Logo Sulselsatu

Amran Mahmud Terbitkan Perbup TPP Khusus Tenaga Kesehatan

Asrul
Asrul

Jumat, 15 November 2019 18:35

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, WAJO – Dinas Kesehatan Kabupaten Wajo gelar Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke 55 yang dilaksanakan di Kecamatan Maniangpajo, Kamis, 14 November 2019.

Tema Hari Kesehatan Nasional ke 55 kali ini adalah “Generasi Sehat Indonesia Unggul.”

Kegiatan ini dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Wajo, Forkopimda Kabupaten Wajo, Kepala Dinas Kesehatan beserta jajarannya, serta dari Pemerhati Kesehatan dan tokoh tokoh Kesehatan lainnya demikian juga para Kepala Puskesmas beserta jajarannya yang juga sekaligus sebagai peserta dalam acara ini.

Baca Juga : Tunjangan TPP ASN Pemkot Makassar Tak Lama Lagi Cair

Sekretaris Daerah Kabupaten Wajo H. Amiruddin A, S.Sos., M.M yang bertindak sebagai Irup dalam Upacara ini menyampaikan sambutan seragam dari Menteri Kesehatan RI, dimana isi sambutannya menyampaikan bahwa sesuai dengan arahan Presiden Republik Indonesia, bahwa ada dua isu kesehatan utama yang harus diselesaikan terkait membangun SDM yang berkualitas, yaitu “Stunting” dan “Jaminan Kesehatan Nasional.”

“Sementara ada dua isu kesehatan lainnya yang juga harus diatasi, yaitu tingginya harga obat dan alat kesehatan, serta masih rendahnya penggunaan alat kesehatan buatan dalam negeri. Hal-hal tersebut akan menjadi fokus perhatian kita bersama untuk dapat segera diupayakan,” jelasnya.

Dikatakan bahwa berbagai keberhasilan pembangunan kesehatan untuk pembangunan SDM telah diraih dari kinerja kabinet lalu yang ditandai dengan adanya peningkatan “Indeks Pembangunan Manusia” Indonesia setiap tahun, dimana salah satu parameter yang diukur adalah “Usia Harapan Hidup”. Isu-isu strategis telah dilaksanakan dan menghasilkan perbaikan.

Baca Juga : Tetap Bertugas, Prabowo Beri Penghormatan kepada Tenaga Kesehatan

“Antara lain dengan menurunnya angka kematian ibu dan anak, menurunnya angka stunting, meningkatnya cakupan imunisasi serta berhasilnya pengendalian penyakit menular dengan menurunnya angka TB juga diucapkan terima kasih, karna dalam kurun waktu 5 tahun angka Stunting telah berhasil diturunkan hampir 10 %.,” kata Sekretaris Daerah Kabupaten Wajo.

“Kita patut berbangga bahwa pembangunan kesehatan dalam lima tahun terakhir ini kian dirasakan manfaatnya. Namun, kita juga tidak dapat menutup mata terhadap berbagai permasalahan yang masih ada dalam proses pembangunan kesehatan di tanah air. Kita masih dihadapkan pada kompleksitas masalah Stunting, JKN, serta penyediaan pelayanan kesehatan dasar,” H. Amiruddin A, S.Sos., M.Si menambahkan.

Lanjut dikatakan kalau betapapun pemerintah sudah senantiasa responsif dalam memecahkan masalah-masalah tersebut selaras dengan tuntutan masyarakat, juga masih dihadapkan pada kesulitan menyediakan obat dan alat kesehatan produk lokal yang murah dan berkualitas.

Baca Juga : Meski Kerja di Rumah, TPP ASN Pemprov Tetap Bisa Diterima

Dalam pelaksanaan tata kelola nya, dia minta pembangunan kesehatan di daerah serta pemanfaatan anggaran harus dilaksanakan dan dikelola secara baik benar dan bertanggung jawab, akuntabel, transparan serta dengan sistem monitoring evaluasi yang ketat.

