Diskes-PKK Koordinasi Peduli Kanker di Parepare

SULSELSATU.com, PAREPARE – Pemerintah Kota Parepare melalui Dinas Kesehatan bekerjasama Tim Penggerak PKK Kota menggelar Pertemuan Koordinasi sebagai Gerakan Parepare Peduli Kanker, di Balai Ainun, Jumat, (22/11/2019).

Kegiatan diikuti 40 peserta dari berbagai kalangan, termasuk kader PKK dan para petugas kesehatan masyarakat di seluruh Puskesmas yang ada di Parepare. Kegiatan ini pula menghadirkan Ketua Tim Penggerak PKK Parepare, Hj Erna Rasyid Taufan, sebagai salah satu pemateri yang mengulas tentang “Peranan PKK Terhadap Pencegahan Kanker Terhadap Perempuan”.

Plt Kepala Dinas Kesehatan melalui Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, Kesehatan Lingkungan dan Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Hj Kasmawati dalam sambutannya menguraikan, penyakit kanker adalah penyebab kematian terbanyak nomor dua di dunia. 

Bahkan kata dia, diperkirakan pada 2030 dapat mencapai hingga 26 juta orang dan 17 juta di antaranya meninggal akibat kanker. 

“Data dari Dinas Kesehatan, untuk kasus rawat jalan dan rawat inap, angka penyakit Neoplasma Ganas Serviks Uteri tahun 2017 sebanyak tiga orang. Pada tahun 2018 sebanyak 10 orang dan 2019 sebanyak 12 dan meninggal 1 orang,” detail Kasma, sapaannya. 

Sebelumnya, Panitia Srianti Ambar menjelaskan, Gerakan Parepare Peduli Kanker ini dapat memberikan informasi, meningkatkan kesadaran masyarakat, serta melakukan monitoring dan evaluasi terkait penyakit kanker bagi perempuan di Parepare.

Acara ini juga dihadiri Wadir Pelayanan dan Penunjang Medik RSUD Andi Makkasau, dr Ibrahim untuk memberikan informasi-informasi kesehatan kepada para perempuan Parepare.

Penulis: Andi Fardi
Editor: Hendra Wijaya