Logo Sulselsatu

Ketua TP-PKK Parepare Didik Baca Al’Quran Anak Pemulung di Makassar

Asrul
Asrul

Minggu, 09 Februari 2020 14:00

Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kota Parepare, Erna Rasyid Taufan mengunjungi kawasan kumuh Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Hertasning, Jalan Bukit Raya, Kelurahan Kassi-kassi, Kecamatan Rappocini, Kota Makassar, Ahad (9/2/2020). (Sulselsatu/Andi Fardi)
Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kota Parepare, Erna Rasyid Taufan mengunjungi kawasan kumuh Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Hertasning, Jalan Bukit Raya, Kelurahan Kassi-kassi, Kecamatan Rappocini, Kota Makassar, Ahad (9/2/2020). (Sulselsatu/Andi Fardi)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kota Parepare, Erna Rasyid Taufan mengunjungi kawasan kumuh Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Hertasning, Jalan Bukit Raya, Kelurahan Kassi-kassi, Kecamatan Rappocini, Kota Makassar, Ahad (9/2/2020).

Ada kebahagiaan tersendiri bagi istri Wali Kota Parepare ini sangat mengunjungi kawasan pemulung tempat pendidikan Alquran binaannya itu.

“Setiap mengunjungi kawasan ini saya merasa tercharge. Charge ini bisa bertahan lama sampai satu bulan. Kenapa? Karena melihat orang lemah saya jadi kuat. Ternyata ada orang yang lebih menderita daripada kita. Tapi mereka tetap bahagia tinggal di lingkungan seperti itu. Kadang memang kebahagiaan itu tidak bisa diukur dengan harta dan uang,” kata Erna R Taufan yang populer dengan tagline Erat ini.

Baca Juga : Erna Taufan Ajak Masyarakat Parepare Bantu Pengungsi

Erna sudah 15 tahun membina lingkungan pemulung di sudut Kota Makassar ini. Berawal saat dia mendirikan Komunitas Muslimah One One pada 2005 silam, yang dia ketuai hingga saat ini.

Anak-anak pendidikan usia dini (PAUD) dan orang tuanya kompak menyambut Erna di salah satu rumah panggung yang sangat sederhana.

Anak-anak ini nampak sangat terlatih dan paham dengan isyarat bernuansa pendidikan karakter dari Erna. Seperti saat Erna menyebut Tepuk Anak Saleh, kompak mereka sangat fasih melafalkan dan melakukan gerakan dimaksud.

Baca Juga : Erna Taufan Ikuti Munas Dekranas Virtual

“Setiap saya berada di Makassar, dan ada waktu luang saya sempatkan untuk berkunjung ke sini. Kadang tidak bawa apa-apa, tapi ada kepuasaan, ada kebahagiaan bisa bercanda dengan mereka,” kata Ketua Dewan Pembina Majelis Anak Saleh (MAS) dan Forum Kajian Cinta Alquran (FKCA) Parepare ini.

Ketua BKMT Parepare ini memang nampak begitu semangat berada di tengah kawasan kumuh ini, tidak nampak keletihan. Padahal malamnya baru saja melaksanakan resepsi pernikahan putri keduanya, Amartiwi Taufan di Makassar.

“Berada di lingkungan seperti ini dan bisa berbagi kepada mereka menunjukkan kepedulian kita. Peduli pada pendidikan karakter anak bangsa. Peduli kepada Indonesia Maju seperti cita-cita Presiden kita,” ujar Ketua Lazismu Parepare yang juga pembina Komunitas Desainer Etnik Indonesia (KDEI) ini.

Baca Juga : Malam Nuzulul Quran di Tengah Pandemi, Lazismu-BKMT Gelar Kajian Online

Ketua Guru Mengaji di TPA itu, Rosmiati mengatakan, berkat Erna R Taufan, anak-anak hingga orang tua di wilayah itu, termotivasi untuk memperlancar mengaji dan baca tulis Alquran.

“Kami sangat berterima kasih Ibu Erna memfasilitasi kami mewakafkan diri jadi guru ngaji anak pemulung. Dan beliau yang bayarkan gaji guru mengaji kami setiap bulan, termasuk penyediaan Alquran. Ibu Erna sangat mulia, kami bangga ada orang kaya sebaik dia. Apalagi tidak putus pemberiannya. Beliau sering datang kasi sembako bagi pemulung di sini, bagikan sedekah. Ibu Erna pahlawan bagi kami, pahlawan tanpa tanda jasa. Semoga selalu sehat dan dimudahkan urusannya,” kata Rosmiati.

Penulis: Andi Fardi
Editor: Kink Kusuma Rein

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video28 Maret 2024 23:58
VIDEO: Banjir di Sejumlah Titik di Kota Palopo
SULSELSATU.com – Situasi banjir di beberapa titik di Kota Palopo, Sulawesi Selatan, Kamis (28/3/2024). Dalam video tampak sejumlah ruas jalan te...
OPD28 Maret 2024 23:38
Berkah Ramadan, Tenaga Kontrak Dinkes Makassar Bagi-bagi Takjil Buka Puasa untuk Pengendara
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Tenaga Kontrak Dinas Kesehatan Kota Makassar (Laskar Pelangi) membagikan takjil berbuka puasa kepada pengguna jalan y...
Bisnis28 Maret 2024 23:05
Showroom Kalla Kars Tetap Buka di Hari Libur Nasional
Showroom dan bengkel resmi Kalla Kars tetap buka di hari libur nasional yang jatuh pada 29 Maret 2024 besok....
Teknologi28 Maret 2024 23:03
XL Axiata Tingkatkan Kualitas Layanan di Sulawesi dengan Jaringan Backbone Gorontalo – Palu
PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) meresmikan jaringan backbone fiber optic jalur Gorontalo – Palu untuk melayani lonjakan trafik layanan seluler di selur...