Setelah 32 Tahun, Parepare Kembali Juara Piala Soeratin

SULSELSATU.com, PAREPARE – Tim Soeratin U-17 Parepare mengukir sejarah. Setelah menjadi juara Piala Soeratin Zona Sulawesi terakhir kalinya pada 32 tahun lalu, kini Parepare kembali juara Piala Soeratin Zona Sulsel.

Kepastian itu setelah Parepare memastikan diri menjadi juara grup G putaran final Piala Soeratin Zona Sulsel 2019, usai menumbangkan Bantaeng dengan skor 3-1 di Stadion Gelora BJ Habibie, Jumat (15/11/2019) malam

Kemenangan ini membuat posisi Parepare sebagai pemuncak klasemen grup G, dengan poin 6, tidak mungkin lagi tergoyahkan. 

Menyisahkan satu pertandingan lagi, pesaing terdekat Parepare, Sinjai yang kini mengumpulkan poin 2, maksimal hanya meraih poin 5 jika menang di pertandingan terakhir. 

Itu karena dalam pertandingan keduanya, Sinjai hanya bermain imbang 0-0 melawan Makassar. Makassar yang baru mengoleksi poin 1, poin maksimal jika menang di partai terakhir hanya 4. 

Demikian pula Bantaeng yang baru memiliki poin 1, poin maksimalnya hanya 4. Bermain lawan Parepare, Bantaeng harus tertinggal lebih dahulu 0-3, sebelum memperkecil ketinggalan menjadi 1-3.

Tiga gol Parepare diciptakan oleh penyerangnya bernomor punggung 11, Muh Armansyah pada menit ke-29, lalu Imam Gazali (15) pada menit ke-31, dan Abd Sabir (16) pada menit ke-60. 

Satu gol balasan Bantaeng tercipta dari titik penalti pada menit ke-73, lewat pemain nomor punggung 21, A Malikul Mulki.

Melawan Banteng, pelatih Parepare Faisal Risal kembali menginstruksikan anak asuhnya untuk bermain menyerang, penguasaan bola efektif dari kaki ke kaki, sama dengan saat mengalahkan Makassar 2-1 di partai pertama. 

Ketua Askot PSSI Parepare, M Rahmat Sjamsu Alam mengucap rasa syukur atas lolosnya Parepare mewakili Sulsel ke tingkat nasional. 

“Alhamdulillah, kita memastikan juara Piala Soeratin Zona Sulsel, setelah 32 tahun. Prestasi ini diraih di era Bapak Wali Kota Taufan Pawe, yang sudah membuktikan kepeduliannya terhadap olahraga khususnya sepak bola,” puji Rahmat. 

Ucapan selamat juga datang dari Ketua KONI Parepare, Parman Farid. “Selamat untuk Tim Soeratin Parepare, yang sudah menjadi juara Piala Soeratin Zona Sulsel. Anak-anak, adik-adikku, Anda memang pantas juara. Tantangan ke depan adalah di Pulau Jawa, membawa nama Parepare dan Sulsel,” tandas Parman.

Penulis: Andi Fardi
Editor: Awang Darmawan