iklan Kareba Parlementa

Dukung Suksesnya Pilkada Serentak, Disdukcapildalduk Sulsel Dorong Percepatan E-KTP

Iklan Humas SulSel

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Dinas Kependudukan, Catatan Sipil, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (Disdukcapildalduk dan KB) Sulsel, mendorong penuntasan rekam cetak KTP elektronik untuk mendukung sukses Pilkada Serentak 2020 mendatang.

Rakor yang dihadiri Direktur Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan Kementrian Dalam Negeri Tavip Piyono dan Wakil Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman tersebut, dilaksanakan di Hotel MaxOne, Kamis (14/11/2019).

Kepala Disdukcapildalduk dan KB Sulsel, Sukarniaty Kondolele mengatakan, saat ini era administrasi kependudukan sudah memasuki era digital. Disdukcapil by digital, digunakan untuk berbagai kepentingan. 

“Karena digunakan untuk berbagai kepentingan, pemerintah kabupaten kota harus menjaga keakuratan data kependudukan,” ujarnya. 

Verifikasi nama menuju verifikasi NIK, kata Sukarniaty, lebih cepat dan efektif untuk digunakan dalam berbagai kepentingan, termasuk pilkada. Di Sulsel, akan dilakukan Pilkada Serentak di 12 daerah, sehingga discapil harus mendorong penuntasan rekam cetak e-KTP. 

Rakor ini, lanjutnya, juga untuk memberi pemahaman kepada kabupaten kota tentang pemberhentian dan pengangkatan pejabat pada discapil, sehingga Badan Kepegawaian Daerah (BKD) se Sulsel juga turut diundang. Kurangnya pemahaman BKD, terbukti dengan adanya sanksi untuk beberapa daerah dari Kemendagri, karena dilakukan pergantian tanpa adanya koordinasi. 

Sementara, Wakil Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, mengapresiasi rakor yang dilaksanakan Disdukcapildalduk dan KB Sulsel, dengan mengundang semua stakeholder terkait, termasuk KPU Kabupaten/Kota yang akan melaksanakan Pilkada Serentak 2020 mendatang. Ia berharap, ke depan semua OPD dan lembaga, data kependudukannya merujuk pada data Disdukcapildalduk dan KB Sulsel. 

“Dengan adanya rakor ini, ke depan bisa meminimalisir kesalahan data kependudukan hingga isu-isu pemilih siluman pada Pilkada Serentak 2020 mendatang. Tetap bekerja keras, dan kalau ada yang kurang, langsung koordinasi,” pesan Andi Sudirman. 

Pada acara tersebut, Wakil Gubernur Andi Sudirman Sulaiman juga memberikan penghargaan kepada daerah yang cakupan akta kelahirannya terbaik. Adapun yang menerima penghargaan, masing-masing Pemkot Parepare, Pemkab Sinjai, Soppeng, Pemkot Makassar, dan Pemkab Wajo. 

Penulis: Jahir Majid
Editor: Hendra Wijaya

Iklan PDAM
...

Populer

VIDEO: Habis Nonton Film Porno, Seorang Ayah di Medan Tega Setubuhi Anak Kandung

SULSELSATU.com - Seorang pria di Kabupaten Labuhanbatu Utara, Sumatra Utara tega setubuhi anak kandungnya. Dalam video terlihat pelaku berada di kantor polisi untuk dimintai keterangan. Pelaku...

Gempa di Sulbar, Wali Kota Parepare Intruksikan Jajarannya Salurkan Bantuan

SULSELSATU.com, PAREPARE - Wali Kota Parepare, HM Taufan Pawe, prihatin atas gempa berkekuatan 6,2sr yang terjadi di Sulawesi Barat. Dimana mengakibatkan berbagai fasilitas pemerintahan...

OPINI: Tantangan Pendidikan di Tengah Pandemi Covid-19

Oleh Triliana s. Utina (Mahasiswa Universitas Gorontalo) Pandemi Covid-19 memaksa masyarakat dunia mendefinisikan makna hidup, penyebaran virus corona (Covid-19) yang semakin hari semakin meningkat menjadi...

7 Jurus Menghadapi Orang yang Benci Sama Kita

SULSELSATU.com, Setiap orang yang membenci kita memiliki alasannya masing-masing. Bisa jadi karena kita terlalu berlebihan, kita memiliki sikap dan sifat yang tidak disukai oleh...

VIDEO: Kepanikan Warga Saat Gempa 6,2 Magnitudo di Majene Sulbar

  SULSELSATU.com - Gempa bumi di Majene, Sulawesi Barat membuat kepanikan dan kerusakan di Wilayah Sulawesi Barat (Sulbar) , Jumat (15/1/2021) pukul 01.28 WITA. Sejumlah rumah...

Kabar Buruk! Pemkot Makassar Bakal Rumahkan Tenaga Honorer

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Sebanyak 200 pegawai Pemerintah Kota Makassar yang berstatus tenaga kontrak atau honorer disejumlah Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) akan di rumahkan. Hal...

Artikel Lainnya

Nurdin Abdullah Percayakan UNM Jadi Garda Terdepan Perbaikan Pendidikan di Sulsel

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Prof Muhammad Jufri resmi menahkodai Dinas Pendidikan Sulsel....

Nurdin Abdullah Buka Pertandingan Eksibisi Tenis Lapangan Bersama Mitra Kerja Unhas

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah membuka pertandingan eksibisi tenis...

Warga Desa Duampanuae Gelar Ritual ‘Mappogau Sihanua’ Pascapanen

SULSELSATU.com, SINJAI - Warga Desa Duampanuae, Kecamatan Bulupoddo menggelar pesta adat...

Lies Nurdin Konsisten Edukasi Warga Makassar Jalankan Protokol Covid-19

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Hingga pekan ketiga, Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi...

Diskes Lutra Gelar Sosialisasi Konvergensi Percepatan Penurunan Stunting

SULSELSATU.com, LUTRA - Dinas Kesehatan Luwu Utara menggelar sosialisasi konvergensi percepatan...

Terkini

Dua Korban Gempa Sulbar Dirawat di RS Andi Makkasau Parepare, Begini Kondisinya

SULSELSATU.com, PAREPARE - RSUD Andi Makkasau Parepare saat ini tengah menangani...

VIDEO:Salut, Aksi 3 Ukhti Ajak Bocah Penjual Krupuk Makan di Restoran

SULSELSATU.com - Sebuah video memperlihatkan tiga wanita yang mengajak bocah penjual...

VIDEO: Detik-detik Anggota DPR RI Dedi Mulyadi Marahi Pengemis

SULSELSATU.com - Anggota DPR RI Dedi Mulyadi marah kepada seorang pengemis...

VIDEO: Singgah Jenguk Orang Tua, Ustadz Das’ad Latif Selamat dari Gempa Bumi

SULSELSATU.com - Ustadz Das'ad Latif menceritakan dirinya selamat dari gempa bumi...

Pemkot Parepare Siapkan Posko Peduli Gempa Sulbar

SULSELSATU.com, PAREPARE - Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare bergerak cepat aksi peduli...