iklan Kareba Parlementa

Tekuk Myanmar 4-2, Indonesia Melaju ke Final SEA Games

Iklan Humas SulSel

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Timnas Indonesia berhasil memastikan satu tempat di final usai menang 4-2 atas Myanmar dalam laga semifinal SEA Games 2019 di Stadion Rizal Memorial, Sabtu (7/12/2019) sore.

Indonesia tampil cukup sabar pada awal babak pertama untuk meladeni pressing yang dilakukan Myanmar. Evan Dimas menghasilkan peluang pertama pada laga ini.

Myanmar berusaha bangkit, namun tim Merah Putih tak kehilangan kemampuan untuk menciptakan peluang. Osvaldo Haay, Saddil Ramdani, dan Egy Maulana Vikri bahu membahu membongkar pertahanan lawan.

Anak asuh Indra Sjafri kembali bermain menyerang pada awal babak kedua. Osvaldo menggedor pertahanan Myanmar pada menit ke-47. Skuat The White Angels kemudian merespons dengan tendangan Myat Khaung yang membentur tiang pada menit ke-53.

Lima menit berselang, kerja sama Asnawi Mangkualam Bahar dan Egy di sisi kanan berhasil dituntaskan Evan Dimas dari jarak dekat. Evan mencetak gol pertama di SEA Games 2019, Indonesia memimpin 1-0.

Memasuki menit ke-67 pemain Myanmar melakukan pelanggaran kepada Saddil. Tendangan bebas diambil Bagas Adi Nugroho. Egy mampu memanfaatkan assist Bagas dengan menanduk bola dan membuat Indonesia memimpin 2-0.

Keunggulan dua gol tak dapat diamankan. Myanmar kemudian menyamakan kedudukan setelah memanfaatkan kecerobohan pemain-pemain Indonesia. Menit ke-79 kesalahan Zulfiandi kemudian membuat situasi berbahaya di lini pertahanan dan berbuntut pada gol Aung Kaung Mann.

Semenit berselang giliran Win Naing Tun memanfaatkan blunder Nadeo Arga Winata yang tak mampu menangkap bola dengan baik. 

Setelah skor imbang 2-2 pertandingan berjalan sengit. Kedua kesebelasan saling berbalas serangan dan menghasilkan peluang.

Tidak ada gol pembeda hingga waktu normal usai, babak tambahan pun dimainkan. 

Indonesia lagi-lagi langsung memperagakan permainan menyerang seketika babak tambahan dimulai. Berkali-kali menusuk pertahanan lawan, Indonesia tak bisa langsung menuai hasil.

Pada menit ke-101, umpan Asnawi Mangkualam Bahar dari sayap kanan berhasil dituntaskan Osvaldo. Tim Garuda memimpin 3-2. 

Myanmar pun berambisi menyamakan kedudukan untuk kali kedua dengan berani menyerang. Sabar dan solid di lini pertahanan, Indonesia kemudian memetik hasil pada menit ke-113.

Saddil yang berada di sisi kiri berhasil berakselerasi dan melepas umpan kepada Sani Rizki Fauzi yang masuk dari sisi kanan. Sani kemudian melepas umpan tarik datar yang dapat diselesaikan dengan baik oleh Evan. Indonesia kembali membuat keunggulan dua gol atas Myanmar.

Tiga menit sebelum laga bubar, Aung Naing Win mendapat kartu merah setelah menendang Osvaldo Haay. Myanmar bermain dengan 10 orang pemain.

Skor 4-2 untuk Indonesia bertahan hingga laga bubar. Indonesia pun melangkah ke final dan akan menghadapi pemenang dalam laga antara Vietnam dan Kamboja.

Susunan pemain:
Indonesia: Nadeo Arga Winata; Asnawi Mangkualam, Andy Setyo, Bagas Adi, Firza Andika; Zulfiandi, Evan Dimas, Saddil Ramdani; Osvaldo Haay, Egy Maulana Vikri, Muhammad Rafli.

Myanmar: Sann Sat Naing; Win Moe Kyaw, Ye Min Thu, Ye Yint Aung, Aung Wunna Soe; Hlaing Bo Bo, Aung Naing Win; Lwin Moe Aung, Myat Kaung Kaung Khant, Htet Pyoe Wai; Nay Moe Naing

Editor: Awang Darmawan

Iklan PDAM
...

Populer

OPINI: Tantangan Pendidikan di Tengah Pandemi Covid-19

Oleh Triliana s. Utina (Mahasiswa Universitas Gorontalo) Pandemi Covid-19 memaksa masyarakat dunia mendefinisikan makna hidup, penyebaran virus corona (Covid-19) yang semakin hari semakin meningkat menjadi...

