Logo Sulselsatu

Ini Kendala Basarnas Saat Evakuasi Warga Barru yang Terisolir Banjir

Asrul
Asrul

Senin, 13 Januari 2020 12:36

Baniir Barru. (ist)
Baniir Barru. (ist)

SULSELSATU.com, BARRU – Tim Basarnas berhasil mengevakuasi 18 warga di Manuba, Barru, yang terisolir banjir pada Minggu (12/1/2020) kemarin.

Komandan Tim Basarnas Makassar, Dadang Tarkas mengatakan, dalam evakuasi tersebut, 18 warga berhasil dievakuasi sampai pukul 18.00 Wita.

Evakuasi dilakukan dengan dua cara, yakni pembuatan jembatan darurat bersama warga dan tali selancar.

Baca Juga : VIDEO : Basarnas dan Warga Lakukan Pencarian Korban Longsor di Jeneponto

“Alhamdulillah kita berhasil mengevakuasi warga secara keseluruhan, ada dua lansia dan dua balita dari 18 warga yang kami selamatkan,” kata Tatang kepada Sulselsatu.com, Senin (13/1/2020).

Sponsored by MGID

Tatang menyebut, kesulitan yang dihadapi saat melakukan evakuasi adalah derasnya air. Tim baru bisa mengevakuasi warga menggunakan jembatan darurat.

“Jadi kemarin itu ada delapan anggota gabungan kami yang berada di rumah korban dan lainnya menunggu di seberang sungai, karena posisi rumah warga ini diapit oleh dua aliran sungai. Jadi dua balita yang kami selamatkan umurnya sekitar 1 dan 1,5 tahun dan dua lansia juga sekitar 78 dan 80 tahun,” lanjutnya.

Baca Juga : Pemkab Barru Mulai Perbaiki Jalan dan Jembatan di Pude’e yang Rusak Akibat Banjir

Diketahui, selain tim Basarnas, juga ada tim dari SAR UNM, Antariksa, SAR Brimob Parepare, Polair Barru, PMI Barru, BPBD Barru, Karang Taruna Makssar dan beberapa tim lainnya yang membatu dalam evakuasi tersebut.

Penulis: Asriadi Rijal
Editor: Hendra Wijaya

 

Sponsored by ADVERTNATIVE

 Komentar

 Terbaru

Aneka20 Oktober 2021 14:46
Pentingnya Penguasaan Teknologi Bagi Pemuda Dimasa Pandemi
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Tantangan bagi anak-anak muda di Indonesia makin kompleks diera pandemi Covid-19 sekarang ini. Selain diharap kontrib...
Berita Utama20 Oktober 2021 14:26
Hadiri Pelantikan Pengurus GP Ansor Jeneponto, Ini Harapan Sekda
SULSELSATU.com, Jeneponto – Sekretaris Daerah Jeneponto, Syafruddin Nurdin hadir langsung dalam Pelantikan Pimpinan cabang Gerakan Pemuda Ansor ...
Ekonomi20 Oktober 2021 13:50
PLN Kembali Tambah Pasokan Listrik ke PT HNI di Bantaeng 90 MVA
SULSELSATU.com, MAKASSAR – PT PLN (Persero) kembali menyalurkan tambahan daya listrik sebesar 90 Mega Volt Ampere (MVA) ke PT Huadi Nickel-Alloy Ind...
Sponsored by MGID
Makassar20 Oktober 2021 13:36
4 Tahun Komunitas Perempuan, Ini Harapan Ketua TP PKK Makassar
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Ketua TP PKK Kota Makassar, Indira Yusuf Ismail secara resmi membuka kegiatan seminar yang digelar oleh Komunitas Per...