“Kita berharap Generasi Sehat yang kita perjuangkan bersama dapat menjadi SDM Unggul yang akan mengisi 100 tahun Indonesia merdeka pada tahun 2045 yang bertepatan saat bonus demografi untuk mengantarkan Indonesia menjadi negara yang maju, makmur dan sejahtera,” katanya diakhir sambutan seragamnya.

Juga dalam hal ini Sekretaris Daerah Kabupaten Wajo menyampaikan berita gembira kepada para tenaga kesehatan Kabupaten Wajo, bahwa melalui perubahan Peraturan Bupati Wajo yang ke-4 tentang perubahan Perbup Nomor 113 Tahun 2017 tentang tambahan penghasilan Pegawai Negeri Sipil.

Baca Juga : Perbaikan Data TPP Makassar Belum Tuntas, Ini Masalahnya

Maka terhitung bulan November perhitungan TPP untuk tenaga kesehatan tidak lagi mempertimbangkan adanya pengurangan dari jasa medik, sehingga akan diterima berdasarkan perhitungan berdasarkan kinerja dan berdasarkan disiplin, sehingga tidak ada alasan lagi adanya keterlambatan pembayaran TPP khususnya rumah sakit di akhir anggaran tahun 2019.

“Saya meminta kepada direktur Rumah Sakit Umum Daerah Lamaddukelleng, RSUD Siwa, Kadis kesehatan beserta jajarannya sampai UPTD Puskesmas se Kabupaten Wajo untuk mengambil langkah-langkah terbaik untuk percepatan pembayaran tunjangan perbaikan penghasilan di akhir tahun,” ucap Sekretaris Daerah Kabupaten Wajo.

“Ini merupakan wujud apresiasi Pemerintah Kabupaten Wajo, Bapak Bupati dan Wakil Bupati Wajo untuk memberikan penghargaan di akhir tahun, sebagai wujud komitmen kita bekerja dengan baik di sektor kesehatan, selamat bekerja dan selamat hari kesehatan Nasional,” tambah H. Amiruddn A, S.Sos., M.M. diakhir sambutan lepasnya

Baca Juga : BPJS Nunggak, Jasa Medis Tenaga Kesehatan RSUD Barru Belum Dibayar

Diakhir acara diadakan penyerahan penghargaan kepada mereka yang berprestasi utamanya dari yang mendapatkan Akreditasi, Pengelola Kesehatan, dari tenaga Kesehatan, dari Desa, Kelurahan, organisai lainnya, Forkom, Pokja, Posyandu, lembaga juga Camat sebagai Pembina Forkom Kecamatan. (rls)

Editor: Hendra Wijaya

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Politik21 Februari 2024 13:23
Unggul di Internal PKS, Ismail Bahtiar Amankan 1 Kursi DPR RI Dapil Sulsel 2
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Politisi muda Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ismail Bahtiar membuktikan diri layak duduk sebagai wakil rakyat di DPR...
Lifestyle21 Februari 2024 13:01
Kallafriends Berhasil Capai 50 Ribu Downloader Selama 2023
Superapp Kallafriends terus hadir memberikan digital experience berbeda kepada pelanggan. Kallafriends berhasil mencapai lebih dari 50 ribu downloader...
Ekonomi21 Februari 2024 12:44
Smartfren for Business dan AXA Insurance Kolaborasi Beri Perlindungan Bagi UKM
PT AXA Insurance Indonesia (AXA Insurance), penyedia jasa asuransi umum dan kesehatan kerja sama dengan Smartfren for Business memberikan perlindungan...
Hukum21 Februari 2024 11:30
Dorong Peningkatan Pendaftaran dan Perlindungan KI, Kanwil Kemenkumham Sulsel Jaling Kerjasama dengan Perguruan Tinggi
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan Liberti Sitinjak mengatakan pihaknya terus mendorong...