6 Kerajaan Tertua di Indonesia

SULSELSATU.com - Negara Indonesia adalah negara yang mempunyai banyak kerajaan pada jaman dahulu. Kerajaan-kerajaan tersebut pernah jaya pada masanya dan kini kita hanya bisa...

7 Jurus Menghadapi Orang yang Benci Sama Kita

SULSELSATU.com, Setiap orang yang membenci kita memiliki alasannya masing-masing. Bisa jadi karena kita terlalu berlebihan, kita memiliki sikap dan sifat yang tidak disukai oleh...

Catat! Berikut Menu Diet Seminggu yang Ampuh

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Baik Diet OCD maupun Diet Mayo, Bagi Sahabat Sehat yang sedang berniat untuk diet, tak ada salahnya untuk mengadopsi gaya hidup...

Sejarah Singkat 10 November Diperingati Sebagai Hari Pahlawan

SULSELSATU.com - Hari ini, Bangsa Indonesia memperingati 10 November Hari Pahlawan. Namun mungkin banyak yang belum tahu kenapa pada tanggal 10 November di tetapkaN...

Inilah 6 Peran Ayah yang Ideal untuk Keluarga Ayah

 SULSELSATU.com - Ayah adalah bagian yang tak terpisahkan dalam keluarga. Keluarga bukan hanya urusan para Ibu, sementara urusan Ayah adalah mencari nafkah. Pembagian peran...

Dua Wartawan di Jeneponto Diusir Oknum Security Saat Meliput di DPRD

SULSELSATU.com, JENEPONTO - Rapat Anggaran perubahan R-APBD di ruang komisi III Kantor DPRD Jeneponto, Selasa, (29/9/2020), diwarnai insiden pengusiran terhadap dua jurnalis yang sedang...

Kunci Kemenangan Dua Periode Yeni Rahman, Kini Jadi Pasukan Pemenangan Irman-Zunnun

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Calon Wali Kota Makassar, Irman "None" Yasin Limpo, bersilaturahmi dengan Pemuda Pelopor Rajawali, di Jalan Rajawali Makassar, Rabu, 30 September 2020....

200 Kg Sabu Impor Asal Myanmar Gagal Edar di Indonesia

JAKARTA - Narkoba jenis sabu seberat 200 kg asal Myanmar gagal...

Artikel Lainnya

Kantor Desa Balang Loe Tarowang Jeneponto Disegel Warga

SULSELSATU.com, JENEPONTO - Ratusan warga melakukan penyegelan kantor Desa Desa Balang...

Pemkot Palopo Belajar Pengelolaan Sampah ke Bandung

SULSELSATU.com, BANDUNG - Pemkot Palopo melakukan studi banding ke Kota Bandung,...

Jadi Saksi Hidup Dahsyatnya Gempa Sulteng, Lima Wartawan Palu Diganjar Penghargaan

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Lima jurnalis heroik dari Palu akan diberi penghargaan...

Gelar Syukuran, RMS Undang Dai Kondang Ustaz Ahmad Al-Habsyi

SULSELSATU.com, SIDRAP - Dai kondang Ustaz Ahmad Al Habsyi mengisi tabligh...

Majelis Anak Saleh Ikut Meriahkan HUT Parepare

SULSELSATU.com, PAREPARE - Majelis Anak Sholeh (MAS) Kota Parepare turut ambil...

Terkini

VIDEO: Massa Bakar Kantor Bupati Keerom, Tak Terima Hasil CPNS

  SULSELSATU.com - Sejumlah massa melakukan aksi pengerusakan di Kantor Bupati, Disnaker,...

Susuri Lorong-Lorong, Fatma Kampanye Protokol Kesehatan

  SULSELSATU.com. MAKASSAR - Calon Wakil Wali Kota Makassar, Fatmawati Rusdi mengampanyekan...

Jalur Kereta Api Makassar-Parepare Bakal Rampung, Berikut 7 Jalur Stasiunnya

  SULSELSATU.com, PANGKEP - Setelah menyelesaikan pembangunan rel kereta api di Kabupaten...

Dewan Kritik Rangkap Jabatan di Lingkup Pemkot Makassar

  SULSELSATU.com, MAKASSAR - Anggota Komisi A DPRD Kota Makassar, Hamzah Hamid...

VIDEO: Viral, Seorang Anak Nelayan di Maros Rela Naik Perahu Untuk Daftar TNI

SULSELSATU.com - Perjuangan seorang anak nelayan di Maros untuk menjadi TNI...