iklan Kareba Parlementa

Hasil Survey JSI: Tingkat Kepuasan Masyarakat Gowa Capai 90,7 Persen

Iklan Humas SulSel

SULSELSATU.com, GOWA – Lembaga survei Jaringan Suara Indonesia (JSI) merilis hasil survei tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa yakni mencapai 90,7 persen.

Survei tersebut di bawah kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan dan Abd Rauf Malaganni meningkat jika dibandingkan dengan hasil survei di tahun 2019 lalu, sekitar 83,3 persen.

Direktur Eksekutif JSI, Fajar Tamin mengatakan, tidak banyak daerah yang mampu meraih tingkat kepuasan diatas 90 persen, namun dari hasil survei ini membuktikan Kabupaten Gowa mampu mencapai hal itu.

“90,7 persen tingkat kepuasan masyarakat itu merupakan hasil survei yang kami lakukan pada awal Februari kemarin, dengan hasil ini tidak banyak daerah yang bisa meraih tingkat kepuasan diatas 90 persen, artinya capaian ini sangat membanggakan bagi Pemkab Gowa, ” ungkapnya disela-sela peringatan empat tahun kepemimpinan Bupati dan Wabup Gowa di Masjid Agung Syekh Yusuf, Senin (17/2/2020) malam.

Hasil survei itu, kata Fajar dilakukan secara tatap muka sebagai bentuk perhatian terhadap perkembangan kepuasan masyarakat di Gowa terhadap kerja-kerja pemerintah. Sedangkan untuk ketidakpuasan masyarakat dari hasil survei tersebut juga menurun 7,2 persen jika dibandikan tahun lalu yang mencapai sekitar 13,1 persen.

Sementara untuk kepuasan terhadap kinerja Pemkab Gowa, secara umum masyarakat sangat puas dengan penanganan masalah keamanan, pendidikan dan pelayanan publik yang berada diangkat diatas 90 persen.

“Penanganan keamananan mencapai 92,7 persen, pendidikan 91,6 persen, dan pelayanan publik 90,2 persen. Hal ini menunjukkan kinerja Pemkab Gowa sangat dirasakan oleh masyarakat Kabupaten Gowa,” tambah Fajar.

Kendati demikian, ke depan beberapa poin penting yang harus menjadi perhatian pemerintah daerah yaitu persoalan kondisi jalan, kelangkaan pupuk pertanian dan banjir. Namun hal ini kata Fajar juga mengalami penurunan sehingga persoalan-persoalan di kabupaten Gowa bisa teratasi.

“Khusus untuk program kerja yang dijalankan Pemkab Gowa mulai dari pendidikan dan kesehatan gratis, program investasi seperempat abad, peningkatan kapasitas birokrasi pada umumnya angka kepuasan masyarakat diatas 90 persen. Nilai ini yang pertama kali terjadi di Kabupaten Gowa dibandingkan daerah lainnya,” terangnya.

Olehnya melalui survei tersebut, Fajar menyebutkan ditahun ini terjadi peningkatan yang sangat positif dalam artinya aspirasi publik mampu diimplementasikan oleh Pemkab Gowa dan keyakinan publik terhadap bupati dan wabup sangat tinggi berdasarkan hasil survei ini.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan mengatakan, hasil survei yang dilakukan JSI akan menjadi tolak ukur pemerintah. Data tersebut tentunya akan dijadikan referensi untuk peningkatan kinerja kedepan.

Menurut orang nomor satu di Gowa ini, 4 tahun kepemimpinannya bersama Karaeng Kio pihaknya memiliki komitmen yang tinggi untuk mensejahterakan masyarakat Gowa. Terbukti berkat dukungan dan kerjasama telah menghasilkan 102 penghargaan tingkat provinsi hingga nasional.

“Prestasi ini tentunya berkat dukungan, kerjasama, dari masyarakat semuanya mulai dari survei JSI yang meningkat hingga penghargaan yang diterima Pemkab Gowa semuanya tidak lepas dari bantuan kita semua,” pungkasnya.

Editor: Awang Darmawan

Iklan PDAM
...

Populer

6 Kerajaan Tertua di Indonesia

SULSELSATU.com - Negara Indonesia adalah negara yang mempunyai banyak kerajaan pada jaman dahulu. Kerajaan-kerajaan tersebut pernah jaya pada masanya dan kini kita hanya bisa...

