Logo Sulselsatu

Di Hadapan ASN Bulukumba, Saiful Jihad Tekankan Netralitas di Pilkada

Asrul
Asrul

Jumat, 21 Februari 2020 08:32

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, BULUKUMBABawaslu Sulsel mengimbau aparatur sipil negara Pemkab Bulukumba tidak menyalahgunakan wewenang sesuai Undang Undang Nomor Tahub 2014 tentang ASN.

Anggota Bawaslu Sulsel Saiful Jihad mengatakan, UU Nomor 5 Tahun 2014 jelas menyebutkan bahwa netralitas ASN adalah sikap untuk tidak berpihak dari segala bentuk pengaruh manapun dan tidak memihak kepada kepentingan siapapun, sehingga mesti bebas dari pengaruh dan intervensi semua golongan dan kepentingan politik.

“Sikap netral seperti ini tidak hanya dikenal saat ada perhelatan pemilu dan pemilihan, tetapi sejak menjadi aparatur sipil negara,” kata Saiful Jihad dalam sosialisasi netralitas ASN, TNI dan Polri yang digelar Bawaslu Bulukumba di RM Bersama, Kamis (20/2/2020).

Baca Juga : Bawaslu Sulsel Sebut Ada Puluhan TPS Potensi Pemilihan Ulang

Maka sikap tersebut, lanjut Saiful, harus selalu menjadi rambu yang harus ditaati oleh setiap ASN, termasuk TNI dan Polri.

Pelanggaran atas aturan tersebut, kata Saiful, bisa dilaporkan oleh masyarakat langsung ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) yang bertugas menegakkan norma etik bagi ASN.

“Khusus dalam ajang pemilu dan pilkada, pelanggaran terhadap ketentuan dan norma tersebut dapat dilaporkan melalui Bawaslu dan jajarannya, dan jika dugaan itu ditemukan oleh Bawaslu, Bawaslu pun bisa memproses sebagai temuan Bawaslu, untuk diproses dan diteruskan ke KASN,” jelasnya.

Baca Juga : Bawaslu Sulsel Bekali Staf Humas Strategi Pemberitaan Positif

Koordinator Divisi Humas dan Hubungan Antarlembaga Bawaslu Sulsel ini menegaskan, sikap nertal bagi ASN adalah sesuatu yang mesti dilakukan sebagai konsekuensi dari pilihan untuk menjadi ASN.

“Mengapa? Karena ASN adalah aparat negara yang mesti memberikan pelayanan kepada publik secara adil, baik dan benar, tanpa dipengaruhi atau mempengaruhi kepentingan serta menggambarkan keberpihakan pada kelompok tertentu,” jelas Saiful.

Penulis: Asrul
Editor: Hendra Wijaya

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Bisnis28 Maret 2024 17:39
Pengiriman Barang Lebih Cepat dan Mudah Melalui Layanan Same Day Delivery Cahaya Bone
Cahaya Bone sebagai salah satu lini bisnis Kalla Transport & Logistcs (Translog) senantiasa memberikan layanan terbaik kepada masyarakat....
Ramadan28 Maret 2024 16:22
Pegadaian Hadirkan Panggung Emas di Puncak Festival Ramadhan
PT Pegadaian memperingati hari ulang tahun PT Pegadaian yang ke-123 dan memeriahkan bulan Ramadhan 1445 H menghadirkan kegiatan Festival Ramadhan....
Bisnis28 Maret 2024 16:01
Kalla Beton Kembangkan Produk Precast, Produksi Lebih Cepat dan Bentuk Cetakan Lebih Custom
Kalla Beton terus berinovasi untuk memenuhi kebutuhan konstruksi dari mitra atau pelanggan. Salah satu produk yang tengah dikembangkan saat ini adalah...
Aneka28 Maret 2024 13:55
Pertama di Indonesia, Pj Gubernur Sulsel Inisiasi Gerakan Sedekah Pohon
SULSELSATU.com, BONE – Penjabat Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, kembali mencetak sejarah dengan melakukan gerakan sedekah pohon untuk masya...