Logo Sulselsatu

BPS Harap Dukungan Gubernur Sukseskan Sensus Penduduk Sulsel

Asrul
Asrul

Kamis, 06 Februari 2020 10:19

BPS Harap Dukungan Gubernur Sukseskan Sensus Penduduk Sulsel

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Badan Pusat Statistik (BPS) berharap dukungan Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Nurdin Abdullah beserta seluruh jajarannya untuk mensukseskan sensus penduduk khusunya 8,8 juta masyarakat Sulsel.

Inspektur Utama BPS RI, Ahmad Jaelani mengaku, keberhasilan sensus penduduk khusunya di Sulsel ini tidak bisa terlepas dari dukungan pemerintah setempat dalam hal ini pemerintah provinsi.

Baca Juga : Tiga Partai Kerucutkan Calon Wagub Pendamping Sudirman

“Pada kesempatan yang sangat baik ini, kami mohon dukungan dari bapak Gubernur dan seluruh jajarannya dan bapak ibu semua bagaimana melakukan sensus penduduk bisa berjalan dengan baik di Sulawesi Selatan ini,” kata Ahmad Jaelani pada acara sensus penduduk tahun 2020, di Hotel Claro Makassar, Kamis, (06/02/2020).

Sponsored by MGID

Ahmad Jaelani menjelaskan, sensus penduduk yang dilakukan setiap 10 tahun sekali dilakukan dua tahap. Tahap pertama dilakukan pada 2020 dengan dua metode. Metode pertama dilakukan secara online mulai pada bulan Febuari sampai Maret, sedangkan untuk pendataan secara manual sendiri akan dilakukan pada bulan Juli sampai selesai.

Pendataan tahap dua sendiri dijadwalkan pada tahun 2021. Untuk jumlah pertanyaan sendiri cukup variatif tahap pertama di ajukan 22 pertanyaan sedangkan untuk tahap kedua 82 pertanyaan.

Baca Juga : Siang Ini Nurdin Abdullah Jalani Sidang Vonis Kasus Suap di Pengadilan Tipikor Makassar

“Sensus penduduk dua tahap pertama di tahun 2020 dengan 22 pertanyaan dan pada tahap kedua 82 pertanyaan pencacahan sampel 82. Tentu data awalnya kita berdasarkan Dukcapil kemudian dilakukan wawancara langsung,” jelasnya.

Lebih lanjut, Ahmad Jaelani menyampaikan, untuk masyarakat Sulsel yang ingin melakukan sensus penduduk secara online di website sensus.bps.go.id dimulai dari bulan Februari sampai bulan Maret mendatang.

2020 dilakukan secara berbeda 20 februari sampai Maret 30 melalui sarana online melalui website sensus.bps.go.id. “Mari kita bergandengan tangan untuk mencatat Indonesia. Ada 8,8 juta jiwa dan kami akan melakukan wawancara langsung tahap pertama 10000 jiwa masyarakat Sulsel,” ungkapnya.

Baca Juga : Pengamat Sebut Tuntutan Pidana dan Denda Nurdin Abdullah Tidak Logis: Harusnya 12 Tahun Penjara

Sementara, Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah tegas, meminta pihak BPS Sulsel melakukan pendataan by sistem dan by riset. Karena data dari BPS menjadi acuan seluruh pemerintah, terutama Pemprov Sulsel sendiri.

“Saya kira bapak ibu sekalian itu yg bisa saya sampaikan. Saya kira kita harus betul-betul membangun sebuah sistem yang mempermudahkan bagi kita semua,” katanya

Di tempat yang sama, Wakil Ketua Komisi XI DPR RI, Amir Uskara menegaskan, agar memanfaatkan anggaran yang cukup besar Rp 4 triliun ini untuk betul-betul melakukan pendataan dan menurunkan tim berkualitas agar bisa mendapatkan data yang valid.

Baca Juga : Pengamat Sebut Tuntutan Pidana dan Denda Nurdin Abdullah Tidak Logis: Harusnya 12 Tahun Penjara

“Saya berharap menurunkan tim yang berkompeten. Dan saya berharap tidak melakukan pendataan asal-asalan, kita butuh data maksimal,” pungkasnya.

Penulis: Jahir Majid
Editor: Awang Darmawan

Sponsored by ADVERTNATIVE

 Komentar

 Terbaru

Makassar17 Januari 2022 07:44
Andi Sudirman-Airlangga Saling Puji di HUT MKGR
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pelaksana Tugas Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman menghadiri perayaan 62 tahun Ormas Musyawarah Kekelu...
Politik16 Januari 2022 23:39
Airlangga Optimis Golkar Sulsel Keluar Sebagai Pemenang di 2024
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Ketua Umum DPP Partai Golkar, Airlangga Hartarto optimis partai berlambang pohon beringin ini akan keluar sebagai par...
Otomotif16 Januari 2022 19:10
Selama 3 Tahun Terakhir, Nmax Motor Yamaha Paling Laris
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Nmax menjadi motor Yamaha yang paling banyak dibeli masyarakat di Sulawesi. PT Suracojaya Abadimotor (PT SJAM) menjad...
Sponsored by MGID
Pendidikan16 Januari 2022 18:10
Ikatli Unhas Harapkan Alumni Ada di Setiap Lini Pembangunan
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Sebagai upaya mempererat tali silaturahmi dan persaudaraan antar alumni, Ikatan Alumni Teknik Lingkungan (Ikatli) Uni...