iklan Kareba Parlementa

Dewan Sinjai Gelar RDP Soal Penataan Lapak dan Parkiran Pasar Biringere

Iklan Humas SulSel

SULSELSATU.com, SINJAI – Komisi II DPRD Kabupaten Sinjai menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) terkait Penataan lapak dan parkiran yang ada di Pasar Baringeng, Kecamatan Sinjai Timur, di Ruang Rapat DPRD, Rabu (18/12/2019).

Rapat ini dipimpin oleh Ketua Komisi II, Sabir, didampingi Anggota Komisi II DPRD A. Zaenal Iskandar dan Nur Alam serta turut dihadiri Anggota Komisi II lainnya Akmal Muin, Darwis, Zahra Usman, Darna, Nurbaeti, Hasna, Kadis Perhubungan A. Irwansyahrani Yusuf, Kepala Bapenda Asdar Amal Darmawan, Sekretaris Disperindag dan ESDM Sinjai Abd Rahman serta perwakilan dari Satpol PP.

Sabir menyampaikan bahwa rapat ini digelar untuk menindaklanjuti aspirasi masyarakat terkait penataan pasar yang ada di Baringeng Kecamatan Sinjai Timur.

Menurut aspirasi yang masuk, pasar tersebut memiliki banyak masalah salah satunya, banyak pedagang yang menjual di area tempat parkir. Sedangkan area parkir, disediakan untuk memarkir kendaraan roda dua dan empat.

Hal ini jugalah yang membuat pedagang yang berada didalam pasar merasa resah karena para pembeli sudah tidak masuk di dalam pasar, akibatnya diduga memicu dagangan tidak laku.

“Persoalan ini tidak lepas dari tanggung jawab kita semua karena jika tidak ditindaklanjuti secepat mungkin maka masyarakat yang ada di sana akan menjadi ribut apalagi pedagang yang menjual di area parkir merupakan pedagang dari luar,” ujarnya.

Menanggapi hal itu, Sekretaris Disperindag dan ESDM Sinjai, Abd Rahman menyampaikan bahwa berdasarkan regulasi Menteri Perdagangan tugas dan tanggung jawab sebenarnya ada tiga poin yaitu kemanan, kebersihan dan retribusi.

Akan tetapi khusus di Kabupaten Sinjai persoalan ini menurutnya belum bisa dituntaskan dengan baik karena untuk operasionalnya sendiri perlu pembiayaan yang lebih mapan.

Sedangkan, berdasarkan hasil survey Disperindag dan ESDM telah memikirkan untuk memperbaiki pasar tetapi harus dengan lokasi baru, karena lokasi di sana yang tidak memungkinkan karena tidak memenuhi syarat untuk dikembangkan.

“Insya Allah di tahun 2020 nanti kita akan membentuk satgas untuk bertugas di setiap kecamatan dan tim satgas ini untuk memantau bagaimana keadaan yang ada di pasar-pasar,” ujarnya.

Sementara itu, Anggota Komisi II A. Zainal Iskandar memberikan solusi polemik ini yakni pihak Disperindag dan Dispenda harus mendata kembali nama-nama pedagang yang menempati kios di dalam pasar. Kalau memang setelah di data dan ternyata nama yang ada dalam daftar tidak pernah menempati kios lebih baik ganti saja.

“Sedangkan terkait persoalan area parkir yang ditempati menjual harusnya dari pihak perhubungan harus bersikap tegas untuk memberikan imbauan ataupun penertiban agar area parkir tidak dijadikan tempat berdagang,” kata dia.

Di akhir rapat, Ketua Komisi II Sabir mengambil kesimpulan bahwa perlunya instansi terkait memberikan ketegasan sesuai fungsi masing-masing dan menyerahkan kepada pemerintah untuk menertibkan sesuai dengan tupoksi masing-masing.

Penulis: And Irfan Arjuna
Editor: Kink Kusuma Rein

Iklan PDAM
...

Populer

Selain Bupati, 5 Kadis di Jeneponto Positif Covid-19

SULSELSATU.com, JENEPONTO - Selain Bupati Jeneponto Iksan Iskandar dan Istrinya Hamsiah Iksan dinyatakan Positif Covid-19, sebanyak 5 Kepala Dinas di Jeneponto juga dinyatakan positif...

