Logo Sulselsatu

Wakil Pemimpin ISIS Abu Kholdun Ditangkap di Irak

Asrul
Asrul

Rabu, 04 Desember 2019 12:00

Wakil Pemimpin ISIS Abu Kholdun Ditangkap di Irak

HAWIJA – Wakil pemimpin Islamic State Irak and Syriah (ISIS), Abu Kholdun dilaporkan ditangkap hidup-hidup di kota Hawija, Kirkuk, Irak, Selasa (3/12/2019).

Saat ditangkap, Abu Kholdun membawa kartu identitas palsu. Badan komunikasi media sel keamanan Irak seperti dilansir Anadolu mencatat Abu Kholdun merupakan komandan militer kelompok teroris ISIS untuk provinsi Salah al-Din.

Abu Kholdun merupakan wakil pemimpin ISIS, Abu Bakr al-Baghdadi yang telah dilumpuhkan oleh militer Amerika Serikat.

Baca Juga : Biden Umumkan Berakhirnya Misi Tempur Pasukan AS di Irak

Di bawah kepemimpinan Baghdadi, mulai 2013 ISIS melebarkan sayap ke sejumlah wilayah di Irak dan Suriah. Bahkan penyebaran ISIS itu diklaim membentuk kekhalifahan baru yang melampaui teritorial utamanya.

Sponsored by MGID

Tak hanya itu, ISIS di bawah kepemimpinan Baghdadi juga mengatur afiliasi lokal dengan merilis video eksekusi kejam yang diunggah ke media sosial.

Baghdadi diyakini sebagai pemimpin kelompok ISIS yang paling dicari selama lima tahun terakhir. Pejabat pertahanan menyebut CIA juga turut membantu perburuan pemimpin ISIS tersebut.

Baca Juga : VIDEO: Pelaku Pelecehan di Musala Al-Amin Berhasil Ditangkap, Warga Temukan Jimat Bulu Perindu

Ia dilaporkan tewas dalam serangan yang dilancarkan militer Amerika Serikat di barat laut Surih, Sabtu (6/10) lalu. Ia dilaporkan meledakkan bom bunuh diri setelah terjebak saat dikepung oleh pasukan AS.

Seorang pejabat senior pertahanan AS menduga Baghdadi meledakkan diri menggunakan rompi yang sudah dipasangi bom saat serangan berlangsung. Usai mengonfirmasi kabar kematian Baghdadi, seorang sumber AFP di Pentagon memastikan mayatnya dibuang ke laut.

“Pembuangan jenazahnya dilakukan dengan lengkap dan ditangani dengan tepat,” kata Ketua Kepala Staf Gabungan AS Jenderal Mark Milley seperti dikutip dari AFP, Selasa (29/10).

Baca Juga : Irak Tak Lagi Izinkan AS Lanjutkan Operasi Militer di Baghdad

Editor: Hendra Wijaya

Sponsored by ADVERTNATIVE

 Komentar

 Terbaru

Kesehatan17 September 2021 14:43
PMI Sulsel Siapkan Plasma Konvalesen Gratis untuk Pasien Covid
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Palang Merah Indonesia Sulawesi Selatan (PMI Sulsel) siapkan plasma konvalesen gratis di markas PMI Sulsel, Jalan Lan...
Ekonomi17 September 2021 13:45
Komitmen Pada Isu Lingkungan, PLTU Co-firing Enceng Gondok Raih Penghargaan Internasional
SULSELSATU.com, MAKASSAR – PT PLN (Persero) berupaya terus menjaga keseimbangan aspek lingkungan hidup dan keekonomian operasional, termasuk di ...
Video16 September 2021 23:06
VIDEO: Emak-emak Ini Tuduh Driver Ojol Curi Emas Ketika Antar Paket COD
SULSELSATU.com – Seorang driver ojek online dituduh curi emas milik seorang ibu-ibu viral di media sosial. Ojol DKI Jakarta dituduh mencuri seju...
Sponsored by MGID
Makassar16 September 2021 21:02
Dewan Pengawas BPJS Kesehatan Temui Wali Kota Danny
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto (Danny Pomanto) menerima kunjungan Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS)...