Logo Sulselsatu

Diskes-PKK Koordinasi Peduli Kanker di Parepare

Asrul
Asrul

Jumat, 22 November 2019 10:34

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, PAREPARE – Pemerintah Kota Parepare melalui Dinas Kesehatan bekerjasama Tim Penggerak PKK Kota menggelar Pertemuan Koordinasi sebagai Gerakan Parepare Peduli Kanker, di Balai Ainun, Jumat, (22/11/2019).

Kegiatan diikuti 40 peserta dari berbagai kalangan, termasuk kader PKK dan para petugas kesehatan masyarakat di seluruh Puskesmas yang ada di Parepare. Kegiatan ini pula menghadirkan Ketua Tim Penggerak PKK Parepare, Hj Erna Rasyid Taufan, sebagai salah satu pemateri yang mengulas tentang “Peranan PKK Terhadap Pencegahan Kanker Terhadap Perempuan”.

Plt Kepala Dinas Kesehatan melalui Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, Kesehatan Lingkungan dan Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Hj Kasmawati dalam sambutannya menguraikan, penyakit kanker adalah penyebab kematian terbanyak nomor dua di dunia.

Baca Juga : Tim Monev Promkes Sulsel Apresiasi Kerja Sama Diskes Parepare dengan Media

Bahkan kata dia, diperkirakan pada 2030 dapat mencapai hingga 26 juta orang dan 17 juta di antaranya meninggal akibat kanker.

“Data dari Dinas Kesehatan, untuk kasus rawat jalan dan rawat inap, angka penyakit Neoplasma Ganas Serviks Uteri tahun 2017 sebanyak tiga orang. Pada tahun 2018 sebanyak 10 orang dan 2019 sebanyak 12 dan meninggal 1 orang,” detail Kasma, sapaannya.

Sebelumnya, Panitia Srianti Ambar menjelaskan, Gerakan Parepare Peduli Kanker ini dapat memberikan informasi, meningkatkan kesadaran masyarakat, serta melakukan monitoring dan evaluasi terkait penyakit kanker bagi perempuan di Parepare.

Baca Juga : Dinas Kesehatan Semprot Disinfektan Ruang Pelayanan Kejari Parepare

Acara ini juga dihadiri Wadir Pelayanan dan Penunjang Medik RSUD Andi Makkasau, dr Ibrahim untuk memberikan informasi-informasi kesehatan kepada para perempuan Parepare.

Penulis: Andi Fardi
Editor: Hendra Wijaya

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video13 Juli 2024 22:40
VIDEO: Prabowo Subianto: Untuk Apa Bangun Gedung-gedung, Kereta Cepat jika Negara Tidak Aman
SULSELSATU.com – Presiden terpilih Prabowo Subianto menyampaikan perlindungan rakyat Indonesia menjadi penting. Ia menyampaikan pembangunan insf...
Sulsel13 Juli 2024 22:02
Melalui Fashion Karnaval, Bupati Adnan Harap Malino Terus Dikenal Kota Bunga
SULSELSATU.com, GOWA – Beautiful Malino 2024 memasuki hari kedua dengan berbagai rangkaian kegiatan, salah satunya adalah Fashion Karnaval yang ...
Bisnis13 Juli 2024 20:53
All New Honda BeAT Series Terbaru Hiasi Langit dan Pantai Ambon
Balon udara besar bertuliskan Honda dan All New Honda BeAT Series terbaru menghiasi langit serta pantai Ambon. Masyarakat pun dikejutkan dengan hal te...
Video13 Juli 2024 20:45
VIDEO: Modus Baru Penipuan Paket COD di Tanjung Bunga Makassar
SULSELSATU.com – Sebuah video memperlihatkan seorang kurir yang mengantarkan paket bodong di Tanjung Bunga, Kota Makassar. Penghuni rumah yang m...