Buat Bangga, Claus Putra Asli Papua Pertama Jadi Petinggi di Freeport

Freeport. (INT)

SULSELSATU.com – Claus Wamafma resmi jadi putra Papua pertama menduduki jabatan direksi PT Freeport Indonesia (PTFI).

Claus menjabat direktur di Freeport atas persetujuan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) yang digelar pada 7 Februari 2020 di Kementerian BUMN.

RUPS ini digelar dalam rangka, perombakan jajaran Komisaris dan Direksi PT Freeport Indonesia. Perombakan dilakukan Kementerian BUMN seperti yang diketahui karena PTFI merupakan anggota holding BUMN pertambangan yang 51 persen sahamnya dikuasai pemerintah melalui PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) atau Inalum.

Dilansir dari vivanews.com, Staf Khusus Mentri BUMN, Arya Sinulingga, mengatakan Clausa menjadi orang Papua pertama yang menduduki posisi direktur di Freeport.

“Clausa itu dia putra Papua sudah berkarir di Freeport selama 20 tahun, dan menjadi direktur mewakili MID ID,” beber Arya, Rabu (19/2/2020)

Clausa sebelumnya diketahui pernah menjabat sebagai Senior Vice President yang membawahi CSR, partnership fund, dan community development,

Arya mengatakan, penunjukan Clausa ini merupakan sesuatu yang sangat membanggakan, ini bisa membuat masyarakat mengetahui bahwa pemerinta tidak pandang dalam memberikan kepercayaan kepada putra atau putri yang berprestasi

“Dia sebagai direktur orang Papua asli yang berkarir dari bawah, ini baru pertama kali ada direktur dari Papua, saya bangga,” ujarnya.

Editor: Asrul