OPINI: Tantangan Pendidikan di Tengah Pandemi Covid-19

Oleh Triliana s. Utina (Mahasiswa Universitas Gorontalo) Pandemi Covid-19 memaksa masyarakat dunia mendefinisikan makna hidup, penyebaran virus corona (Covid-19) yang semakin hari semakin meningkat menjadi...

6 Kerajaan Tertua di Indonesia

SULSELSATU.com - Negara Indonesia adalah negara yang mempunyai banyak kerajaan pada jaman dahulu. Kerajaan-kerajaan tersebut pernah jaya pada masanya dan kini kita hanya bisa...

Wagub Paparkan Penanganan Covid-19 Bersama Delapan Provinsi

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Presiden menginstruksikan untuk memprioritaskan penanganan wabah Covid-19 di delapan provinsi. Dengan harapan, provinsi yang menjadi prioritas dan daerah dengan zona risiko...

7 Jurus Menghadapi Orang yang Benci Sama Kita

SULSELSATU.com, Setiap orang yang membenci kita memiliki alasannya masing-masing. Bisa jadi karena kita terlalu berlebihan, kita memiliki sikap dan sifat yang tidak disukai oleh...

VIDEO: Ospek Online Unesa, Videonya Viral

  SULSELSATU.com - Ospek mahasiswa baru di Universitas Negeri Surabaya (Unesa) secara online viral di media sosial. Video tentang Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) di...

Catat! Berikut Menu Diet Seminggu yang Ampuh

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Baik Diet OCD maupun Diet Mayo, Bagi Sahabat Sehat yang sedang berniat untuk diet, tak ada salahnya untuk mengadopsi gaya hidup...

Demo Germak di Barru Ricuh, 1 Mobil Pecah dan Seorang Polisi Terluka

SULSELSATU.com, BARRU - Demontrasi yang dilakukan Gerakan Mahasiswa Anti Korupsi (Germak) Berlangsung Ricuh. Dari pantauan Sulselsatu.com, Kehadiran para demonstrasi ini sebelumnya berangkat dari Makassar, beberapa...

Sekretaris DPRD Sinjai Kunjungi Posko Covid-19 di Perbatasan Daerah

SULSELSATU.com, SINJAI - Sekretariat DPRD Sinjai Kembali mendatangi Posko Covid-19 yang...

Artikel Lainnya

Live Streaming Liga Italia: Napoli vs Chievo

SULSELSATU.com - Napoli akan menjamu Chievo Verona pada pertandingan Liga Italia...

FOTO: Beredar Isu Akan Didemo, Anggota Polri Berjaga di Telkom Makassar

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Ratusan personel kepolisian melakukan penjagaan di kantor Telkom...

Wagub Sulsel Dorong Percepatan Pembangunan Pengaman Abrasi Pantai di Takalar 

SULSELSATU.com, TAKALAR - Wakil Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman melanjutkan kunjungan...

OPD Keluhkan Sistem TPP, BKPSDM Akan Sosialisasi Ulang

SULSELSATU.com, MAKASSAR - menyikapi keluhan terkait minimnya sosialisasi ihwal Tambahan Penghasilan...

GALERI FOTO: Tahun Ini Total Produksi Bawang Merah Diprediksi Naik

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Buruh melakukan bongkar muat bawang merah di Pelabuhan...

Terkini

VIDEO: Kadis Dukcapil Jeneponto Positif Covid-19, Pelayanan Distop Sementara

SULSELSATU.com, JENEPONTO – Pelayanan di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil)...

Pilkada 2020, DKPP Catat 98 Pelanggaran Kode Etik Penyelenggara

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) mencatat sebanyak 98...

Luhut Apresiasi Langkah Gubernur Sulsel Karantina OTG Corona di Hotel Berbintang

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar...

Dit Polairud Polda Sulsel dan Sat Polair Polres Jajaran Siapkan Internet Gratis untuk Belajar Daring

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Di tengah wabah Covid-19 yang sedang melanda, membuat...

Gunakan Mobil Water Canon, Brimob-Pemkot Parepare Semprot Disinfektan di Area Publik

SULSELSATU.com, PAREPARE - Gabungan TNI-Polri bersama Pemkot Parepare kembali melakukan penyemprotan...