juga : Tim Penilai PPD 2024 Sebut Program SDM Seperempat Abad Sangat Inovatif

“Terimakasih atas kerjasamanya terkhusus yang sudah menyumbangkan pohon semoga akan menjadi amal jariyah baginya,” kata Adnan.

Ia pun menegaskan, ke depan pohon-pohon yang ditanam harus mendapatkan perhatian penuh dari seluruh pihak. Utamanya Dinas Lingkungan Hidup, PDAM, Dinas Pertanian dan Dinas PUPR dalam rangka pemeliharaannya.

“Saya harap dapat dipertanggungjawabkan dengan baik. Salah satunya jika sudah ada tumbuh dan posisinya miring langsung diperbaiki sehingga semua tumbuhnya harus rapi,” tutup Adnan.

Baca Juga : Masyarakat Biringbulu Kini Punya Pos Pelayanan Publik

Sementara Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Mundoap mengatakan, anggaran pengadaan pohon tersebut berasal dari sumbangan dan APBD 2019. Adapun 308 pohon dari sumbangan 78 SKPD dan 800 pohon melalui anggaran daerah.

Penanaman ini sebagai langkah mewujudkan pembangunan pedestrian yang indah, asri dan nyaman serta segar dipandang mata, dan tentunya aman terhadap pejalan kaki yang memakai jalur pedestrian tersebut.

“Jangka waktu penanaman pohon pada pedestrian Kota Sungguminasa ini kami targetkan dapat selesai hingga akhir Desember 2019 mendatang,” katanya.

Baca Juga : Pemkab Gowa Kembali Dinobatkan Jadi Kabupaten Peduli HAM dari Kemenkumham RI

Dibentuknya pedestrian Kota Sungguminasa sebagai langkah untuk menyediakan kawasan ruang terbuka hijau (RTH) atau jalur hijau yang memiliki ciri khas daerah serta aksentuasi atau daya tarik guna mendukung efektivitas kenyamanan serta keterpaduan harmonisasi dan penyelenggaraan RTH.

Editor: Awang Darmawan

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Teknologi28 Maret 2024 23:03
XL Axiata Tingkatkan Kualitas Layanan di Sulawesi dengan Jaringan Backbone Gorontalo – Palu
PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) meresmikan jaringan backbone fiber optic jalur Gorontalo – Palu untuk melayani lonjakan trafik layanan seluler di selur...
News28 Maret 2024 22:59
Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa PT Vale Umumkan Jajaran Komisaris Baru
PT Vale Indonesia Tbk (PT Vale) menyelenggarakan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) di Jasmine Room, Soehanna Hall, The Energy Building Jal...
Ekonomi28 Maret 2024 22:30
Penyaluran Kredit UMKM Januari 2024 di Sulsel Mencapai Rp59,96 Triliun
Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Sulselbar merilis penyaluran kredit UMKM di Sulsel hingga posisi Januari 2024 mencapai Rp59,96 triliun. Nominalnya naik 1...
Berita Utama28 Maret 2024 22:24
PLN Jeneponto Bukber Sekaligus Berbagi Keberkahan Ramadhan Dengan Yatim Dhuafa
SULSELSATU.com,JENEPONTO – PT. PLN Persero Rayon Jeneponto berkolaborasi dengan Yayasan Baitul Maal (YBM) menggelar buka puasa bersama (Bukber) ...