OPINI: Tantangan Pendidikan di Tengah Pandemi Covid-19

Oleh Triliana s. Utina (Mahasiswa Universitas Gorontalo) Pandemi Covid-19 memaksa masyarakat dunia mendefinisikan makna hidup, penyebaran virus corona (Covid-19) yang semakin hari semakin meningkat menjadi...

VIDEO: Viral, Sebuah Kuburan Keluarkan Darah Segar dan Bau Amis

  SULSELSATU.com - Sebuah makam yang dipenuhi oleh cairan berwarna merah yang diduga darah viral di media sosial, Minggu (20/9). Dalam video terlihat makam itu amblas...

7 Jurus Menghadapi Orang yang Benci Sama Kita

SULSELSATU.com, Setiap orang yang membenci kita memiliki alasannya masing-masing. Bisa jadi karena kita terlalu berlebihan, kita memiliki sikap dan sifat yang tidak disukai oleh...

Enam Staf Positif Covid-19, Pelayanan di DPMPTSP Jeneponto Tutup Sementara

SULSELSATU.com, JENEPONTO - Kantor Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Jeneponto yang berada di Jl Ishak Iskandar ditutup sementara. Penutupan pelayanan di...

Catat! Berikut Menu Diet Seminggu yang Ampuh

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Baik Diet OCD maupun Diet Mayo, Bagi Sahabat Sehat yang sedang berniat untuk diet, tak ada salahnya untuk mengadopsi gaya hidup...

Sejarah Singkat 10 November Diperingati Sebagai Hari Pahlawan

SULSELSATU.com - Hari ini, Bangsa Indonesia memperingati 10 November Hari Pahlawan. Namun mungkin banyak yang belum tahu kenapa pada tanggal 10 November di tetapkaN...

INFOGRAFIK: 4 Kerajaan Tertua di Indonesia

1. Kerajaan Kandis (sebelum Masehi) Kerajaan ini diyakini berdiri sebelum Masehi, mendahului berdirinya kerajaan Moloyou atau Dharmasraya. 2. Kerajaan Salakanagara (130-362 M) Kerajaan ini adalah kerajaan yang...

Adnan Temui AIA dan Darmawangsyah di Makassar, Ini yang Dibahas

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Bakal calon Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan bertemu...

Artikel Lainnya

Gedung SMK-SMTI Makassar Terbakar, Belasan Siswa Dilarikan ke RS

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Gedung labolatorium milik SMK-SMTI Makassar terbakar, Rabu, 21...

PDAM Parepare Galakkan Gerakan Cinta Air Bersih, Ini Tujuannya

SULSELSATU.com, PAREPARE - Manajemen Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Parepare...

Jadi Wapres, Ini Tugas Ma’ruf Amin dari Jokowi

SULSELSATU.com, JAKARTA - Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengaku mendapatkan tugas khusus...

Griezmann: Barcelona Tak Butuh Neymar

SULSELSATU.com - Striker anyar Barcelona, Antoine Griezmann menilai timnya tidak membutuhkan...

Jemaah Korban Abu Tours Berangkat Umrah Pakai Biaya Sendiri

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Sejumlah eks agen Abu Tours diam-diam memilih memberangkatkan...

Terkini

Pemuda  Bersimbah Darah Ditemukan Tewas di Pinggir Jalan

SULSELSATU.com, JENEPONTO - Rendy Sacada (23) pemuda asal Jl, raya Lanto...

VIDEO: Viral, Tukang Bubur di Surabaya Jago Bahasa Jepang

SULSELSATU.com - Seorang penjual bubur kacang hijau di Surabaya, lancar berbahasa...

Pandemi Covid-19, HUT Polantas ke-65 di Jeneponto Digelar Sederhana

SULSELSATU.com, JENEPONTO - Meski masih di tengah Pandemi Covid19, Polres Jeneponto...

Sanksi Sosial Tidak Beri Efek jera, Pemerintah Diminta Pertegas Sanksi Administrasi

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Kepala Satpol PP Kota Makassar, Iman Hud menyebut...

PD Parkir Gagas Parkir Berlangganan

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Direktur Utama PD Parkir Makassar Raya, Irham Syah...