Logo Sulselsatu

Cegah Virus Corona, Bupati Gowa Harap Masyarakat Jaga Kesehatan

Asrul
Asrul

Selasa, 03 Maret 2020 20:59

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan. (Foto/Ist)
Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan. (Foto/Ist)

SULSELSATU.com, GOWA – Setelah mengeluarkan imbauan agar masyarakatnya tidak panik menghadapi penyebaran virus COVID 19 yang sudah masuk ke Indonesia. Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan kembali mengingatkan masyarakatnya untuk menjaga kesehatan.

” Saya mengimbau masyarakat untuk terus menjaga kesehatan. Ketika daya tahan tubuh bagus maka ada imun tubuh untuk menangkal masuknya virus kedalam tubuh kita,” ujar Adnan di ruang kerjanya, Selasa (3/3/2020).

Adnan juga mengingatkan beberapa langkah pencegahan yang bisa dilakukan perindividu.

Baca Juga : Ekonomi Kabupaten Gowa Tumbuh 5,82 Persen Selama 2023

“Perbanyak minum air putih untuk tubuh kita minimal dua liter dalam satu hari. Selain itu rajin-rajin untuk cuci tangan sehingga bakteri-bakteri yang melekat dalam tangan kita tidak sempat mengenai bagian dari tubuh kita. Juga menggunakan masker jika terkena batuk pilek agar tidak menyebar virus ke orang lain,” jelasnya.

Mengantisipasi kondisi ini Adnan sudah memerintahkan SKPD terkait untuk melakukan pembelian masker sebagai langkah pencegahan yang untuk menangkal virus Corona.

“Kita sekarang lagi mencari masker karena sekarang tiba-tiba laku dan habis. Yang kemudian akan kita tempatkan di tempat-tempat umum seperti rumah sakit, puskesmas-puskesmas dan kantor-kantor pemerintah mungkin akan kita bagikan secara gratis,” lanjutnya.

Baca Juga : Wabup Gowa Ingatkan Pembangunan 2025 Harus Tepat dan Strategis

Adnan juga menambahkan saat ini pemerintah mulai dari tingkat kabupaten, provinsi hingga pusat terus bersinergi dalam melakukan langkah pencegahan penularan virus yang berasal dari Wuhan, China.

“Tadi malam saya bersama bapak gubernur dan beliau telah menyiapkan RSUP Dr. Wahidin Sudirohudo sebagai tempat rujukan jika ada orang Sulawesi Selatan yang terkena virus corona ini. Tempatnya itu sudah diisolasi dan peralatannya juga telah siap,” tambahnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gowa, dr. Hasanuddin menjelaskan, pihaknya terus melakukan sosialisasi dan meminta masyarakat agar segera melapor jika mengalami gejala pneumonia seperti batuk, pilek ataupun demam.

Baca Juga : Tim Penilai PPD 2024 Sebut Program SDM Seperempat Abad Sangat Inovatif

“Kita sosialisasi ke puskesmas untuk cepat melaporkan jika menemukan pasien dengan gejala yang dicurigai terinfeksi virus Corona. Juga diimbau ke masyarakat untuk mendeteksi dini gejala yang dialamai dan segera melaporkan ke pusat pelayanan kesehatan,” jelas dr. Hasanuddin.

Untuk langkah penanganan, Dinas Kehatan Gowa juga telah berkoordinasi dengan pihak Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr. Wahidin Sudirohusodo Makassar.

“Kalau ada ditemukan, kita akan langsung rujuk ke RS Wahidin karena di sana ada ruang penanganan khusus. Tapi sejauh ini alhamdulillah belum ada laporan,” tandasnya.

Baca Juga : Masyarakat Biringbulu Kini Punya Pos Pelayanan Publik

Editor: Awang Darmawan

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video28 Maret 2024 23:58
VIDEO: Banjir di Sejumlah Titik di Kota Palopo
SULSELSATU.com – Situasi banjir di beberapa titik di Kota Palopo, Sulawesi Selatan, Kamis (28/3/2024). Dalam video tampak sejumlah ruas jalan te...
OPD28 Maret 2024 23:38
Berkah Ramadan, Tenaga Kontrak Dinkes Makassar Bagi-bagi Takjil Buka Puasa untuk Pengendara
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Tenaga Kontrak Dinas Kesehatan Kota Makassar (Laskar Pelangi) membagikan takjil berbuka puasa kepada pengguna jalan y...
Bisnis28 Maret 2024 23:05
Showroom Kalla Kars Tetap Buka di Hari Libur Nasional
Showroom dan bengkel resmi Kalla Kars tetap buka di hari libur nasional yang jatuh pada 29 Maret 2024 besok....
Teknologi28 Maret 2024 23:03
XL Axiata Tingkatkan Kualitas Layanan di Sulawesi dengan Jaringan Backbone Gorontalo – Palu
PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) meresmikan jaringan backbone fiber optic jalur Gorontalo – Palu untuk melayani lonjakan trafik layanan seluler di selur...